Lev Tolstoy (Sumber gambar- Russian Trains)

Sensasi Menaiki Kereta Trans-Siberia: Semalam Bersama Leo Tolstoy

22 August 2022   |   14:43 WIB

Seperti apa rasanya bermalam di kereta dengan rute terpanjang di dunia? Pastinya mengasyikkan dan seru dong. Setidaknya hal itulah yang terjadi jika kalian menaiki kereta Trans-Siberia, yang memiliki trek paling panjang di dunia. Pengalaman langka tersebut pun pernah dituliskan oleh pencinta perjalanan Dhoni Ibrahim dalam laporan di Bisnis Indonesia Weekly edisi 1 Januari 2017. Yuk simak perjalanan mengsyikkan tersebut? 

Kereta malam tujuan Helsinki menjadi pilihan liburan singkat kali ini. Kereta mewah yang diberi nama ‘Leo Tolstoy’ diambil dari nama pengarang besar Rusia merupakan salah satu kereta malam yang menghubungkan Rusia dengan Eropa. Jalur ini menjadi jalur alternatif bagi pejalan yang ingin merasakan sensasi perjalanan kereta Trans-Siberia. 

Baca juga: Pengalaman Traveling ke Laos: Menapak Sejarah Negeri Seribu Gajah

Kereta Trans-Siberia merupakan jalur kereta api terpanjang di dunia. Melintang ke timur menghubungkan Moskwa dengan Vladivostok sejak 1916 dengan panjang lintasan sejauh 9.289 kilometer dan dapat ditempuh selama tujuh hari. Berbeda dengan kereta ke Vladivostok, jalur kereta dari Moskwa ke Helsinki relatif singkat. Perjalanan malam hari yang hanya memakan waktu 14 jam tidak akan terasa dengan fasilitas mewah yang ditawarkan. 

Anda bisa tertidur di Moskwa dan terbangun di Helsinki. Untuk menumpang kereta ini, tiket dapat dibeli secara online di beberapa website perjalanan lokal. Untuk harga yang sangat kompetitif dapat diperoleh melalui www. tutu.ru, website resmi untuk membeli tiket kereta semua jurusan di Rusia. Sayangnya, tiket untuk kembali dari Helsinki menuju Moskwa hanya dapat dibeli di situs lokal di Helsinki. Salah satunya melalui www.vr.fi. 
 

(Tangkapan Layar Bisnis Indonesia Weekend)

(Tangkapan Layar Bisnis Indonesia Weekend)

Tiket seharga 5.000 rubel - 20.000 rubel (Rp1 juta - Rp4 juta) yang terbagi atas tiga kelas, yaitu VIP, Kelas Pertama dan Kelas Dua. Kelas Dua untuk perjalanan ekonomi terdiri atas empat kompartemen yang masing-masing dijual secara terpisah. Anda bisa memilih posisi kompartemen (upper bed atau lower bed) pada saat melakukan pembelian tiket secara online. 
 

Pilih Posisi

 Jadi, jika Anda bepergian sendirian maka Anda akan berbagi ruangan dengan penumpang lainnya. Kelas Dua dilengkapi dengan tiga buah toilet yang terletak di ujung kiri dan kanan gerbong. Salah satu di antara toilet tersebut dilengkapi dengan fasilitas pancuran mandi. Untuk pilihan bisnis, Anda bisa memilih Kelas Pertama dan VIP. 

Kelas pertama terdiri atas dua kompartemen sedangkan VIP seluruh kompartemen hanya untuk satu orang dan dilengkapi dengan kamar mandi, DVD dan TV pribadi. Seluruh kelas dilengkapi dengan air minum, camilan, handuk, safety box dan kartu akses yang diberikan kepada masing-masing penumpang. Pemeriksaan imigrasi dilakukan sebanyak dua kali, saat keluar dari Rusia dan saat memasuki wilayah Finlandia. 

Pemeriksaan dilakukan secara on board dengan mengunjungi kompartemen masing-masing penumpang. Prosesnya terbilang cukup cepat. Anda bahkan tidak perlu beranjak dari tempat tidur. Gerbong restoran untuk penumpang yang ingin merasakan bersantap makan di kereta terletak di tengah-tengah menawarkan cukup banyak pilihan menu. 

Anda bisa memilih sarapan dengan makanan lokal dari Finlandia dan Rusia atau segelas kopi di pagi hari sambil menikmati pemandangan salju, hutan pinus, dan deretan dacha, rumah perdesan ala Rusia yang berwarna-warni sampai kereta mendekati tujuan akhir. 

Baca juga: Wisata Antimainstream ke Pulau Kemaro, Ada Legenda Suci Hingga Pohon Cinta

Perjalanan yang dimulai pukul 23.10 di Stasiun Leningrad, Moskwa, berakhir di Stasiun Helsingfors, Helsinki, sekitar pukul 12.27 keesokan harinya. Perjalanan yang terasa sangat pendek dibandingkan dengan ke Vladivostok kelak. Hitung-hitung untuk merasakan sensasinya, sebuah perjalanan pemanasan sebelum perjalanan sebenarnya ke Vladivostok pada liburan mendatang.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Harry Styles Hadirkan Energi Positif pada Love on Tour 2022 di Madison Square Garden

BERIKUTNYA

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Pangalengan, Cocok Buat Healing Sejenak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: