Pantai Losari (Sumber gambar: Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan)

10 Destinasi Wisata di Makassar Ini Wajib Masuk Bucketlist Liburan Kalian

03 August 2022   |   16:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai kota terbesar di Indonesia Timur, Makassar menyimpan segudang destinasi wisata yang menarik. Tak hanya Fort Rotterdam atau Pantai Losari yang sudah terkenal di kalangan wisatawan, sederet tempat wisata pun menarik untuk dieksplorasi lebih jauh jika kalian berkunjung ke Makassar.

Kota metropolitan yang dahulu bernama Ujung Pandang ini juga terbilang cukup ramai. Sebab, Makassar merupakan rumah bagi beragam suku seperti Bugis, Toraja, Mandar, hingga Buton. Apabila ingin melihat tempat-tempat menarik Makassar, kalian dapat mengunjungi situs sejarah, berjalan-jalan menyusuri jalan setapak menuju pantai, menikmati suguhan kuliner khas, dan mengunjungi beberapa landmark arsitektur kota.

Supaya lebih afdal, Hypeabis.id telah rangkum daftar destinasi wisata di Makassar, yang wajib kalian sambangi. Apa saja? Yuk simak informasi berikut ini: 

 

1. Pantai Losari

 

(Pantai Losari (Sumber gambar: Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan)

(Pantai Losari (Sumber gambar: Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan)

Pantai Losari boleh dibilang menjadi ikon wisata dari Makassar, sehingga tak sah rasanya jika kalian ke Makassar belum mengunjungi pantai satu ini. Pantai Losari berada di sebelah barat Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang disuguhkan oleh pantai ini. Biasanya, wisatawan akan mengunjungi pantai ini pada sore hari menjelang matahari tenggelam, untuk melihat langsung indahnya pemandangan sunset atau matahari tenggelam di sekitar Pantai Losari.
 

2. Benteng Fort Rotterdam

 

Benteng Fort Rotterdam (Sumber gambar: Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan)

Benteng Fort Rotterdam (Sumber gambar: Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan)

Jika kalian suka dengan wisata sejarah, wajib mengunjungi Benteng Fort Rotterdam yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Losari. Benteng Fort Rotterdam menjadi salah satu tempat bersejarah bagi masyarakat Makassar. Hal ini dikarenakan benteng tersebut merupakan peninggalan dari Kerajaan Gowa-Tallo.

Ketika berkunjung ke benteng ini, kalian akan merasakan nuansa kolonial yang kental lantaran arsitektur bangunannya yang bergaya Eropa. Untuk diketahui, di bagian pojok benteng terdapat ruangan penjara yang pada zaman dahulu pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro.
 

3. Leang-leang

 

(Sumber gambar)

Leang-Leang (Sumber gambar: Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan)

Selain Benteng Fort Rotterdam, kalian juga bisa berwisata sejarah di Leang-leang. Memiliki lanskap seperti pulau terpencil di film Jurassic Park, Leang-Leang adalah taman prasejarah di Kota Maros, tak jauh dari Makassar.

Saat berkunjung ke destinasi wisata satu ini,  kalian bisa melihat langsung peninggalan manusia purba yang menghuni gua tersebut pada tahun 5.000 SM. Selain artefak, ada juha lukisan dinding di Gua Pettae yaitu gambar babi rusa sedang loncat dengan anak panah di bagian dada dan gambar telapak tangan manusia purba.
 

4. Lappa Laona

 

(Sumber gambar)

Lappa Laona (Sumber gambar: Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan)

Salah satu destinasi wisata di Makassar favorit wisatawan ini berada di kawasan perbukitan Kabupaten Barru, sekitar 3 jam berkendara dari kota Makassar. Lappa Laona menawarkan pemandangan yang indah dengan rumah-rumah kecil berbentuk segitiga.

Selain menjadi tempat untuk berkemah, kawasan wisata di Lappa Laona ini juga menyediakan fasilitas mountain bike park dan juga wahana flying fox. Tak ketinggalan, kalian juga bisa menemukan banyak spot foto menarik di tempat ini seperti di Uno Stones, tengah padang rumput, dan gazebo.
 

5. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

 

(Sumber gambar)

(Sumber gambar: menlhk.go.id)

Taman nasional yang lebih dikenal dengan nama TN Babul ini berada di kawasan seluas 43 hektare dengan kekayaan alam dan faunanya. TN Babul menawarkan beberapa objek wisata, seperti Rammang-Rammang di mana terdapat Goa Mimpi, Goa Batu, dan hutan batu kapur, The Kingdom of Butterflies di mana kalian bisa melihat banyak spesies kupu-kupu termasuk yang langka, Air Terjun Bantimurung, dan Gunung Bulusaraung.
1
2


SEBELUMNYA

Laris Manis, Cek Peluang Kemitraan Kopi Kulo dan XiBoBa

BERIKUTNYA

Festival Bunga Tomohon Digelar Lagi, Yuk Cek Jadwal Penerbangannya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: