Lingkaran pertemanan yang bisa saling memberikan dukungan sangat penting bagi generasi sandwich (sumber gambar ilustrasi: pexels/Pavel Danilyuk)

Begini Cara Kelola Keuangan Jika Terjebak Jadi Generasi Sandwich

31 August 2022   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Generasi sandwich adalah generasi yang terimpit di antara kewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup pribadi dan menjadi penopang hidup anggota keluarga. Meskipun begitu, generasi ini dinilai tetap bisa melakukan manajemen hidup yang baik dengan beberapa langkah kreatif.

Mada Aryanugraha, Finacial Consultant, CoFounder & CEO Sipundi.id, mengatakan bahwa ada beberapa langkah kreatif agar generasi sandwich paling tidak bisa melakukan manajemen hidup yang baik agar terhidar dari sejumlah risiko.

Berikut tip dari Mada dan FWD Insurance untuk generasi sandwich.

 

1. Buat circle antitoxic.

Generasi sandwich harus membuat circle antitoxic dengan menemukan orang-orang dan membuat lingkaran pertemanan yang bisa saling memberikan dukungan. Jadi, generasi ini harus bergaul dengan individu yang dapat memperkaya pengetahuan, sudut pandang, serta bidang pekerjaan yang beragam sehingga bisa saling mengisi selain memiliki passion yang sama.

Dengan begitu, generasi sandwich bisa mendapatkan masukan dan solusi yang membangun agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan positif ketika memiliki problematika romansa, pekerjaan, atau hidup secara umum.
 

2. Maksimalkan proteksi

Generasi sandwich tidak seharusnya mudah terlena dengan segala kegiatan yang sebenarnya hanya bare minimum, sebagai standar paling rendah atau sesuatu yang seharusnya dimiliki atau dilakukan semua orang.

Mendapatkan ajakan untuk menonton atau makan malam bisa dibilang adalah aktivitas bare minimum. Supaya lebih kreatif, generasi sandwich, teman, dan pasangan bisa ikut kuis-kuis Love Language supaya tahu apa saja yang bisa membuat individu lebih memiliki passion dalam bergaul atau berpasangan.

Khusus untuk proteksi diri, memiliki perlindungan standar minimum yang dapat menjadi salah satu alat bantu manajemen hidup yang penting untuk generasi sandwich, dibandingkan tidak punya proteksi sama sekali. Generasi ini perlu memperbanyak informasi mengenai risiko kesehatan seperti apa yang sering dialami oleh orang seusianya, lalu pilih produk perlindungan yang sanggup dibeli dan cukup melindungi dari risiko hidup.
 

3. Pilih jalur karier yang tepat.

Generasi sandwich perlu mengasah kemampuan profesional dan menentukan karis sejak dini agar bisa segera mencapai kebebasan finansial di tengah persaiangan dunia profesional yang keras. Dengan begitu, generasi ini juga bisa bebas menjalani passion sejak usia muda.

Kebebasan finansial sendiri bisa memiliki arti berbeda-beda, tergantung persepsi setiap orang. Ada individu yang merasa cukup puas dengan penghasilan yang didapatkan karena masih dapat bebas menjalani passion atau hobi dalam hidupnya.

Namun, ada juga yang memiliki target penghasilan tertentu yang harus dicapai agar bisa memenuhi target hidupnya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

3 Kiat Pintar Kelola Keuangan Keluarga ala Ririn Ekawati

BERIKUTNYA

Duh, Hipertensi Bisa Picu Kerusakan Otak, Begini Prosesnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: