Profesi konten kreator kian diminati (Sumber gambar: Mikael Blomkvist/Pexels)

4 Kiat Sukses Jadi Konten Kreator Kuliner ala Andre Sarwono

28 August 2022   |   11:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Lebih dari sekadar menjadi saluran untuk membangun relasi dan berkreasi, media sosial juga turut berperan dalam melahirkan sebuah profesi baru yaitu konten kreator. Di tengah perkembangan transformasi digital yang semakin pesat, profesi konten kreator ini sekarang semakin bertumbuh menjadi sebuah ladang penghasilan yang cukup menjanjikan.

Tak ayal jika semakin banyak orang berlomba-lomba menekuni profesi yang satu ini, dengan membuat konten yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian warganet. 

Salah satu jenis konten yang populer di kalangan warganet adalah konten kuliner. Tak heran jika banyak konten kreator yang memilih untuk fokus membuat konten menarik seputar kuliner.

Baca jugaMau Jadi Kreator Konten Memasak? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Andre Sarwono, food vlogger terkenal asal Indonesia ini adalah salah satu contohnya. Sosok dibalik akun @makanterusss yang kini sukses memiliki lebih dari 2,3 juta pengikut di Instagram ini, aktif membagikan konten ulasannya saat mencicipi berbagai jenis kuliner baik lokal maupun mancanegara.

Pria kelahiran Samarinda, 2 Januari 1997 ini mengawali kariernya sebagai food vlogger sejak tahun 2015. Berawal dari kecintaannya pada dunia kuliner, Andre mencoba peruntungannya dengan membuat konten ulasan dari makanan yang dia cicipi di blognya, makanterusss.com.

Kerja keras dan konsistensi Andre dalam membuat konten kuliner akhirnya berbuah manis. Visual kontennya yang selalu menggugah selera berhasil mengantarkan akun media sosial dan blog makanterusss menjadi salah satu top referensi para pecinta kuliner. 

Bagi kalian yang ingin memulai sebagai konten kreator kuliner, Andre membagikan 4 kiat jitu yang bisa dipraktikkan untuk mendapatkan cuan melalui konten kuliner.
 

1. Bikin Konten yang Orisinal

Pada dasarnya, setiap individu memiliki karakter dan gaya yang berbeda-beda. Itulah mengapa Andre percaya bahwa menjadi diri sendiri adalah kunci utama saat ingin mulai membangun branding sebagai konten kreator di media sosial.

Kenali karakter diri sendiri agar kalian dapat menciptakan persona diri yang unik dan berbeda. Berusahalah untuk selalu utamakan orisinalitas diri, tidak meniru gaya orang lain. Jangan sampai karya yang sudah kalian buat justru tidak diapresiasi karena dianggap menjiplak.
 

Food vlogger Andre Sarwono (Sumber gambar: Shopee Food)

Food vlogger Andre Sarwono (Sumber gambar: Shopee Food)


2. Lakukan Riset dan Perkaya Referensi

Perputaran tren di media sosial terjadi dengan sangat dinamis. Pastikan agar kalian melakukan riset mendalam tentang tren yang sedang berkembang, sehingga kalian dapat membuat konten yang relevan bagi para audiens yang mau disasar.

Selain memantau perkembangan tren, kalian juga perlu memperkaya diri dengan mencari referensi dari para food vlogger lainnya untuk mendapatkan inspirasi dan mendorong kreativitas. 
 

3. Perhatikan Kualitas Visual dan Konten 

Konten kreator sangat bergantung pada tampilan dan kualitas konten yang ditampilkan. Saat membuat konten visual, pastikan agar kalian memperhatikan komposisi pengambilan gambar maupun video dengan baik.

Baca juga 4 Tips Bikin Konten Biar Dapat Reach Maksimal

Selain visual, kalian juga harus mencoba menampilkan informasi konten yang menarik, informatif, dan jujur. Kejujuran dari setiap ulasan yang kalian berikan dapat turut menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas dari sisi audiens. Jadi, usahakan setiap konten yang kalian posting dapat menarik perhatian audiens dan pastikan informasinya dapat dipertanggungjawabkan, ya!
 

4. Konsisten Membuat Konten

Membangun citra sebagai konten kreator memang tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Butuh konsistensi dan keseriusan untuk terus melakukan inovasi dalam pembuatan konten.

Kuncinya jangan pernah menyerah untuk terus belajar meningkatkan kualitas konten dan juga keahlian diri sendiri. Percaya pada prosesnya karena kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla

 

SEBELUMNYA

Fitri Setyaningsih Sukses Gelar Pertunjukan Tari Sleep Paralysis di Musim Seni Salihara 2022

BERIKUTNYA

Art Jakarta 2022 Hadirkan Bali Art Scene, Tampilkan Geliat Seni Rupa di Pulau Dewata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: