Ilustrasi gajian (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels.com)

Tips Atur Gaji Bulanan, Ini 5 Pos Keuangan Prioritas

29 August 2022   |   18:18 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Akhir bulan adalah waktu yang dinantikan bagi para pekerja. Selain bersiap menyambut bulan baru, momen akhir bulan juga bertepatan dengan  tanggal gajian. Bukan mudah mengatur cashflow saat gajian tiba. Bahakan banyak orang yang gajinya hanya numpang lewat karena membeli barang-barang tidak terlalu dibutuhkan.

Parahnya, tidak sedikit orang yang melewatkan pos-pos keuangan yang justru wajib dipenuhi karena bersifat primer. Membuat pos uang saat gajian tiba bisa membantu Genhype memetakan kebutuhan paling mendasar hingga tersier. Selain itu, Genhype juga bisa melihat pemasukan dan pengeluaran bulanan dengan pasti.

Baca juga: Simak Yuk, Tip Rencana Keuangan Milenial Biar Gaji Enggak Cuma Numpang Lewat

Dengan cara pengalokasian uang ini, Genhype dapat mengatur keuangan lebih bijak dan teratur.
Hypeabis.id merangkum beberapa pos uang gajian yang paling penting untuk dipenuhi serta cara agar kamu bisa mengatur uang gaji. Yuk simak!


1. Dana Darurat

Kerap disepelekan, siapa sangka jika dana darurat merupakan dana yang sangat penting saat keadaan mendadak. Tak sedikit pekerja yang menyampingkan dada darurat dengan meletakkan posnya di paling akhir. Akhirnya, dana darurat kerap tidak menjadi prioritas pos saat gajian. Dana darurat menjadi penting karena berkaitan dengan hal terduga. Sebaiknya Genhype menyisihkan pos dana darurat di awal setelah menerima gajian. Pastikan total dana darurat kamu adalah tiga kali dari totaln gaji ya!


2. Biaya Hidup

Setelah menyisihkan dana darurat, Genhype bisa membagi uang gajian ke dalam pos biaya hidup. Dalam prosesnya kamu bisa membagi lagi pos biaya hidup ke dalam beberapa sub pos. Pembayaran listrik, air, biaya Pendidikan, sembako bisa kamu pisahkan agar lebih terkelola dan tidak membuat bingung. Agar cashflow tetap terjaga, usahakan biaya hidup tidak lebih dari 50 persen gaji kamu.


3. Investasi atau Tabungan

Saat pos dana darurat dan biaya hidup tercukupi, alokasikan uang gajian kamu untuk berinvestasi dan menabung. Selain memupuk kebiasaan melek finansial, berinvestasi dan menabung juga membantu Genhype memahami perlunya mengalokasikan uang untuk keperluan di masa mendatang, contohnya keperluan biaya masa tua.


4. Biaya Hiburan

Tak selalu soal keperluan hidup masa mendatang, Genhype juga tetap boleh mengalokasikan gaji untuk keperluan hiburan. Menonton film atau membeli jajanan, kamu bisa membuat pos biaya hiburan tidak lebih dari 20 persen ya.


5. Sedekah

Terakhir, Genhype bisa membuat pos biaya sedekah untuk bekal kehidupan setelah di dunia. Sedekah tak kalah penting karena mengingatkan manusia untuk berbagi ditengah rezeki yang ada. Nominal alokasi untuk sedekah bisa Genhype sesuaikan sendiri ya.

Genhype, itulah beberapa pos biaya gajian yang paling penting. Kamu bisa menambah pos lain seperti premi asuransi, biaya untuk orang tua, dan sebagainya disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jangan sampai dilewatkan ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pelukis Bagongan, Memalsukan Karya karena Gagal Bersaing Menjadi Seniman

BERIKUTNYA

7 Selebriti dengan Busana Terbaik di MTV Video Music Awards 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: