suasana webinar bertema “The New Era of Financial Inclusion: Leveraging Technology and Sharia Compliance” (Dok. Bank Aladin)

Bank Aladin Gandeng Facebook Dorong Transformasi Digital dan Literasi Keuangan UMKM

19 August 2021   |   15:56 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Selama masa pandemi Covid-19, banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang mengalihkan usaha mereka ke ramah digital supaya tetap berkembang. Nah, kondisi ini ditangkap oleh pihak perbankan untuk sekaligus mendorong inklusi keuangan dan kemampuan digital para pelaku UMKM.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT Bank Aladin Syariah Tbk yang menjalin kerja sama dengan Facebook Indonesia untuk melebarkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan pihaknya sangat terinspirasi dengan semangat pelaku UMKM yang terus bertahan dan bertumbuh sehingga facebook mendukung Bank Aladin untuk mendorong meningkatkan kemampuan digital pelaku UMKM.

Dengan peningkatan inklusi keuangan serta kemampuan digital, pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan teknologi digital. Dengan infrastruktur teknologi yang dimilikinya, Facebook melihat hal ini akan bermanfaat dalam pertumbuhan bisnis pelaku UMKM.

“Khususnya di Facebook, Instagram, dan WhatsApp, untuk pertumbuhan bisnis mereka. Tentunya inisiatif ini (Bank Aladin dan Facebook) akan berjalan secara berkesinambungan,” ujar Pieter dalam webinar bertema “The New Era of Financial Inclusion: Leveraging Technology and Sharia Compliance” Kamis (19/8/2021).

Pieter menyampaikan bahwa pihaknya mendukung inisiatif berkesinambungan yang dilakukan oleh Bank Aladin untuk membantu UMKM melakukan proses transformasi digital.

“Kami sangat senang melihat inisiatif Bank Aladin. Karena, bank itu ketika bertransformasi dan mendukung transformasi industri 4.0, itu akan membawa calon-calon nasabah dan stakeholder lainnya untuk menuju ranah digital juga,” ucapnya.

Pieter juga percaya bahwa inisiatif yang dilakukan Bank Aladin dapat mendorong UMKM untuk meningkatkan kemampuannya serta dapat lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan digital. Karenanya kerja sama ini diharap dapat meningkatkan literasi keuangan dan digital kepada pelaku UMKM.

“Mari kita bersama kita mendorong supaya, bisa mendorong literasi keuangan dari Bank Aladin, dan dari kita (Facebook) bisa mendorong literasi digital,” ujarnya.

Sementara Direktur Operasional Bank Aladin Syariah, Basuki Hidayat  menyampaikan landasan awal dilakukannya inisiatif ini adalah untuk membantu pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini, sejalan dengan visi dari Bank Aladin sebagai Bank Syariah Masa Depan, yang terus berupaya untuk melakukan inovasi di dalam memberikan layanan jasa perbankan digital untuk Indonesia, termasuk dalam inisiatif ini yang dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

“Inisiatif ini merupakan perjalanan awal antara Bank Aladin Syariah dengan Facebook,” ujarnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ternyata Ini Penyebab Hawa di Rumah Terasa Panas dan Pengap

BERIKUTNYA

Maybank & BenihBaik serta ACT Salurkan Bantuan Alkes dan Oksigen ke Rumah Sakit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: