Ilustrasi (sumber gambar : unsplash)

Ingin Sukses Bisnis Online? Ikut Program Pelatihan Google dan Kemenkop Yuk

11 August 2022   |   14:21 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Seiring dengan perkembangan teknologi, para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) juga dituntut untuk bisa beradaptasi dengan dunia digital. Namun sayangnya, masih banyak di antara mereka yang lebih banyak menjalankan bisnis secara konvensional dan masih takut kesulitan untuk menjajal dunia digital.

Nah, untuk membantu para pelaku UMKM masuk ke ranah digital atau go digital, Google bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) meluncurkan sebuah program untuk melatih usaha kecil di sepuluh provinsi di Indonesia.

Program ini diperkirakan akan berjalan hingga akhir tahun 2022, dan akan memberikan pelatihan yang dilakukan secara offline serta berbagai modul pelatihan yang disusun berdasarkan program Grow with Google, atau biasa disebut GWG.

Selama enam bulan ke depan, para pelaku UKM yang bernaung di bawah Kemenkop dapat mendaftar dan mengikuti program tersebut. Ada sejumlah hal yang akan dipelajari, mulai dari pelatihan strategi konten dan digital marketing, cara menyiapkan e-Commerce, cara agar tetap aman saat online, hingga cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Search dan Google Maps.

Putri Alam, Director of Government Relations and Public Policy di Google Indonesia mengatakan program pelatihan tersebut akan diadakan di 10 wilayah mulai dari Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan beberapa provinsi lainnya,.

“Kami memahami kebutuhan usaha kecil di sana untuk mencari pelanggan dan akan bekerja sama dengan Kemenkop untuk membantu ribuan usaha kecil beralih ke online dan siap menyongsong era perdagangan di masa depan," ujarnya dalam satu webinar.
 

Ilustrasi Bisnis Online/Bisnis.com

Ilustrasi Bisnis Online/Freepik


Siti Azizah, Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan dengan adanya inisiatif kolaborasi bersama Google, pihaknya berupaya untuk memberikan pendampingan kepada pelaku koperasi, UMKM, dan wirausaha.

"Melalui program #BerubahDigital di 10 provinsi di Indonesia agar menemukan lebih banyak pelanggan di dalam negeri dan bahkan hingga ke Asia Tenggara," ujarnya.

Kemenkop UKM berkomitmen untuk membantu lebih banyak UMKM go digital dengan memperkuat perwujudan wirausaha yang adaptif, inovatif, dan berkelanjutan.

"Kami berharap melalui kegiatan seperti Grow with Google, dapat mempercepat pemulihan ekonomi kita dan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan," ucapnya.

Kemenkop sendiri memiliki target untuk mendigitalkan 30 juta UKM di Indonesia hingga tahun 2024.
Sejak tahun 2015 Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM dan telah menjalankan berbagai program bersama sejumlah kementerian.

Pelatihan itu, di antaranya melatih UKM di wilayah Indonesia Timur (bersama Kemendag), UKM yang berfokus di sektor pariwisata (bersama Kemenpar), UKM yang berorientasi ekspor (bersama Kemenperin), dan Digital Entrepreneurship Academy (bersama Kemenkominfo).

Putri mengatakan, UKM yang telah mengikuti pelatihan keterampilan digital kami selama bertahun-tahun menyampaikan kepada kami bahwa keterampilan digital mereka telah meningkat.

“Mereka merasa lebih siap menyongsong masa depan dan lebih percaya diri untuk menerapkan ilmu yang mereka dapatkan," jelasnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Begini Cara Lockdown Mode Agar Iphone Dapat Perlindungan Ekstrem dari Spyware

BERIKUTNYA

Pengalaman Hands On Produk Samsung Galaxy Unpacked Agustus 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: