Coba perhatikan lima hal ini sebelum membeli barang (Unsplash/Lucrezia Carnelos)

Biar Enggak Kalap Belanja, Jawab Jujur 5 Pertanyaan Ini

04 July 2021   |   13:52 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Membeli sebuah barang merupakan tindakan yang memiliki banyak tujuan dan alasan. Bisa jadi karena memang kebutuhan, hanya sekadar keinginan, atau bisa sekadar iseng dan tergiur orang lain dan diskon harga.

Kegiatan berbelanja suatu barang, seharusnya menjadi keputusan yang diambil dengan sadar dan mempertimbangkan banyak hal. Jangan sampai, ketika kita membeli barang tapi pada akhirnya barang itu tidak dipakai.

Nah, untuk menghindari membeli barang yang tidak diperlukan dan potensinya menghilangkan uang kalian, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu kalian ajikan sebelum berbelanja :

1. Bisakah kita berpisah dengan uang yang akan dikeluarkan?

Ini penting diperhatikan untuk menegaskan apakah kita mendapatkan barang yang bernilai dengan cara yang tepat. Kalau ternyata pembelian itu harus berakhir pada tagihan kartu kredit, sebaiknya pertimbangkan ulang.

2. Bisakah kita membayar biaya yang sebenarnya?

Perlu diingat bahwa biaya yang benar-benar dikeluarkan untuk sebuah barang bisa jadi jauh melampaui harga yang tertera pada labelnya. Bisa jadi ada biaya lain-lain seperti pelayanan, ongkos kirim, hingga perawatan yang harus kalian perhatikan juga.

3. Apakah barang itu menambah nilai? 

Sebuah aksi belanja barang idealnya harus memiliki tujuan yang menambah nilai dalam kehidupan ini, baik itu secara fungsional maupun emosional. Jika tidak keduanya, pertimbangkan lagi belanja barang tersebut.

4. Adakah alternatifnya?

Maksudnya, apakah barang tersebut merupakan penggunaan terbaik dari uang yang kalian keluarkan? Jika bisa ada alternatif lain yang lebih bernilai mungkin harus kalian pikirkan lagi.

5. Bisakah kita bertahan tanpa barang itu untuk sementara?

Cobalah untuk menunggu beberapa waktu sebelum benar-benar membeli barang tertentu. Siapa tahu, sedikit perenungan di waktu itu akan membantu kalian menyadari hal lain yang menguatkan atau justru sebaliknya. Jangan impulsif.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tips Menstimulasi Anak Agar Gemar Membaca sejak Usia Dini

BERIKUTNYA

BTS Cetak Rekor YouTube lewat Video Klip DNA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: