Tongkonan, Rumah Adat Khas Tana Toraja (Sumber gambar: Heru Haryanto/Unsplash.com)

5 Destinasi Wisata Tana Toraja, Eksplorasi Budaya Khas Sulawesi Selatan

23 August 2022   |   16:44 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tana Toraja, sebuah kabupaten di sebelah utara Sulawesi Selatan yang menyimpan banyak wisata hingga destinasi menarik dan kental budaya khas. Kini Makale sebagai ibukota Tana Toraja siap menyambut wisatawan lokal hingga mancanegara.

Dengan jumlah penduduk 221.081 jiwa, Tana Toraja akrab dengan wisata yang berkaitan dengan budaya lokal masyarakat sekitarnya. Menjadi ikon pariwisata Sulawesi Selatan, Tana Toraja juga memiliki potensi yang berfokus pada kegiatan produksi tenun khas Tana Toraja.

Selain kegiatan produksi, Tana Toraja memiliki sejumlah destinasi menarik yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Genhype penasaran? Yuk simak!

Baca jugaYuk Intip 10 Destinasi Wisata yang Eksotis di Bulukumba


1. Bori Parinding

Identik dengan budaya pemakaman yang unik, Tana Toraja memiliki Bori Parinding sebagai tempat pemakaman kuno yang berusia lebih dari 100 tahun lalu.

Terdaftar sebagai cagar budaya, Bori Parinding juga menjadi tempat pemberlakukan upacara pemakaman bagi keluarga khusus bangsawan. Di sekitar Bori Parinding terdapat jajaran batu yang disebut sebagai simbuang, yang dibuat sebagai tanda dari orang yang sudah meninggal.

Tampak memiliki ukuran yang berbeda-beda, simbuang mewakili status sosial dari orang yang telah meninggal. Namun saat ini, simbuang lebih dipergunakan untuk mengikat hewan yang akan disembelih saat upacara berlangsung.
 

2. Kete Kesu

Kete Kesu merupakan sebuah desa dengan jajaran rumah khas Tana Toraja bernama tongkonan di sisi kanan dan kirinya. Dijadikan sebagai desa wisata, Kete Kesu tak hanya menampilkan rumah adat, melainkan juga kehidupan ala masyarakat Tana Toraja.

Di sisi lain Kete Kesu, wisatawan dapat melihat area pemakaman dalam tebing yang diperlihatkan dari banyaknya peti kayu yang tergantung dalam lubang tebing.

Selain di Bori Parinding, upacara pemakaman secara adat juga dilakukan di Kete Kesu sebagai bentuk sempurnanya kematian masyarakat Tana Toraja.
 

3. Pemakaman Londa

Masih identik dengan upacara adat pemakaman, Londa merupakan sebuah area pemakaman yang digunakan oleh para bangsawan di masa dahulu.
Pemakaman Londa dilengkapi lubang-lubang di tebing yang diisi oleh peti mati tradisional dari Toraja.

Baca jugaMa'Nene, Upacara Penggantian Pakaian Jenazah di Tana Toraja

Wisatawan akan melihat peti mati bentuk hewan yang tampak berbeda-beda di kuburan khusus bangsawan ini.
 

4. Kawasan Wisata Ollon

Beralih ke destinasi wisata yang jauh dari kesan mistis, Kawasan Wisata Ollon menjadi tempat yang menarik pengunjung karena bentuknya mirip dengan Bukit Teletubbies.

Lembah dengan rumput hijau mengesankan kesejukan udara di Tana Toraja yang kini menjadi wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Namun, akses ke Wisatta Ollon tidak terlalu mudah, sehingga disarankan untuk menggunakan motor atau mobil yang memiliki performa baik di area pegunungan.

Selain dapat menikmati sajian pemandangan alam, pengunjung juga bisa bermain di sungai pada bagian bawah lembah hingga berkunjung ke peternakan kuda. Dijamin kamu puas selfie sampai malam tiba.
 

5. Air Terjun Sirambu Sikore

Terletak di Lembang Salu, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, wisata Air Terjun Sirambu Sikore dapat dikunjungi jika Genhype mau bermain air.

Air terjun ini memiliki dua mata air yang berasal dari dua sungai berbeda yang kemudian bertemu dan jatuh ke wilayah yang lebih rendah. Memiliki ketinggian 90 meter, Air Terjun Sirambu Sikore akan mengaliri bebatuan tebing sebelum jatuh ke dasar kolam.

Nah Genhype, itulah beberapa wisata dan destinasi di wilayah Tana Toraja. Tertarik berkunjung?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

Seniman Tulus Warsito Kembali dengan Pameran Tunggal di Galeri Nasional Indonesia

BERIKUTNYA

Retro Tetapi Modern, Interior Mid-century Bisa Jadi Pilihan Mendesain Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: