Putih Abu-Abu (Sumber gambar: Warner Music Indonesia)

Grup Vokal Putih Abu-Abu Rilis Mini Album Perdana Berjudul Tribute, Persembahan untuk Melly Goeslaw

22 August 2022   |   15:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah menyanyikan ulang (cover) beberapa lagu milik Melly Goeslaw, grup vokal Putih Abu-Abu akhirnya merilis mini album perdana mereka bertajuk Tribute. Seperti namanya, mini album ini merupakan persembahan Putih Abu-Abu untuk Melly Goeslaw, di mana di dalamnya berisi lima lagu ciptaan Melly, yaitu Bunda, Bimbang, Butterfly, Ayat-Ayat Cinta, dan Cinta.

Putih Abu-Abu membawakan lima lagu milik Melly Goeslaw dengan versi mereka . Kelima lagu tersebut disajikan dengan gaya pop easy-listening dan aransemen yang sesuai dengan profil vokal masing-masing personel. Adapun, lagu Cinta menjadi lagu terakhir yang masuk ke dalam mini album sekaligus menjadi single utama album tersebut.

Baca juga: Putih Abu-Abu Remake Lagu Hit Ayat-Ayat Cinta Ciptaan Melly Goeslaw

Salah satu personel Putih Abu-Abu, Alma, mengatakan secara garis besar, mini album ini memiliki cerita yakni tentang persahabatan yang sudah terjalin lama, yang saling mendukung dalam suka dan duka. Namun, persahabatan itu kemudian diuji oleh sebuah konflik, lantaran ego masing-masing orang dalam persahabatan itu.

“Disini [ingin] mengedukasi kaum muda dalam pertemanan, dimana banyak contoh persahabatan hancur seketika saat ego masing-masing muncul," ujarnya dalam rilis pers yang diterima Hypeabis.id, Senin (22/8/2022).
 

f

Putih Abu-Abu (Sumber gambar: Warner Music Indonesia)

Diakui semua personel bahwa tantangan dalam membawakan lagu-lagu yang sudah lebih dahulu terkenal hingga saat ini tidaklah mudah. Namun, Putih Abu-Abu berusaha menjadikan lagu-lagu tersebut dengan ciri khas mereka yakni harmonisme suara masing-masing personel di tiap lagunya.

“Total pengerjaan [mini album Tribute] sendiri hampir satu tahun dari single pertama Bunda yang rilis tahun 2021. Pengalamannya banyak banget dan menantang karena kami harus menyatu," ujar Cheryl, personel Putih Abu-Abu.

Begitupun dengan Intan, personel lain Putih Abu-Abu, yang mengatakan bahwa selama penggarapan mini album tersebut seluruh personel harus menekan ego pribadinya masing-masing, salah satunya dengan belajar menghargai waktu dan orang lain.
 

Konsep Album

Secara konsep, mini album Tribute sendiri memiliki jalinan cerita satu sama lain yang secara garis besar menceritakan tentang persahabatan dengan bumbu-bumbu percintaan khas remaja.

“Kalau aku tantangannya saat berakting dari aku yang kadang suka lemot harus memerankan karakter yang menarik, happy dan easy going," kata Reikhansa, personel lain Putih Abu-Abu.

Baca juga: Melly Goeslaw Garap OST Film Kadet 1947

Mereka pun berharap mini album perdana ini dapat diterima dengan hangat oleh para pendengar musik di Indonesia dan bisa terus melekat di ingatan para penggemar mereka. "Harapannya walaupun kita recycle dengan genre yang sedikit berbeda tapi pendengar bisa ingat kalo lagu yang ini penyanyinya itu Putih Abu-Abu," kata Alma.

Kolaborasi Putih Abu-Abu dengan Melly Goeslaw tidak hanya pada lagu saja. Putih Abu-Abu juga membuat beragam konten bersama Melly, salah satunya adalah konten talkshow Behind The Scene lagu-lagu ikonik Melly Goeslaw, yang pernah di-remake oleh mereka. Konten lainnya yakni seputar perjalanan karier Melly Goeslaw di industri musik, dan permainan bersama yang sudah bisa dinikmati di kanal YouTube Putih Abu-Abu.
 

Putih Abu-Abu adalah grup kolaborasi kreatif antara mantan guru dan mantan siswi SMK di Cianjur, Jawa Barat. Personelnya terdiri atas Cheryll FS (Cheryll), Tiara Kamilah (Taya), Karina Amelia Putri (Karin), Alma Thania (Alma), Reikhansa Dinda Agnia, dan Neneng Intan (Intan).

Putih Abu-Abu memulai karier bermusik mereka di YouTube. Mereka aktif membuat video cover dan beberapa videonya sempat trending di platform tersebut. Hingga saat ini, beberapa video cover mereka telah ditonton puluhan juta kali di YouTube seperti Bagaikan Langit sudah ditonton 74 juta kali, Dance Monkey ditonton 40 juta kali, dan Aisyah Istri Rasulullah ditonton 19 juta kali.

Sebelumnya, mereka telah merilis beberapa single yakni Nestapa, Hayu Gaskeun Ah, Sudahi Saja, Merindumu, Denganmu, Karena Kau Tak Ada, dan Assholatu Imaduddin

Baca juga: Ekspresi Kasmaran Putih Abu-Abu dalam Cover Lagu Butterfly

Mereka juga telah membuat versi remake beberapa single ciptaan Melly Goeslaw seperti Butterfly, Bimbang, Bunda, Bagaikan Langit dan Mungkin. Kelima lagu itupun telah ditonton jutaan views di kanal YouTube Putih Abu-Abu, yang memiliki 6,5 juta subscribers dengan total lebih dari 1,4 miliar views.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Terdapat Kandungan Zat Kimia, Alasan Kenapa Kalian Enggak Boleh Lagi Minum Air Hujan

BERIKUTNYA

Tampil Energik, Britney Spears Unggah Video Dance Feel It Still

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: