Ilustrasi pasangan kencan. (Sumber gambar: Pexels/Hoàng Chương)

6 Ciri Etika Baik saat Berkencan, Bisa Jadi Lampu Hijau untuk Cari Pasangan

04 September 2022   |   08:54 WIB

Like
Berkencan tidak hanya sekadar mencari kecocokan dari segi selera atau preferensi, tapi juga menjadi cara untuk mengetahui tendensi atau kecenderungan sifat calon pasangan saat menjalin hubungan dalam jangka panjang. Hal ini tentu bisa jadi pertimbangan di masa depan juga lho!

Meski sejumlah tips dan kiat-kiat yang diberikan pada umumnya bertujuan untuk mengenal berbagai ciri etika buruk atau red flag, ternyata penting juga untuk tahu ciri baik atau green flag saat berkencan yang membantu Genhype dalam menilai calon pasangan.

Yuk cek beberapa ciri baik yang bisa dilihat Genhype saat berkencan.

Baca juga5 Ide Kencan yang Hemat & Ramah Kantong, Kalian Suka yang Mana?
 

1. Inisiatif bertanya dan mendengarkan opini

Banyak anak muda masa kini yang memilih untuk mencari pasangan yang berpikiran terbuka dan mau menerima opini yang ada, misalnya sesimpel bertanya tentang pendapat terhadap suatu pilihan atau menanyakan persetujuan lokasi kencan. Biasanya, hal ini bisa jadi tanda-tanda baik karena menunjukkan calon pasangan yang penuh pertimbangan.

Contoh lainnya dari tindakan ini adalah memikirkan bagaimana pasangan bisa sampai ke lokasi kencan, menanyakan rangkaian agenda kencan, serta mempertimbangkan preferensi dan mencocokkannya dengan kegiatan kencan di hari tersebut. Hal ini tentu menunjukkan bahwa pendapat pasangan tetap berharga di matanya.
 

2. Meluangkan waktu untuk pasangan

Dengan kesibukan dan rutinitas harian yang padat dan semua hal yang harus diprioritaskan, waktu menjadi sesuatu yang diperjuangkan dalam sebuah hubungan. Hal inilah yang membuat pentingnya waktu bertemu dengan menghargai jadwal yang sudah ditentukan.

Setiap menit dan detik berharga untuk setiap orang, termasuk pasangan yang akan menjadi teman kencan. Karena inilah, momen kebersamaan santai dan serius berkualitas menjadi sesuatu yang diincar dalam sebuah hubungan.
 

3. Menghargai mantan pasangan

Meski mantan pasangan adalah orang yang biasanya ingin dilupakan, memperlakukannya seperti manusia dengan rasa hormat tetap penting lho! Hal ini bisa terlihat dari bagaimana calon pasangan membicarakan mantan kekasih atau pasangan dengan kesan yang baik, sehingga bisa menunjukkan bahwa dia bisa memperlakukan pasangan saat ini dengan penuh perhatian.

Sebaliknya, cerita tentang mantan kekasih yang dibawakan pada kesan buruk bisa menunjukkan bagaimana pasangan yang saat ini tengah bersama akan memperlakukan Genhype di masa depan. Contohnya adalah saat bagaimana kalian tidak melanjutkan hubungan dan putus kontak setelahnya.
 

4. Nyaman membicarakan perasaan

Baper dan bucin kadang dipandang sebagai hal yang terkesan klise, tapi hal yang bisa ditunjukkan dengan sisi lembut ini bisa jadi hal yang menunjukkan bagaimana calon pasangan mengungkapkan perasaannya terhadap orang yang disukainya. 

Selain itu, berani mengungkapkan perasaan yang dirasakan merupakan hal baik yang bisa memberikan kesempatan untuk mengetahui perkembangan diri di dalam sebuah hubungan. Tindakan ini merupakan salah satu dari beberapa cara ekspresi perasaan yang diinginkan banyak orang.
 

5. Terbuka tentang keuangan

Selain keterbukaan dengan perasaan, hal lain yang enggak kalah penting adalah keterbukaan terhadap finansial. Diskusi seperti bujet atau rencana pengeluaran untuk kencan, termasuk cara membayar merupakan hal baik yang bisa menentukan bagaimana perilaku seseorang.

Kencan yang buruk terkait finansial bisa jadi disebabkan karena berbagai hal, misalnya aktivitas di luar bujet atau rencana pengeluaran, tidak adanya persetujuan pihak lain untuk melakukan kegiatan tertentu, hingga tidak adanya transparansi atau diskusi mendalam tentang cara membayar.

Baca juga10 Tipe Profil Pengguna Aplikasi Kencan Daring, Kalian yang Mana?
 

6. Menghormati batasan 

Menghargai batasan yang ada pada pasangan merupakan salah satu hal yang juga tak luput dari kesan baik yang harus dibangun dalam sebuah hubungan. Beberapa pertanyaan terkait kenyamanan terhadap sebuah aktivitas atau tindakan yang dilakukan merupakan hal yang bisa ditanyakan kepada pasangan tanpa perlu ragu atau sungkan.

Batasan ini kemudian menjadi penting untuk memastikan kenyamanan serta indikator dalam beberapa hal yang akan dilakukan di masa depan serta mengetahui hal yang harus dihindari. Dengan mengenal batasan, kencan akan menjadi lebih nyaman.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla
 
SEBELUMNYA

Dieng Culture Festival Digelar, Simak Asal-Usul Sejarah Tradisi Ruwatan Rambut Gimbal

BERIKUTNYA

Pertunjukan Teater Amongraga Mendapatkan Apresiasi Positif Penikmat Seni

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: