Eka Satria Saputra alias Bonge yang tampil di JF3. (Sumber gambar : Instagram/JF3)

Tampil di Fashion Show, Begini Awal Mula Kepopuleran Bonge

05 September 2022   |   17:28 WIB

Bonge kini naik kelas. Pemilik nama lengkap Eka Satria Saputra yang viral karena Citayam Fashion Week itu akhirnya mencicipi langsung panggung fashion show. Bukan lagi berlenggak di Sudirman-Dukuh Atas, Bonge kali ini tampil di runway Jakarta Food and Fashion Festival (JF3), kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (4/9/2022). 

Dia direkrut untuk menjadi salah satu model yang menampilkan koleksi brand fashion lokal, 3Second berkolaborasi dengan Danjyo Hiyoji. Pada kesempatan itu, Bonge tampil dengan setelan parka bermotif dengan kombinasi warna fuschia dan kuning, lengkap dengan sneakers dengan warna mencolok. 

Baca juga: Demam Citayam Fashion Week, Menular Buruh Pabrik di Cikarang

“@bonge.citayam pertama tampil di runway JF3 Fashion Festival 2022 dengan menggunakan koleksi dari 3Second x Danjyo Hiyoji,” tulis akun Instagram its3second. 

Koleksi 3Second x Danjyo Hiyoji yang turut menampilkan Bonge bertemakan “JALAN-JALAN”. Koleksi ini terinspirasi dari jalanan kota, ombak pantai, dan pemandangan gunung.
 
 

Selama tampil, Bonge tampak berlenggak percaya diri dan santai layaknya model profesional di atas catwalk. Memakai kaca mata hitam, dia pun sempat tersenyum di hadapan kamera seraya menyilangkan kedua tangannya. 

Remaja asal Citayam itu tampil bersama sejumlah model profesional, artis, hingga selebgram. Sebut saja pemenang Indonesia's Next Top model (INTM) Cycle 2 Sarah Tumiwa dan Yumi Kwandy, salah satu finalis INTM 2020. Kemudian artis Al Ghazali di selebgram Keanu dan Eri Carlina. 

Uniknya, Bonge dengan riasan ala model semakin mirip dengan pemenang INTM Cycle 2 Sarah Tumiwa. Hal itu diungkapkan Sarah saat membuat video singkat bersama Bonge di balik panggung JF3.  “Kok makin mirip @bonge.citayam,” tulis Sarah dalam akun Instagramnya.
 

Awal Mula Kepopuleran Bonge

Bonge nama yang diambil dari singkatan Bocah Bojong Gede ini menjadi viral setelah diwawancarai konten kreator Indigo Aditya Nugroho di kawasan Sudirman. Saat itu, Bonge diwawancarai bersama Kurma, kekasihnya yang baru dipacari satu hari. Namun, keduanya kini telah berpisah.

Bonge berasal dari Bojong Gede, Bogor, sedangkan Kurma berasal dari Citayam. Video wawancara Bonge dan Kurma itu diunggah Aditya di akun Tiktok miliknya, @kutipanX pad 5 Juni 2022. Postingan tersebut seketika viral dan ditonton jutaan orang dalam waktu singkat.

Selain gaya bicaranya yang khas, tampilan Bonge yang nyentrik cukup menyita perhatian warga net kala itu. Saat diwawancarai, Bonge tampil dengan pakaian serba hitam dan sweater bercorak burung hantu. Namun yang menjadi ciri khasnya gadalah topi degan corak papan catur hitam putih. 

Dia merupakan salah satu remaja yang wara wiri menampilkan street fashion di kawasan Sudirman dan Dukuh Atas, Jakarta Pusat tersebut. Walaupun ada beberapa nama yang turut tampil dan viral, Bonge lah yang menjadi ikon fashion jalanan yang dikenal sebagai Citayam Fashion Week (CFW) itu.

Sebelum viral Bonge, kawasan Sudirman memang menjadi tempat anak muda mayoritas berasal dari daerah penyangga Jakarta seperti Depok, Citayam, Bojong Gede dan Depok, berkumpul atau sekadar nongkrong. Namun, semenjak ada video Bonge, wilayah tersebut semakin ramai dan menjadi runway street style para remaja daerah pinggiran. Tidak sedikit pula yang berasal dari Jakarta, seperti Kalideres, Tanjung Priok, dan Cakung. 

Sempat dipadati masyarakat dari Jakarta dan sekitarnya, kini Citayam Fashion Week tidak seramai dulu karena sudah ada imbauan dari pemerintah daerah setempat. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kerumunan agar tidak terjadinya penyebaran Covid-19 di wilayah elit perkantoran tersebut.

Baca juga: Paula Verhoeven & Baim Wong Gercep Daftarkan Merek Citayam Fashion Week ke Kemenkumham

Menjadi viral tentu membawa berkah tersendiri bagi Bonge. Sejumlah selebgram hingga artis pun ramai-ramai membuat konten kolaborasi bersamanya. Sebut saja Paula dan Baim Wong, Gritte Agatha, Ria Ricis, Denny Sumargo, hingga Raffi Ahmad. Bahkan dia sempat ditawari uang sekoper oleh Paula Verhoeven dan baru-baru ini Raffi Ahmad menawarkan uang senilai Rp1 miliar namun ditolaknya. Sungguh mujur ya nasib, Bonge.
SEBELUMNYA

Arcane Jadi Serial Streaming Pertama yang Menang Animasi Terbaik Emmy Awards

BERIKUTNYA

Ada Tiket Murah Kereta Api di KAI Expo 2022, Cek Daftar Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: