Ilustrasi minuman kopi (Sumber gambar - Unsplash - Demi DeHerrera)

Ikut Kemitraan Kopi Lain Hati, Begini Rincian Modal Awalnya

23 August 2022   |   17:45 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bisnis gerai kopi di Indonesia terus bermunculan dan sepertinya enggak pernah ada matinya. Buat kalian yang ingin memulai bisnis kopi bisa membangun brand sendiri, atau mengikuti paket waralaba yang kini banyak ditawarkan.

Salah satu brand kopi yang cukup familier dan dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia adalah Kopi Lain Hati. Brand kopi yang berada di bawah jaringan usaha Nikmat Group ini telah didirikan sejak 2018 dan resmi  menggandeng salah satu selebritas ternama tanah air yaitu Ririn Ekawati sejak 2019.

Baca juga: Simak Peluang Kemitraan Waroeng Steak and Shake yang Sudah Eksis 22 tahun

Meski baru berjalan sekitar 3 hingga 4 tahun, tetapi merek ini sudah berkembang cukup pesat, dengan jumlah cabang lebih dari 500 cabang yang  tersebar di 95 kota di Indonesia.

Dalam mengembangkan brand nya, Kopi Lain Hati konsisten menghadirkan kopi berkualitas dengan menambahkan unsur cinta di dalamnya sehingga konsumen tidak berpindah ke lain hati. Proses penyajiannya pun menggunakan konsep fresh to cup dengan kopi lokal khas Indonesia.

Untuk varian rasanya sendiri, Kopi Lain Hati menyediakan varian kopi dengan penamaan yang unik seperti Es Kopi Main Hati, Es Kopi Gemas, Es Kopi Valakor, Es Kopi Ketus, hingga Es Kopi Cemburu. Selain itu, ada pula menu non kopi sepert Es Susu Kenyal, Es Sakit Hati, Es Cuek, dan Es Lekat yang dibanderol mulai dari Rp18ribu per cup.

Di samping itu, ada pula kopi spesial series yang menjadi favorit yaitu Es Kopi Duda Keren yang memadukan espresso, susu, yang dipadu cream durian seharga Rp23.000 dan Es Kopi Advokat, yaitu espresso yang diberi campuran alpukat dan es krim coklat seharga Rp26.000. Bukan hanya menyediakan minuman, Kopi Lain Hati juga menawarkan menu camilan berupa donat.

Nah, bagi kalian yang ingin ikut menjadi mitra Kopi Lain Hati, ada beberapa keuntungan loh yang bisa didapatkan. Pertama, sebagai brand yag sudah dikenal, tentu akan lebih mudah menarik konsumen. Kedua, bisnis ini dimiliki oleh jaringan group yang sudah punya nama sehingga ada kualitas mutu dan rasa.

Ketiga, harga yang dijual terjangkau mulai dari Rp18 ribu dengan berbagai varian rasa. Keempat, biaya setup nya terbilang cukup rendah. Kelima, akan ada bantuan untuk marketing dan promosi. Keenam, modal awal yang cukup terjangkau dengan masa balik modal relatif lebih cepat.
 

Sistem Kemitraan

Namun, bagi kalian yang ingin ikut dalam sistem kemitraan Kopi Lain Hati, ada hal yang harus diperhatikan ya. Pertama, siapkan lokasi yang strategis misalnya di tempat keramaian seperti mall, bandara dan stasiun, bisa juga dipinggir jalan.

Kemudian, siapkan modal awal Rp75 juta. Modal tersebut sudah termasuk lisensi penggunaan merek Lain Hati selama 3 tahun, perlengkapan untuk 1 gerai, seragam karyawan 3 buah, media promosi, training dan buku SOP, standar design store oleh Kopi Lain Hati, dan sistem POS Kasir selama 1 tahun.  Namun paket tersebut tidak termasuk perangkat kasir, bahan baku, freezer, dan chiller.

Untuk lengkapnya, berikut perhitungan usaha paket waralaba Kopi Lain Hati.
 
Modal awal Rp75 juta (lisensi, peralatan, dan training)
Royalti fee  Rp1,5 juta/bulan
Estimasi biaya booth Rp30 juta
Estimasi penjualan
Rata-rata penjualan per hari 100 cup
Rata-rata nominal per transaksi Rp20.000
Total penjualan per bulan Rp60 juta
Harga pokok produksi Rp22,2 juta
Profit kotor Rp37,8 juta
Biaya operasional Rp17,15 juta
Profit bersih Rp20,65 juta
Titik impas/Break Event Point (BEP) 5 bulan
 

Proses Franchise

Jika kalian sudah yakin, maka ini tahapan proses franchise Kopi Lain Hati.
  1. Tahapan enquiry dan pencarian lokasi oleh waralaba
  2. Kontrak dan faktur
  3. Pembayaran
  4. Persiapan selama dua minggu
  5. Pengiriman selama satu minggu
  6. Pelatihan
  7. Pembukaan gerai
Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Fakta Dwarfisme, Penyebab Tinggi Badan Manusia di Bawah Rata-rata

BERIKUTNYA

5 Fakta Kaizen, Budaya Kerja Produktif Ala Jepang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: