Film Sayap-Sayap Patah (Sumber gambar: Instagram.com/Sayapsayappatahfilm

5 Fakta Menarik Film Sayap-Sayap Patah, Kisah Nyata Perjuangan Anggota Densus 88

20 August 2022   |   15:59 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sentuhan patriotisme kembali menghiasi dunia perfilman Indonesia lewat film Sayap-Sayap Patah. Film yang dibintangi aktor dan aktris legendaris seperti Nicholas Saputra dan Ariel Tatum tersebut memiliki latar belakang kisah tragis yang diangkat dari kisah nyata.

Tayang pada 18 Agustus 2022, film Sayap-Sayap Patah mengisahkan kehidupan pasangan suami istri bernama Aji dan Nani. Aji yang berprofesi sebagai anggota Densus 88 harus menghadapi situasi kerusuhan hingga perjuangan hidup bersama sang istri.

Baca juga: Film Kadet 1947 Tampilkan Adegan Dramatis

Di balik penayangannya, film karya Rudi Soejarwo ini memiliki banyak fakta menarik mulai dari pujian pejabat atas film Sayap-Sayap Patah hingga kejadian menarik saat syuting. Hypeabis.id merangkum berbagai fakta menarik dari film Sayap-Sayap Patah. Yuk Genhype kita simak!
 

1. Diadaptasi dari kisah nyata.

Mengambil latar belakang peristiwa kerusuhan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok pada 2018, film Sayap-Sayap Patah mengadaptasi kisah nyata dari kejadian yang turut menewaskan 5 orang anggota Densus 88.
Nicholas Saputra yang berperan sebagai Aji, mengaku melakukan acting dengan totalitas sebagai anggota Densus 88 sesuai dengan mengikuti kisah nyatanya.

Karena film ini cukup mengisahkan kehidupan anggota Densus 88, tak heran jika kantor polisi menjadi salah satu tempat syuting yang cukup sering disorot. Sayap-Sayap Patah memiliki premis seorang anggota polisi yang tewas dalam sebuah kasus penyanderaan. Film ini juga diharapkan mampu menjadi peristiwa yang diingat oleh masyarakat Indonesia sebagai sebuah momen sejarah.
 

2. Mimpi sang sutradara.

Rudi Soedjarwo selaku Sutradara film Sayap-Sayap Patah mengaku ayahnya memiliki mimpi agar sang anak menjadi polisi seperti dirinya di kemudian hari. Namun, berselang 50 tahun kemudian, Rudi menyebut dirinya tidak menjadi polisi melainkan menceritakan lika liku kehidupan seorang polisi melalui film besutannya yakni Sayap-Sayap Patah.

"Gue gak jadi polisi, gue jadi seseorang yang bikin filmdrama tentang kehidupan polisi. Gue bersyukur dapat kesempatan ini sehingga bisa meneruskan perjuangan dan harapan bapak untuk berbagi cerita tentang kehidupan polisi di film," kata Rudi di kutip dari akun Instagram @rudisoedjarwo.
 

3. Pemilihan Nicholas Saputra sebagai pemeran utama.

Aktor menjadi salah satu kunci suksesnya penyampaian cerita dari sutradara kepada penontonnya. Rudi Soedjarwo mengaku pemilihan Nicholas Saputra sebagai pemeran utama bukanlah sebuah kebetulan. "Saya memang pernah membayangkan seandainya ada film tentang karakter polisi, Nico-lah pilihan saya. Kami berdua sudah berproses cukup lama sebagai film maker sehingga pertemuan ini seperti menggabungkan sisi terbaik kami berdua secara kreatif dan spiritual," katanya.
 

4. Ariel Tatum serius mendalami karakter ibu hamil.

Menjadi ibu hamil dalam film Sayap-Sayap Patah, Ariel Tatum yang berperan sebagai Nani berusaha mendalami karakter sebagai seorang ibu hamil yang merupakan istri seorang polisi. Ariel Tatum juga melakukan riset bagaimana kehidupan seorang istri dari anggota Densus 88 yang dinilainya cukup menantang.

Adengan kehamilan Ariel Tatum ini sempat membuat media sosial Twitter gempar melalui trending topic dengan total 18.000 tweets menjelang penayangan film tersebut.
 

5. Menuai pujian pejabat daerah.

Aksi heroik yang disajikan pemeran dalam film Sayap-Sayap Patah membuat salah satu pejabat daerah yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merasa takjub. Ganjar mengapresiasi film Sayap-Sayap Patah ini sebagai salah satu tanda bergeliatnya industri film Indonesia yang mengangkat tentang pesan kemanusiaan.

Pertama, film kemudian menggeliat kembali, pesan-pesan kebangsaan dan kemanusiaan ada, dan kemudian industrinya jalan lagi sehingga kita harapkan film Indonesia ini bangkit kembali. Kedua, ternyata memunculkan ide-ide berikutnya untuk membuat film dari peristiwa besar, dan menjadi sesuatu yang menarik,” jelas Ganjar Prnowo yang dikutip dari situs resmi Provinsi Jawa Tengah jatengprov.go.id.

Baca juga: Film Kadet 1947 Tawarkan Film Sejarah Indonesia untuk Anak Muda

Selain itu, melalui akun Instagram pribadinya, Ganjar Pranowo menyarankan warganet untuk menonton film Sayap-Sayap Patah. “Kamu harus nonton film ini. Benar-benar mengaduk perasaan. Dari film ini kita tahu, bahwa akan selalu ada orang-orang baik dalam setiap instansi,” tulisnya.

Gimana Genhype, tertarik untuk menonton keseruan film Sayap-Sayap Patah? Genhype bisa menyaksikan official trailer film Sayap-Sayap Patah berikut. Jangan sampai ketinggalan ya!

 


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Mencuri Raden Saleh Bukti Film Indonesia Mampu Eksplorasi Genre

BERIKUTNYA

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Netbook dan Notebook

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: