Pevita Pearce sebagai Sri Asih. (Sumber gambar: Screenplay Bumilangit)

Tayang 6 Oktober, Sutradara Rahasiakan Sosok Sri Asih yang Bakal Muncul

12 August 2022   |   22:40 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sutradara Upi Avianto akhirnya mengumumkan tanggal penanyangan film Sri Asih. Film yang merupakan bagian dari Jagat Sinema Bumilangit dan diproduksi selama empat tahun ini akan tayang pada Oktober mendatang. 

Adapun ada 6 Juli 2022, rumah produksi Screenplay Bumilangit telah dahulu merilis teaser perdana film Sri Asih. Penonton pun makin penasaran dengan karakter kedua yang akan muncul dari total tujuh karakter pahlawan super dalam Jagat Sinema Bumilangit.

“Sri Asih akan tayang tanggal 6 Oktober ini,” ungkap Upi secara virtual di akun Twitter Sri Asih, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Kenalan dengan 3 Karakter di Balik Sri Asih & Kekuatannya

Karakter Sri Asih adalah adisatria (pahlawan super) pertama yang tampil dalam cerita bergambar Indonesia buatan komikus RA Kosasih. Jagoan wanita ini muncul pertama kali pada 1953.

Sejatinya dalam cerita komik yang dibuat RA Kosasih itu, ada tiga pemeran utama yang berasal dari tiga generasi berbeda. Ketiganya adalah Nani Wijaya, Rengganis, dan Alana yang tidak memiliki keterikatan darah.

Namun versi mana yang dipilih dalam film ini? Upi tidak mau mengungkapkannya lebih detail. Namun yang pasti, cerita ini tidak lepas dari ruh yang digambarkan RA Kosasih. 

“Sri Asih ada berbagai macam versi komik. Ada versi Bapak Kosasih, Rengganis, ada Nani Wijaya. Yang saat ini, ceritanya, spirit-nya, diambil dari semua komik itu,” tuturnya. 
 

Di dalam filmnnya nanti, Upi pun menyampaikan akan ada adegan-adegan yang dipersembahkan khusus untuk Si Mpunya komik. Dia menuturkan saat membuat naskah, Upi bertekad untuk membuat cerita baru namun mengambil spirit dari komik buatan RA Kosasih. 

“Bagaimanapun juga, gue merasa gue harus bikin. Nanti lihat saja sendiri. Nanti saat nonton filmnya, pasti kalian akan lihat, oh ini. Itu khusus gue bikin tribute untuk Bapak Kosasih,” ungkapnya. 

Sementara itu, Joko Anwar yang ikut menulis naskah film Sri Asih mengatakan pemilihan 6 Oktober 2022 sebagai tanggal perilisan film ini, tidak terlepas dari faktor marketing

“Kita menjaga kerahasiaan Bumilangit Universe termasuk Sri Asih. Jadi lebih bisa dinikmati. Ini passion project dari kita di Jagat Sinema Bumilangit,” ujarnya. 
 

3 Karakter Sri Asih

Dalam karakter komik buatan RA Kosasih, Sri Asih diketahui memiliki kekuatan dari dewa. Tepatnya, dia merupakan titisan Dewi Sri, yang dikenal sebagai Dewi Keadilan. Nani Wijaya, gadis yang bekerja sebagai penyidik independen atau jurnalis menjadi orang pertama yang mendapatkan gelar Sri Asih tersebut.

Nani sering berkeliling dunia untuk menghentikan kejahatan yang dilakukan oleh berbagai pelaku kriminal dan jaringan mafia dunia.

Dengan gelar Sang Dewi Keadilan yang didapatkannya, dia memiliki keterhubungan dengan para leluhur serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan berbagai kekuatan berbagai jiwa ke dalam tubuh Sri Asih.

Kedua, ada karakter Rengganis yang berasal dari Pulau Kalimantan. Perempuan yang disapa Ganis ini digambarkan sebagai seorang aktivis sosial dan lingkungan hidup yang punya idealisme dan kegigihan. Karena kemampuannya itu, dia kemudian terpilih menjadi penerus Sri Asih setelah Nani Wijaya.
 

Cerita dalam versi komik Revolusi: Saga (2018) mengungkapkan bahwa Ganis sudah lolos dalam ujian tahapan pertama, di mana dia harus melawan sang ayah yang terlibat dalam sebuah sindikat rahasia. Setelahnya, dia diketahui masih melakukan rangkaian ujian agar dianggap layak untuk meneruskan gelar Sri Asih.

Ketiga, Alana adalah penerus terbaru dari gelar Sri Asih. Berdasarkan kisah webtoon lokal Sri Asih: Celestial Goddess (2020), perempuan yang tengah menempuh pendidikan sekolah menengah atas (SMA) itu dikenal sebagai remaja yang cool dan penuh percaya diri. Kisahnya menjadi Sri Asih sendiri bermula saat dia mendapatkan panggilan batin dari Dewi Asih saat teman-temannya kerasukan roh jahat.

Meski sejak kecil sudah mampu melihat makhluk supranatural, dia sempat merasa ketakutan dan berusaha menyembunyikannya hingga akhirnya dia mendapatkan kekuatan khusus untuk menyelamatkan teman-temannya. Persetujuan ini membuat kehidupannya berubah dan Alana memiliki kekuatan sebagai Sri Asih untuk memberantas energi jahat di dunia.

Ketiga karakter dari Sri Asih memiliki beragam kekuatan dan kelebihannya. Beberapa di antaranya masih terkait dengan dunia supranatural, sedangkan lainnya terkait dengan kekuatan super yang lebih besar daripada kekuatan manusia pada umumnya.

Perbedaan ini dikarenakan ide dan pengembangan dari karakter Sri Asih dalam setiap versi oleh berbagai kreator berbeda, kendati bahwa dasar dari karakter ini sama-sama menggunakan rujukan karakter Sri Asih buatan R.A Kosasih.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Wisata Olahraga yang Seru Ala Phuket

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Film Laal Singh Chaddha, Forrest Gump Versi India

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: