Memajang lukisan di rumah (Sumber gambar: Pexels/Christa Grover)

6 Cara Memajang Lukisan di Rumah biar Terlihat Lebih Estetik

28 August 2022   |   21:02 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Rumah, biasanya bakal tampak beda bila ada lukisan di dalamnya. Karya seni ini bisa membuat interior rumah terasa lebih indah. Kemudian, dengan berbagai macam gaya dan objek, lukisan juga bisa membuat rumah lebih karakter. Eit, tenang dulu, soal memasang lukisan dalam rumah ini ada tata caranya juga.

Hal ini penting agar tujuan kita memperindah rumah dengan elemen lukisan tetap terjaga. Mengutip Bisnis Indonesia Weekend edisi 22 Januari 2017, Desain Interior Diana Nasir menuturkan, saat ini sangat tren memajang lukisan sebagai salah satu elemen mempercantik interior rumah. Hal tersebut didukung dengan banyaknya pameran lukisan yang membuat masyarakat semakin menghargai karya seni. 

“Pajangan lukisan itu malah makin marak, semua orang lebih in to art,” jelasnya. 

Baca juga: 2 Lukisan karya Affandi dengan Harga Fantastis Terjual di Art Jakarta 2022, Ini Pembelinya

Untuk itu, kalian harus cermat dalam memilih lukisan dan bagaimana meletakkannya dalam hunian agar tidak menganggu konsep interior rumah. Terkait hal ini, Diana mengatakan bahwa pemilihan lukisan harus memperhatikan beberapa hal. 
 

1. Perhatikan ukuran lukisan 

Dalam artian ukuran dan porsi lukisan terhadap bidang untuk meletakkan lukisan. Yang harus diperhatikan apakah diding tersebut sudah penuh, atau mungkin terlalu kecil. Sehingga ukuran lukisan harus menyesuaikan dengan bidangnya. 
 

2. Cek Jenis Lukisan

Dari segi pemilihan gaya lukisan, mengingat aliran lukisan yang banyak dan bisa bermacam-macam gaya. Pemilihan jenis lukisan ini sangat berpengaruh terhadap gaya interior ruangan secara keseluruhan. Jadi, mesti jeli ya. 
 

3. Pastikan Warna Lukisan

Pemilihan warna lukisan juga memiliki pengaruh besar. Untuk mendapatkan ruangan yang baik, kalian harus melihat komposisi warna yang sesuai. Dengan demikian, kita tidak disarankan asal dalam memajang lukisan. 
 

4. Bingkai karya seni 

Lukisan yang dipilih dapat dipajang dengan menggunakan bingkai ataupun tidak. Tergantung dari apa yang diinginkan. Bagi Anda yang memiliki rumah bergaya minimalis, maka disarankan menggunakan bingkai dengan corak sederhana. Hindari memilih bingkai yang sarat dengan ukiran karena terkesan berat. 
 

5. Pilih Dinding yang Sesuai

Hal yang tidak kalah penting adalah meletakkan lukisan di sisi dinding yang tepat. Dinding yang dekat dengan jendela atau pintu menjadi penting. Hal ini berkaitan dengan sirkulasi udara sehingga jauh dari kelembapan yang dapat merusak lukisan. Namun, posisi peletakannya harus benar-benar diperhatikan agar tidak mengganggu saat pintu atau jendela dibuka. 
 

6. Pemilihan gaya lukisan

Sementara itu, memilih tema lukisan untuk dijadikan sebagai bagian interior hunian juga perlu memperhatikan beberapa hal. 
 
  • Modern-Abstrak

Desainer interior Roland Adam mengatakan, lukisan yang cocok untuk hunian bergaya modern adalah lukisan abstrak. Alasannya, karena guratan-guratan kuas maupun bentuk-bentuk tak menentu dalam lukisan gaya ini dianggap selaras dengan konsep interior modern yang sederhana dan hangat.

Tak sebatas itu, lukisan abstrak yang bernuansa bebas dinilai sesuai dengan jiwa-jiwa penghuni muda. Pemilik hunian bergaya modern, pantang memasang lukisan-lukisan indah.  “Interior modern harus selalu lukisan abstrak. Baik itu rumah maupun apartemen,” ujarnya. 
 
  • Klasik-Pemandangan Alam 

Roland menjelaskan lukisan bertema pemandangan alam lebih cocok untuk rumah bergaya klasik. Lukisan bertema tersebut diyakini akan semakin memperkuat konsep rumah-rumah klasik, yang penuh dengan corak.  

Baca juga: Genhype, Ini Loh Lukisan Raden Saleh yang Mendunia

Mengenai penempatan lukisan di dalam hunian, Roland melihat tak ada aturan baku terkait hal itu. Soal ini dapat disesuaikan dengan keinginan penghuni apakah ingin meletakkan lukisannya di ruang tamu, ruang keluarga, atau tempat tidur. 


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Pasar Seni Menggeliat, CGartspace Jual Puluhan Karya di Art Jakarta 2022

BERIKUTNYA

Jangan Sampai Salah, Cek Syarat Terkini Naik Kereta & Pesawat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: