Suasana di di Pantai Phuket, Thailand. (sumber gambar: jibi)

Wisata Olahraga yang Seru Ala Phuket

12 August 2022   |   21:00 WIB

Phuket merupakan wilayah kepulauan di bagian selatan Thailand yang sebelumnya identik dengan wisata pantai, kuil, dan kehidupan malam. Namun kawasan ini telah lama mengubah wajahnya, dengan gencar menawarkan alternatif kegiatan baru bagi para pelancong, yakni wisata olahraga alias sport tourism.

Terbentang di area seluas 576 km2, Phuket dikelilingi oleh 32 pulau kecil yang keindahannya termasyhur. Film James Bond: The Man With The Golden Gun bahkan menampilkan salah satu pulau kecil tersebut, Khao Phing Kan, sebagai latar belakang sejumlah adegan.

Pulau yang di masa lalu merupakan jalur perdagangan antara India-China ini juga kaya akan nilai sejarah budaya. Kita dapat menemukan sisa peninggalan arsitektur bergaya  Sino-Portugis di wilayah Old Phuket Town, kuil Budha di Wat Chalong, hingga kuliner khas Thailand maupun peranakan di kisaran Pantai Patong.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Anak Seru & Edukatif di Jakarta

Pascabencana Tsunami 2004 yang menewaskan ribuan orang dan menghancurkan ratusan bangunan di wilayah pantai barat, Phuket terus berbenah. Hotel dan resort dibangun ulang, hingga tidak lagi nampak bekas tragedi tersebut. Berbagai promosi dan atraksi wisata diluncurkan untuk menarik para turis agar kembali berkunjung.

Hal itu terus dilakukan hingga kini. Sejumlah pengusaha akhirnya mulai mengintip ceruk baru yang rupanya dapat dikembangkan, yakni olah raga, menyusul maraknya tren gaya hidup aktif terutama di kalangan menengah ke atas.

Bagi mereka yang jatuh cinta pada keindahan Pulau Phuket, tetapi sudah bosan dengan atraksi wisata ‘foto, makan, dan belanja’, kompetisi maupun sekedar latihan olahraga dapat menjadi opsi yang layak dipertimbangkan.

KOMPETISI DUNIA
Kompetisi olahraga internasional yang menarik para atlet dari berbagai belahan dunia untuk ikut serta adalah Laguna Phuket Triathlon. Even tahunan yang diselenggarakan sejak 1994 ini memiliki trek terpanjang di Asia.

Laguna Phuket Triathlon memperlombakan tiga cabang olah raga, yakni renang dengan jarak sejauh 18 km, bersepeda sepanjang 55 km, dan lari 12 km. Tentu saja sebagian besar peserta adalah para atlet yang sudah terlatih.

Rute yang menjadi latar belakang perlombaan adalah pantai dan area perbukitan di Phuket. Bagi mereka penggemar renang, bersepeda, dan lari, ajang tersebut menjadi destinasi yang menantang.  Selain itu, jika membicarakan soal olahraga di Thailand, tentu tidak mungkin melewatkan seni bela diri bernama Muay Thai atau kickboxing ala orang Thai, yang mengombinasikan tinju, tendangan, dan sikutan.

Muay thai memang sudah akrab di telinga. Arena latihan jenis olah raga ini dapat ditemukan di Jakarta, tetapi latihan di tempat aslinya tentu akan menimbulkan sensasi yang berbeda. Di Phuket, ada belasan tempat latihan Muay Thai untuk pria maupun wanita, bahkan bagi anak-anak-anak usia lima hingga 10 tahun.

Pada umumnya, para pelatih merupakan mantan atlet profesional cabang olah raga itu sendiri. Pelatihan Muay Thai biasanya ditawarkan dalam tiga tingkat kemampuan yaitu beginner, intermediate, dan advance, dengan frekuensi latihan dua kali dalam sehari.

Bagi mereka yang sekadar ingin melemaskan otot dan tidak tertarik dengan kompetisi maupun bela diri, jogging atau bersepeda di area perbukitan Phuket dapat menjadi alternatif pilihan. Salah satu lokasi pilihan adalah Bang Wad Dam, sebuah reservoir yang terletak di area Kathu.

Dikelilingi oleh pepohonan yang tinggi menjulang, tempat itu merupakan lokasi jogging favorit bagi masyarakat setempat maupun wisatawan. Ada pula Saphan Hin Park, taman yang menjadi pusat berbagai festival di Phuket, termasuk festival Loy Krathong yang ternama.

Selain jogging track dengan deretan pohon pinus di sekitarnya, taman ini juga memiliki hutan mangrove lengkap dengan jalur pejalan kaki yang menuju ke arah laut. Selain jogging, olah raga yang tengah trendi akhir-akhir ini adalah bersepeda.

Hal ini rupanya juga ditangkap oleh pelaku industri pariwisata Phuket. Banyak resort dan agen wisata memasukkan olah raga ini ke dalam paket wisata mereka. Rute yang menjadi favorit antara lain area timur laut Phuket dengan pemandangan desa tradisional dan  pusat rehabilitasi hewan siamang, Thai Muang.

Area tepi pantai di pesisir Andaman juga kerap ditawarkan sebagai lokasi bersepeda santai, mengingat lokasinya yang menjanjikan pemandangan indah suasana pantai dan taman nasional.

Bagaimana jika lebih tertarik dengan olahraga indoor supaya kulit tidak perlu terbakar matahari? Sudah tidak terhitung banyaknya hotel, resort, maupun studio di Phuket yang menawarkan kelas zumba, yoga, aerobik, hingga pilates bagi para wisatawan.

Thanyapura, misalnya. Kompleks olah raga yang terletak di sebelah taman nasional Phuket ini menawarkan berbagai paket training terintegrasi. Fitness, tenis, triathlon, muay thai, hingga rugbi menjadi komoditas yang ditawarkan di kompleks seluas 23 hektare tersebut.

Fasilitas yang disediakan antara lain lapangan tenis indoor dan outdoor, kolam renang kelas olimpiade, klinik kesehatan yang juga mencakup terapi chiropractic, hingga 115 kamar hotel sebagai bagian dari akomodasi destinasi di Phuket utara.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata di Makassar Ini Wajib Masuk Bucketlist Liburan Kalian

Pihak pengelola mengklaim bahwa fasilitas olah raga yang tersedia sudah diakui secara internasional. Untuk olah raga renang misalnya, Organisasi Olahraga Air Internasional (FINA) belum lama ini menjadikan Thanyapura sebagai basis inkubasi atlet olimpiade di Asia Tenggara.

Sejumlah atlet ternama kabarnya juga sempat menikmati fasilitas olahraga di sana, seperti pembalap F1 Jenson Button dan petenis Maria Sharapova.

Menariknya lagi, restoran di kompleks tersebut menampilkan hitungan nutrisi dalam setiap sajian makanan dan minuman. Dengan demikian mereka yang sedang berdiet maupun mempersiapkan diri untuk kompetisi dapat mengelola asupan gizi mereka. Gimana, tertarik wisata ke  Phuket?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Wajib Baca, Ini 5 Cara agar Sukses Berjualan di Platform Digital

BERIKUTNYA

Tayang 6 Oktober, Sutradara Rahasiakan Sosok Sri Asih yang Bakal Muncul

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: