Ada banyak daerah wisata yang tidak mengharuskan pelancong mengocek kantong dalam-dalam (Sumber gambat Unsplash/Jamie Fenn)

Akhir Pekan Nih, Yuk Simak 5 Kota yang Ramah Kantong sebagai Destinasi Liburan

03 September 2022   |   19:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Akhir pekan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Apalagi bagi kalian yang super sibuk di waktu lain. Selain bisa dijadikan waktu untuk istirahat dan melepas kepenatan setelah membanting tulang, akhir pekan juga dapat dimaanfaatkan dengan berbagai kegiatan.

Memanfaatkan akhir pekan dengan baik. selain bisa menghibur diri agar pikiran kembali rileks dan hati membaik. juga dapat memberi energi baru untuk kembali mengahadapi hari esok. Oleh sebab itu, manfaatkan akhir pekan kamu dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mengembalikan mood untuk kembali on fire salah satunya dengan liburan ke luar kota.

Namun, kalian mungkin bingung juga hendak liburan ke kota mana karena Indonesia memiliki segudang destinasi wisata yang tidak hanya cantik tapi juga membuat kerasan untuk ditinggali. Akan tetapi tenang, Genhype tidak perlu resah kok, karena Hypeabis.id telah rangkumkan 5 destinasi kota wisata di Indonesia yang selain ciamik untuk dituju, juga tidak menguras kantong kalian. Yuk simak: 

Baca juga: 8 Spot Wisata Ramah Kantong di Kota Minyak Balikpapan 
 

1. Yogyakarta

Kota satu ini memang istimewa dan dapat dijadikan pilihan untuk berlibur di akhir pekan. Memiliki ragam destinasi wisata murah meriah baik dari sisi sejarah, kuliner, pergelaran seni. Jogja adalah pilihan yang tepat sebagai destinasi tersebut.

Dari wisata sejarah kamu bisa mengunjungi Museum Benteng Vredeburg, Kampung Wisata Taman Sari, Keraton Yogyakarta atau Candi Prambanan. Untuk mengunjungi destinasi ini juga dapat menggunakan transportasi umum yang sudah terintegrasi dengan bandara dan stasiun, yakni Trans Jogja. 

Dengan membayar tarif Rp3.500 untuk satu kali perjalanan, kalian juga  bisa menuju destinasi lain, misal galeri seni seperti Jogja national Museum (JNM), Sangkring Art Space, Cemeti Art House atau Museum Affandi.

Sementara saat perut mulai 'memanggil', di hampir setiap sudut kota Jogja juga terdapat angkringan-angkringan yang menjual ragam makanan dari nasi kucing, kopi joss, beserta teman-temannya dengan harga yang murah meriah.
 

2. Kediri

Kota di Provinsi Jawa Timur ini juga tidak kalah menarik bila dibandingkkan Yogyakarta. Terkenal lewat kampung Inggris-nya yang menjadi tempat beberapa anak muda Indonesia untuk belajar Bahasa Inggris secara langsung, kota ini juga menyimpan keunikan lain.

Kediri memiliki destinasi wisata yang wajib dikunjungi seperti Simpang Lima Gumul, Gunung Klotok, Kebun Bunga Matahari ataupun objek wisata alam Gunung kelud. Tidak hanya itu, bagi para 'flaneur' atau kamu yang memiliki hobi keluyuran tanpa tujuan yang jelas, kota Kediri  juga cocok dijadikan destinasi tujuan. Pasalnya pelosok desa dan kota di wilayah memiliki keunikan-keunikan yang tidak dimiliki oleh tempat lain.
 

3. Solo

Sebagai salah satu kota yang menjadi pusat para pelajar untuk menuntut ilmu, Solo ternyata juga menyimpan destinasi wisata murah karena Genhype bisa mengandalkan tarnsportasi umum untuk menjelajah kota ini dengan menggunakan bus Trans Solo, yang beroperasi hingga malam hari.

Di kota ini kalian dapat menikmati destinasi wisata murah seperti Keraton Solo, Museum Tumurun, Kebun Binatang Jurug, Pasar Triwindu yang menjual barang-barang antik hingga De Tjolomadoe, sebuah bangunan bersejarah bekas pabrik gula pada zaman Belanda.

Untuk menikmati wisata kulinernya, harga makanan di kota ini juga tergolong ramah di kantong, mulai dari bubur lemu, sego liwet, sate buntel, tengkleng, hingga soto yang memiliki ragam pilihan baik dari tekstur rasa dan kuahnya yang maknyuss
 

4. Malang

Kota yang dikelilingi empat gunung, yakni Bromo, Arjuno, Kawi, dan Semeru ini juga patut kamu jadikan destinasi wisata di akhir pekan karena memiliki segudang wisata murah. Misalnya kampung warna-warni, kampung 3D, pantai, alun-alun, museum, dan masih banyak lagi.

Kuliner Arek Malang juga tidak perlu ditanya lagi rasanya, seperti baksonya yang terkenal, orem-oremnya yang khas hingga pecel atau pun rawonnya yang sangat memanjakan lidah. Sehingga selain kenyang mata juga Genhype kenyang perut.

Selain itu, dari segi wisata alam kamu juga akan menemukan beragam tempat liburan yang santai hingga ekstrem seperti wisata Kota Batu, Air terjun Coban Rondo, Pulau Sempu,Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan masih banyak lagi.
 

5. Salatiga

Meski berada di daftar terakhir bukan berarti kota satu ini tidak menyimpan destinasi wisata yang patut dicoba. Kota yang berada di pertengahan Solo dan Semarang ini juga memiliki segudang wisata yang murah dan tidak menguras kantong.

Berada di kaki Gunung Merbabu kota nan asri dan sejuk ini memiliki destinasi wisata alam yang dapat memanjakan mata. Seperti wisata alam Kopeng, Mata air Senjoyo, Rawa Pening atau Pemandian Muncul yang dapat dijadikan tujuan wisata di akhir pekan. Saat malam hari kalian juga dapat mencicipi ragam  kuliner di sini seperti wedang ronde, sate sapi, soto, jagung bakar, ataupun panganan lain dengan harga yang hemat di kantong.

Itulah dia genhype destinasi wisata liburan paling murah di kota-kota Indonesia. Sudah berencana mau ke mana nih?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bocoran iPhone 14 Series, Ini PIlihan Warna dan Teknologi Fast Charging Satu Jam Penuh?

BERIKUTNYA

Harga BBM Naik, Yuk Simak 6 Kiat Menghemat Bensin Motor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: