Ririn Ekawati (Sumber gambar: Ririn Ekawati/Instagram)

3 Kiat Pintar Kelola Keuangan Keluarga ala Ririn Ekawati

31 August 2022   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Peran ibu dalam sebuah keluarga sangatlah penting. Seorang ibu tak jarang harus mengatur banyak hal dan keperluan serta memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Mulai dari mengurus rumah, menjadi guru pertama bagi anak-anaknya, termasuk mengelola keuangan keluarga.

Ibarat menteri keuangan dalam sebuah keluarga, peran ibu juga terkadang mengatur keuangan rumah tangga agar kebutuhan hidup setiap anggota keluarga dapat tercukupi.

Menurut Artis sekaligus pengusaha, Ririn Ekawati, pembahasan tentang pemenuhan kebutuhan keluarga tidak terlepas dari sosok ibu yang umumnya memainkan peranan penting untuk mengatur berbagai hal dalam keluarga.

Baca juga: 5 Kesalahan Mengatur Keuangan yang Sering Terjadi di Usia 20an, Apa Saja?

Meskipun Ririn merupakan seorang ibu yang bekerja dan selalu berkutat dengan berbagai kesibukan, dia mengaku selalu menomor satukan keperluan keluarga.

Dia pun membagikan tiga kiat yang bisa dipraktikkan para ibu atau anggota keluarga lainnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan lebih praktis dan hemat seperti berikut ini.
 

1. Sering Quality Time

Di tengah kesibukannya, Ririn mengaku bahwa dirinya selalu menyempatkan waktu untuk quality time bersama keluarga. Tidak perlu merogoh banyak biaya, quality time dapat dilakukan secara sederhana seperti makan malam bersama atau sekadar mengobrol sambil menonton film atau serial favorit.

Menurut Ririn, selain dapat mempererat hubungan, aktivitas ini juga dapat membantu ibu lebih memahami kebutuhan tiap anggota keluarganya.

"Quality time bisa dibilang adalah hal wajib yang selalu aku coba tanamkan di keluargaku. Dengan quality time, kita juga bisa tahu apa yang sedang dialami oleh setiap anggota keluarga, jadi kita bisa mencoba memberikan solusi yang tepat untuk mereka," katanya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by RE (@ririnekawati)


2. Manfaatkan Kehadiran Teknologi

Bagi Ririn, menjadi seorang super mom juga berarti menjadi ibu yang luwes dan selalu jeli melihat peluang, termasuk dalam mencari cara paling efisien untuk menjalani segudang kegiatan dan tanggung jawab secara beriringan.

Di tengah kesibukannya sebagai ibu sekaligus pengusaha dan figur publik, Ririn mengaku sangat terbantu dengan kehadiran teknologi yang memudahkannya melakukan berbagai hal, termasuk memenuhi kebutuhan keluarga saat sedang bekerja.

Menurutnya, zaman yang serba dinamis seperti sekarang ini mendatangkan banyak peluang baru, jika kita cermat melihat peluang tersebut dan memanfaatkannya. Misalnya, untuk menyiapkan makanan keluarga, Ririn sering memesan melalui aplikasi food delivery, sehingga dia bisa tetap produktif dengan menjalani pekerjaan lainnya.

"Aku bersyukur banget saat ini ada teknologi yang bisa mempermudah kehidupan kita. Kemudahan layanan teknologi  sangat membantu aku untuk menyelesaikan tanggung jawab sebagai ibu sekaligus working mom dengan lebih efisien,” jelasnya.
 

3. Efektifkan Bujet

Selain mengatur kebutuhan, Ririn juga mengemban peran layaknya sebagai menteri keuangan dalam keluarga, yang mengatur anggaran pengeluaran harian dan bulanan. Agar tidak terjadi ‘kebocoran’ bujet, Ririn mengalokasikan berbagai kebutuhan berdasarkan kategori.

Baca juga: 5 Persiapan Keuangan Sebelum Kalian Resign

Meski begitu, dia juga tak jarang mencari peluang lain untuk menghemat bujet yang sudah dianggarkan, salah satunya dengan memanfaatkan promo seperti potongan harga. Dengan begitu, dia bisa mengalokasikan sisa dana yang ada untuk kebutuhan lain atau disimpan untuk investasi. 

“Walaupun sudah ada pos pengeluaran bulanan, tapi aku selalu cari cara untuk bisa dapat keuntungan lebih. Jadi, aku enggak pernah ketinggalan hunting promo, apalagi promo tanggal cantik yang selalu meriah," katanya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Drama Korea  If You Wish Upon Me diambil dari Kisah Nyata, Ini 5 Fakta Menarik Lainnya

BERIKUTNYA

Begini Cara Kelola Keuangan Jika Terjebak Jadi Generasi Sandwich

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: