RM BTS dan Balming Tiger akan berkolaborasi untuk single SEXY NUKIM. (Sumber gambar BIGHIT MUSIC, Sony Music)

Balming Tiger X RM BTS Akan Rilis Single Kolaborasi pada September 2022

25 August 2022   |   09:00 WIB

Kolektif musik Korea Selatan Balming Tiger resmi mengumumkan kembalinya mereka melalui satu karya baru. Melalui Instagram resminya pada Rabu (24/8/2022), mereka mengumumkan kehadiran single terbaru berjudul SEXY NUKIM yang menggandeng RM BTS sebagai featuring.

Pengumuman karya ini dirilis bersamaan dengan cover art ilustrasi setiap anggota dengan rupa kartun dan variasi ekspresi. Ilustrasi digital ini dibuat oleh seniman visual Freddy Carrasco yang berdomisili di Jepang, di mana dia terbiasa bermain dengan berbagaik karya seni dalam ragam medium dari patung hingga animasi.

Baca juga: Asyik, Sub-Unit Pertama MAMAMOO+ Bakal Debut 30 Agustus

Bersamaan dengan pengumuman tanggal perilisan pada 1 September, cover art ini juga memberikan gambaran dari kedelapan anggota Balming Tiger dengan ilustrasi yang funky dan warna latar oranye yang terang. Namun, cover ini tidak memberikan gambaran tentang seperti apa musik dari SEXY NUKIM yang akan datang.
 
Newsen melaporkan bahwa single tersebut merupakan karya pertama pada tahun ini setelah satu setengah tahun. Karya terbaru mereka saat ini adalah album single JUST FUN!/LOOP? yang memiliki dua lagu berjudul sama. Bersamaan dengan itu, single ini juga merupakan kolaborasi individu RM pasca BTS mengumumkan hiatus untuk aktivitas grup demi memfokuskan diri pada aktivitas individu.

Pengumuman ini awalnya ditelisik kembali dari unggahan Balming Tiger pada 6 Agustus. Kala itu, semua anggota kolektif tersebut berfoto bersama RM dan OHHYUK di Incheon, Korea Selatan saat bertemu dalam festival musik Pentaport Rock Festival 2022. Kemudian, RM juga menunjukkan ketertarikan pada Balming Tiger setelah mengunggah lagu JUST FUN! di akun Instagramnya.
 

Dengan karakteristik musik Balming Tiger dan RM BTS untuk single ini, banyak penggemar penasaran dengan musik seperti apa yang akan dihadirkan. Hal ini terlihat dari foto teaser comeback Balming Tiger dengan setelan kemeja, dasi, blazer, dan celana panjang yang masih misterius.

Balming Tiger adalah kolektif musik berdomisili di Seoul yang menyajikan aliran musik dan seni alternatif. Hadir sejak 2018, grup di bawah naungan Sony Music ini dideskripsikan sebagai grup K-pop multinasional yang tidak terbatas pada satu aliran musik dan memiliki beragam aktivitas musik dengan prinsip stateless art.

 


Melansir i-D VICE, grup ini mengusung nama tersebut dari produk balsam populer Tiger Balm yang dianggap sebagai salah satu ikon dari pengaruh global Asia. Kolektif ini memiliki 10 anggota seperti San Yawn, Omega Sapien, Abyss, Jan'Qui, sogumm, wnjn, Unsinkable, Mudd the Student, Henson Hwang, dan Leesuho.
 
Dari 10 anggota itu, sembilan di antaranya bergerak di bidang seni beragam medium. Omega Sapien, sogumm, Mudd the Student, dan wnjn merupakan penyanyi dan penulis lagu; Unsinkable sebagai produser musik; San Yawn merupakan bagian dari manajemen grup; Jan'Qui dan Leesuho merupakan sutradara video klip; serta Henson merupakan editor. 

Single pertama mereka bertajuk I'm Sick yang dirilis bekerja sama dengan Dingo Music. Lagu ini ditulis oleh Jang Byung-un (kini sudah meninggalkan grup) dan No Identity. Kemudian, kolektif ini merilis single Armadillo pada 2019 dan Kolo Kolo pada 2020. 

Grup ini mulai dikenal dalam skala internasional setelah Kolo Kolo populer karena jenis musiknya yang beralih dari musik rap dengan perkusi ke jaz serta liriknya yang menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol. Tak hanya itu, terkenalnya grup ini juga karena tagar #hakunamatatachallenge yang sempat populer selama masa pandemi sebagai salah satu kampanye terhadap pendanaan darurat untuk gerakan tersebut.

Baca juga: Resmi, BTS Akan Adakan Konser Gratis BTS in Busan pada 15 Oktober

Balming Tiger sempat mendapatkan beberapa nominasi dan penghargaan. Kemenangan perdananya didapat saat lagu Armadillo masuk ke Music Video of the Year dalam Korean Hip-hop Awards 2020, sedangkan nominasinya didapat dalam lagu I'm Sick dalam kategori yang sama pada 2019 dan Kolo Kolo dalam nominasi Most Trashy dalam Berlin Music Video Awards 2020.

Di sisi lain, RM baru-baru ini mengumumkan perilisan buku foto Me, Myself, and RM: Entirety. Bersamaan dengan itu, BTS juga dikonfirmasi akan berpartisipasi dalam konser BTS in Busan sebagai bagian dari promosi untuk pemilihan tuan rumah acara World Expo 2030.


Editor: Roni Yunianto 

 

SEBELUMNYA

Flavs Festival 2022 Siap Digelar, Cek Daftar Lineup Finalnya!

BERIKUTNYA

Jadi Duta Bilateral Indonesia–Korea, Dita Karang Bakal Nyanyikan Indonesia Raya di Negeri Ginseng

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: