Arcane jadi pemenang Outstanding Animated Program di Creative Arts Emmy Awards 2022 (Sumber gambar: Riot League of Legends)

Arcane Jadi Serial Streaming Pertama yang Menang Animasi Terbaik Emmy Awards

05 September 2022   |   17:00 WIB

Acara Creative Arts Emmy Awards 2022 telah rampung. Ajang apresiasi industri televisi itu setiap tahunnya digelar dengan menghadirkan ragam - sangat banyak - kategori. Salah satunya adalah animasi terbaik yang dinamai Outstanding Animated Program. 

Kategori ini selama hampir 2 dekade terakhir, baik nomine maupun pemenangnya, lebih banyak didominasi oleh konten dari jaringan tv broadcast dan tv cable. Misalnya, pemegang trofi paling banyak adalah The Simpsons dari Fox. Kondisi ini kontras dengan mayoritas kategori lain yang ditempati oleh konten streaming video

Akan tetapi, ada yang menarik dari hasil Outstanding Animated Program, Creative Arts Emmy Awards tahun ini. Pasalnya, serial animasi orisinal Netflix berjudul Arcane keluar sebagai pemenang, menjadikannya sebagai streaming series pertama yang membawa pulang piala tersebut. 

Baca juga: Yuk Intip Daftar Pemenang Creative Arts Emmy Awards 2022 Hari Ke-1 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Arcane (@arcaneshow)


Arcane menghadapi persaingan ketat dalam perjalanannya sebagai pemenang kategori itu. Serial buatan Fortiche dan Riot Games itu berhasil menumbangkan nama-nama besar termasuk Bob’s Burger, Rick and Morty, The Simpsons, hingga Marvel’s What If…?

Bagaimanapun, serial animasi yang terinspirasi dari gim League of Legends itu memang mendapatkan respons yang sangat positif dari para penggemar hingga kritikus. Tidak sedikit situs film dan gim yang memberikan nilai maksimal untuk Arcane secara keseluruhan.

Situs IMDb juga mencatatkan skor 9,0/10 dari sekitar 194.000 ulasan yang masuk untuk serial 10 episode ini. Bahkan di situs Rotten Tomatoes, tercatat bahwa audiens memberikan skor 96 persen sementara skor dari para kritikus tercatat 100 persen alias sempurna. 

Baca juga: Rekomendasi Film Animasi Seru untuk Disaksikan Bareng Keluarga 

Menengok kembali beberapa hal mengenai seri animasi orisinal dari Netflix itu, berikut Hypeabis.id rangkum fakta-fakta menarik dari Arcane
 

1. Didasarkan dari Video Game 

Arcane merupakan serial animasi aksi petualangan yang dibuat oleh Christian Linke dan Alex Yee. Diproduksi oleh Fortiche di bawah pengawasan Riot Games, serta didistribusikan oleh Netflix. Serial ini diatur di alam semesta fiksi permainan gim video League of Legends (LoL) dari Riot, dengan fokus utama kepada karakter kakak adik Vi dan Jinx. 
 

2. Perayaan HUT ke-10 LoL 

Serial animasi ini pertama kali diumumkan pada 2019 di dalam gim League of Legends, tepatnya sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-10 gim tersebut. Gim bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) itu pertama kali rilis pada 2009, tepat 1 dekade ketika pengumuman dibuat. Adapun, serial pertama kali dirilis pada November 2021 di platform Netflix. 
 

3. Angkat Kisah Kelam Dua Bersaudara 

Arcane: League of Legends berpusat pada cerita dua bersaudara, Vi dan Jinx. Di tengah meningkatnya kerusuhan dan kekacauan antara kota utopis Piltover dan kota kumuh Zaun, keduanya menemukan diri mereka berada pada sisi yang saling berlawanan dan bertentangan. Bahkan mereka harus bertarung satu sama lain. 
 

4. Menangi Banyak Penghargaan 

Sebelum memenangkan penghargaan Outstanding Animated Program Emmy Awards 2022, serial ini juga telah menjadi nomine dan memenangkan ragam penghargaan internasional. Termasu Best Streaming Animated Series or Television Movie Hollywood Critics Association TV Awards, Best Edited Series: Animation, British Film Editors Cut Above Awards, dan masih banyak lagi. 
 

5. Berlanjut ke Musim Kedua 

Menerima respons yang sangat positif, Netflix dan Riot Games juga telah resmi mengumumkan bahwa serial ini telah memasuki masa produksi untuk musim kedua (Season 2). Masih belum ada informasi resmi kapan sekuelnya itu akan rilis, hanya saja karakter utama yang ada pada musim perdananya masih akan diisi oleh orang yang sama. Vi disuarakan oleh Hailee Steinfeld, Jinx oleh Ella Purnell, dan Caitlyn Kiramman oleh Katie Leung. 
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Psikolog Bagikan 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Untuk Mahasiswa, Simak Yuk!

BERIKUTNYA

Tampil di Fashion Show, Begini Awal Mula Kepopuleran Bonge

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: