Perangkat pintar smartwatch (dok. Luke Chesser)

6 Cara Menghemat Baterai Smartwatch agar Tahan Lama 

10 January 2022   |   10:38 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perangkat teknologi penunjang aktivitas sehari-hari seperti jam tangan pintar (smartwatch) saat ini merupakan barang yang populer dan banyak digunakan hampir setiap orang, seiring dengan maraknya vendor produk elektronik yang merilis perangkat aksesori tersebut.

Selain sebagai penanda atau pengingat waktu, umumnya smartwatch memiliki sejumlah fitur yang tidak dimiliki oleh jam tangan konvensional. Misalnya fitur-fitur kesehatan seperti pengukur denyut jantung hingga saturasi oksigen. 

Perangkat tersebut juga bisa dikoneksikan dan diintegrasikan dengan gawai lain seperti smartphone untuk menerima pesan dan telepon atau notifikasi lainnya, hingga memutar konten hiburan semisal musik. 

Namun tentunya semua fitur tersebut akan mengonsumsi baterai yang berimbas pada masa pakai hariannya. Jika tidak diperhatikan dengan baik, smartwatch bisa jadi lebih cepat mati dan tidak efisien. 

Untuk dapat meningkatkan masa pakai atau daya tahan baterai perangkat smartwatch kalian, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.
 

1. Matikan notifikasi yang tidak diperlukan 

Setiap notifikasi yang muncul di layar smartwatch akan berpengaruh pada konsumsi daya lebih banyak. Oleh sebab itu, memilih notifikasi yang aktif pada perangkat bisa meningkatkan pemakaian perangkat yang lebih lama. Matikan notifikasi yang tidak diperlukan di menu pengaturan. 
 

2. Sesuaikan kecerahan layar 

Secara umum, makin cerah layar jam tangan pintar, makin banyak baterai yang dikonsumsi. Untuk itu, sesuaikan kecerahan dengan kondisi yang diperlukan. Biasanya smartwatch modern sudah memiliki pengaturan kecerahan otomatis yang akan menyesuaikan dengan kondisi sekitar. 
 

3. Pakai tampilan sederhana

Perlu diketahui bahwa beberapa tampilan jam tangan pintar, utamanya yang memiliki kemampuan animasi atau interaktif menggunakan lebih banyak baterai. Sementara, tampilan yang lebih sederhana dan minimalis memakan lebih sedikit konsumsi baterai sehingga bisa lebih awet. 
 

4. Hindari penggunaan fitur always-on 

Fitur always on display belakangan menjadi salah satu fitur utama yang diunggulkan para vendor untuk menarik minat konsumen, tapi perlu dicatat bahwa fitur ini juga dapat mengurangi masa pakai baterai perangkat. Oleh karenanya menonaktifkan fitur bisa memperpanjang pemakaian. 
 

5. Copot pemasangan aplikasi tambahan 

Beberapa smartwatch memunkginkan penggunanya untuk menginstal lebih banyak aplikasi melalui toko khusus. Seringkali aplikasi tambahan berjalan di latar belakang yang menguras konsumsi daya baterai. Oleh karenanya, penting untuk mengelola aplikasi tambahan sedemikian rupa. 
 

6. Lakukan pembaruan 

Melakukan pembaruan apabila tersedia perlu menjadi perhatian setiap pengguna perangkat elektronik, karena biasanya update berisi peningkatan-peningkatan fungsi agar perangkat berjalan lebih optimal dan efisien. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini 10 Tren Gamis yang Bakal hits, Cocok Untuk Ide Bisnis

BERIKUTNYA

Jae DAY6 Minta Maaf Atas Komentarnya terhadap Jamie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: