Ilustrasi FOMO (Sumber gambar: Angela Franklin/Unsplash.com)

Keseringan Cek Medsos & Smartphone, Ini Tanda-Tanda Kalian Terjebak FOMO

29 August 2022   |   19:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Bak dua sisi mata pisau, internet memberikan dampak positif dan negatif kepada para penggunanya. Disamping membantu mencari informasi dengan cepat, internet dan media juga dapat menyebabkan orang terjebak dalam lingakaran fear of missing out (FOMO), sebuah kondisi di mana seseorang sangat takut merasa tertinggal karena tidak mengikuti tren atau kegiatan tertentu. 

FOMO berdampak lebih jauh pada rasa cemas dan malu saat seseorang tak mampu mengikuti tren yang sedang naik daun. Kondisi ini menyentuh banyak aspek seperti kehidupan finansial, media sosial, dan aktivitas secara nyata. Meskipun identik dengan mengikuti tren, penelitian menyebutkan FOMO dikaitkan dengan penurunan produktivitas dan kesehatan mental.

Penelitian terbaru menyebutkan FOMO dapat berdampak lebih jauh dalam kehidupan nyata sepeti susah tidur, kecemasan sosial, depresi, dan penurunan kinerja. Hypeabis.id merangkum tanda Genhype sudah terjebak dalam lingkaran FOMO. Yuk simak informasinya: 

Baca juga:  Begini 5 Cara Biar Kalian Enggak Terjebak FOMO 


1. Susah Menjauh dari Smartphone

Salah satu indikasi dari FOMO adalah kesusahan untuk menjauh atau meletakkan smartphone. Dengan begitu, kalian tidak bisa menikmati dunia nyata dan terlalu paku dengan keadaan di dunia maya atau media sosial. Jika sudah mengalami ini, sebaiknya Genhype segera menyadari situasi dan memberi waktu  untuk menikmati kehidupan nyata.
 

2. Keseringan Cek Media Sosial

Tanda lain yang paling terlihat dari terjebaknya seseorang dalam FOMO adalah susah untuk melepaskan diri dari media sosial. Perasaan ingin terus mengecek Instagram, Twitter, TikTok, dan Facebook tak mampu dibendung sehingga kamu mulai menghabiskan banyak waktu di media sosial. Genhype akan ketagihan untuk terus me-refresh halaman media sosial demi tidak ketinggalan dan mengikuti tren yang terjadi.
 

3. Mengambil Foto Berlebihan 

Mengambil foto berbagai aktivitas yang kamu jalani dalam waktu yang terlalu sering atau berlebihan adalah tanda dari terjebak FOMO. Bukan hanya foto, kamu memiliki rasa tak sabar untuk menyebarkan unggahanmu di media sosial. Penelitian mengatakan ketakutan tidak terlihat di media sosial merupakan tanda yang jelas dari FOMO.
 

4. Ingin Selalu Update Segala Hal 

Tak hanya satu bidang, kamu memiliki rasa ingin mengetahui hal-hal terbaru dalam beberapa bidang secara cepat. Kamu memaksa diri agar update dengan segala hal mengenai musik, selebriti, hingga pertunjukan terbaru tanpa alasan yang jelas, hanya ingin merasa tidak malu saat seseorang bertanya padamu. Hati-hati jika mengalami hal ini ya!
 

5. Menyampingkan kesehatan

Meski sedang sakit, orang yang terjebak FOMO akan cenderung mengikuti tren dan aktivitas yang sedang berlangsung. Terlebih, tidak jarang perihal itu tidak disukai oleh dirinya sendiri, tapi hanya sekadar upaya agar tidak tertinggal tren.  Menyampingkan kesehatan demi hal yang tidak berdasar adalah tanda dari FOMO yang jarang diketahui.

Nah Genhype, itulah beberapa tanda kamu sudah terjebak dalam lingkaran FOMO. Jangan sampai hal ini terjadi dengan kalian ya! 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Taylor Swift hingga Fergie, Ini 5 Momen Spesial di MTV Video Music Awards 2022

BERIKUTNYA

Pelukis Bagongan, Memalsukan Karya karena Gagal Bersaing Menjadi Seniman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: