Ilustrasi Notebook (Sumber gambar: Avel Chuklanov/Unsplash.com)

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Netbook dan Notebook

20 August 2022   |   16:26 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kecanggihan teknologi komputer tak hanya membuat perangkatnya semakin cepat, melaikan juga lebih praktis dan fleksibel secara tampilan. Tak heran, banyak orang yang mulai memilih penggunaan laptop, netbook, atau notebook untuk keperluan kerja dan pendidikan.

Berbeda dengan komputer yang tak bisa dibawa bepergian saat digunakan, penggunaan laptop dan sejenisnya justru lebih memudahkan penggunanya saat hendak beraktivitas diluar.

Berkembangnya teknologi turut membuat ukuran dan dimensi gawai semakin kecil dan praktis digunakan. Notebook dan netbook menjadi dua dari beberapa contoh perangkat yang sering terlihat di area perkantoran untuk urusan pekerjaan di luar ruangan.

Baca juga: 2 Rekomendasi Laptop Premium Buat Para Content Creator

Namun, banyak yang belum mengetahui perbedaan notebook dan netbook karena keduanya tampak tak memiliki perbedaan.

Netbook dan notebook termasuk dalam kategori komputer dengan perbedaan yang sangat tipis. Netbook adalah perangkat ultraportabel yang dirancang untuk fokus pada pengguna yang menginginkan akses Internet yang mudah kapan saja. Sementara itu, notebook adalah laptop ringan yang dirancang untuk menggantikan komputer desktop dengan tingkat kinerja serupa.

Jika dibandingkan dengan notebook, kehadiran netbook relatif baru. Gawai itu masuk ke pasar komputer pada 2007 dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan notebook. Adapun, netbook dirancang dengan desain kompak, ringan, lebih murah, namun performanya tidak sekuat notebook.

Dari segi fungsi, netbook sangat ideal untuk pekerjaan ringan seperti; browsing internet, mengirim dan menerima email, perhitungan spreadsheet, dan mengakses aplikasi berbasis web. Di sisi lain, notebook memiliki kecepatan prosesor yang relatif lebih besar dan cocok untuk pekerjaan seperti; multimedia, bermain game, menonton film, dan penggunaan aplikasi berat lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak apa saja perbedaan netbook dan notebook agar Genhype tidak salah pilih.
 

1. Dimensi dan Bobot

Memiliki dimensi yang sedikit lebih besar daripada netbook, tak heran jika bobot notebook juga akan lebih berat. Akan sulit membedakan keduanya jika hanya melihat dimensi dan bobotnya. Biasanya, netbook memiliki berat 0,9 kilogram hingga 1,4 kilogram dengan perbedaan bobot sekitar 500 gram antara notebook

Netbook yang kompak juga tidak dilengkapi dengan drive CD, hard drive platter, colokan Ethernet, bahkan komponen periferal lainnya seperti keyboard sehingga lebih ringan. Ukurannya yang lebih kecil membuat dimensi layar netbook terbatas pada kisaran 6-13 inci. Sementara itu, notebook memiliki ukuran layar mulai dari 13-18 inci. 


2. Kekuatan Baterai

Netbook memiliki keunggulan dibandingkan notebook dalam hal daya tahan baterai. Netbook dirancang untuk menjadi perangkat komputasi kecil dengan hanya perangkat keras dasar yang terpasang. Karena parameter ukuran dan ruang, netbook tidak memiliki optical drive dan layar yang lebih besar sehingga mampu menambah daya tahan baterai jika dibandingkan dengan notebook.
 

3. Dukungan Prosesor

Notebook akan cenderung digunakan pengguna yang memiliki kebutuhan pekerjaan khusus dan berat. Kecepatan pemrosesan dan fitur lainnya sama dengan komputer laptop besar. Netbook dirancang untuk aplikasi berbasis web yang tidak memerlukan prosesor canggih. Oleh karena itu prosesor di netbook dirancang untuk memiliki kecepatan clocking yang relatif rendah dibandingkan dengan notebook.


4. Spesfikasi

Mendukung berbagai program dan pekerjaan berat, notebook dihadirkan dengan berbagai spesifikasi yang unggul, seperti penggunaan sistem operasi hingga RAM yang ditawarkan. Sementara netbook cenderung hadir dengan spesifikasi standar yang artinya tidak seunggul notebook. Maka kualitas grafis antara netbook dan notebook pun akan tampak berbeda.

Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan dalam netbook adalah sekitar 80 hingga 160GB sementara notebook menawarkan kapasitas penyimpanan 300 hingga 800 GB.
 

5. Harga

Dari segi harga, netbook tersedia di pasaran dengan harga kurang dari setengah harga notebook high-end konvensional. Keunggulan serta fitur yang lebih lengkap jelas membuat harga notebook jauh lebih tinggi. Sebuah netbook berharga sekitar Rp3 juta sampai Rp6 juta sementara notebook berkisar dari Rp6 juta sampai Rp20 juta.

Jadi, Genhype lebih pilih Notebook atau Netbook, nih?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Film Sayap-Sayap Patah, Kisah Nyata Perjuangan Anggota Densus 88

BERIKUTNYA

Cerita Dira Sugandi & Lukman Sardi Mainkan Monolog Di Tepi Sejarah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: