Ilustrasi uang (dok: Unsplash/Alexander Mils)

Begini Cara Mengajarkan Anak Mengelola Uang dengan Baik

27 June 2021   |   22:58 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Genhype, siapa bilang menjadi panutan bagi anak itu perkara mudah? Sekalipun telah menjadi orang tua, sepasang suami dan istri ternyata masih harus beradaptasi dengan cara yang ideal dan tepat sasaran untuk sukses mendidik anak di antaranya mengenai cara mengelola uang.
 

Ilustrasi (Dok Julia M Cameron/Pexels)

Ilustrasi (Dok Julia M Cameron/Pexels)


Hubungan manusia dalam hal pengelolaan uang boleh disebut sebagai complicated relationship. Tak heran jika kondisi ini seringkali membuat orang tua cenderung tertutup kepada anak dalam upaya mengelola keuangan. Seolah-olah, pengelolaan keuangan adalah hal tabu yang belum bisa dicerna oleh anak sedini mungkin.
 
Padahal, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Eastspring Investment, ada 95 persen orang tua yang menyatakan setuju bahwa penting untuk mengajari anak-anak tentang pengelolaan uang.

Namun studi tersebut juga mengungkapkan bahwa sebenarnya lebih dari setengah alias 51 persen dari semua orang tua yang disurvei mengatakan mereka tidak tahu apakah sebagai  orang tua, mereka telah menjadi guru dan teladan yang baik bagi keturunan mereka.
 
Tak heran jika survei yang sama menyatakan, masih ada 43 persen orang tua akhirnya menyatakan ingin belajar lebih banyak tentang pengelolaan uang sehingga mereka dapat menjadi panutan yang baik bagi anak-anaknya.

Imbasnya, banyak orang tua yang tertarik pada alat pembantu dalam mengajari anak - anak untuk menggunakan dan mengelola uang dengan lebih baik, termasuk aplikasi seluler, program TV, situs web, dan lokakarya yang dapat mereka hadiri bersama anak mereka.
 
Diana Ser, salah satu orangtua dan Celebrity Host maupun TV Presenter ini mengaku sebenarnya anggapan bahwa anak tidak sanggup mengelola keuangan tidaklah tepat.

Dia menyebut, anggapan ini bersumber dari perasaan tidak yakin ataupun kecemasan dari orangtua sendiri. Umumnya, kondisi ini tercipta karena orangtua sendiri memang merasa belum punya kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan.
 
 
1
2
3


SEBELUMNYA

Asyik, Posting Instagram Sudah Bisa Dari Desktop Lho! Begini Caranya

BERIKUTNYA

Ingin Buat Rumah yang Kedap Suara? Gunakan 6 Barang Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: