ilustrasi pom bensin (sumber unsplash/ hanindito prabandaru)

Harga BBM Naik, Yuk Simak 6 Kiat Menghemat Bensin Motor

03 September 2022   |   22:30 WIB

Setelah dalam beberapa pekan diwacanakan, harga bahan bakar minyak (BBM) akhirnya naik nih. Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan kenaikan harga BBM baik untuk Pertalite, Solar, maupun Pertamax yang berlaku mulai Sabtu, 3 September 2022 pukul 14.30 WIB.

Harga pertalite yang sebelumnya Rp7.650 per liter disesuaikan menjadi Rp10.000 per liter. Kemudian harga solar bersubsidi yang sebelumnya Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter. Selain itu, harga pertamax juga mengalami penyesuaian dari Rp12.500 menjadi Rp14.500.

Dengan adanya kenaikan ini, tentu Genhype juga khawatir bukan? Karena harus semakin menghemat pengeluaran agar tetap dapat memenuhi kebutuhan lain. Tapi jangan takut karena ada banyak cara untuk menghemat BBM yang mudah dilakukan. Berikut Hypeabis.id merangkumkan trik berhemat BBM dari berbagai sumber.
 

1. Lakukan Perawatan Rutin.

Dengan melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli dan membersihkan filter udara sepeda motor kalian juga bisa membantu menghemat bensin. Karena saat kendaraan terawat  dengan baik, maka tarikan motor jadi lebih optimal dan konsumsi bensin tidak terlalu banyak.
 

2. Pastikan Tekanan Angin Ban Sudah Pas.

Setiap menggunakan kendaraan bermotor sebagian konsumsi BBM yang dipakai adalah untuk ban. Singkatnya jika tekanan angin pada ban tidak sesuai maka konsumsi BBM yang dipakai juga semakin besar. Karena saat mesin bergerak tekanan ban yang terlalu rendah akan semakin membuat mesin bekerja lebih keras.
 

3. Tidak Membawa Beban Melebihi Kapasitas.

Salah satu cara menghemat bensin motor kendaran bermotor adalah dengan menggunakan kendaraan sesuai kapasitasnya. Motor yang overload bisa membuat mesin menjadi lebih berat hingga akhirnya  membuat konsumsi bensin jadi lebih boros. Ingat, membawa beban melebihi kapasitas juga dapat membahayakan pengendara maupun pengguna jalan.
 

4. Berkendara dengan Baik.

Menerapkan tata cara berkendara dengan baik juga dapat dilakukan untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Apabila kamu berkendara secara ugal-ugalan dengan bukaan gas dan pengereman yang tidak teratur maka akan membuat bensin jadi sangat boros.

Untuk itu sebaiknya gunakan kendaraan dengan cara yang halus atau dengan membuka gas secara perlahan dan konsisten menjaga kecepatan saat berkendara agar tetap konstan. Jika perlu kurangi juga pengereman secara mendadak.
 

5. Manfaatkan Fitur Teknologi Fungsional.

Saat ini beberapa jenama kendaraan bermotor sudah mengaplikasikan teknologi dan fitur fungsional seperti fitur Stop & Start System hingga Eco Riding. Selain dapat dimanfaatkan, fitur ini juga dapat memberi informasi apakah kendaraan yang digunakan sedang dalam kondisi hemat bahan bakar atau tidak.
 

6. Matikan Mesin saat Berhenti Lama.

Cara menghemat BBM selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan mesin ketika kendaraan berhenti lama. Karena saat kamu tetap menyalakan mesin tapi kendaraan tidak berjalan tentu akan membuat bahan bakar tetap menetes ke mesin sehingga konsumsi bensin terus terkuras.

Itulah dia  Genhype 6 kiat menghemat BBM agar kendaraan bermotor kalian tetap irit dan kantong  tidak kempes. Yuk mulai servis rutin!

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Akhir Pekan Nih, Yuk Simak 5 Kota yang Ramah Kantong sebagai Destinasi Liburan

BERIKUTNYA

Dieng Culture Festival Digelar, Simak Asal-Usul Sejarah Tradisi Ruwatan Rambut Gimbal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: