The Roundup (sumber gambar tangkapan layar Youtube)

Inilah 5 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022

11 August 2022   |   19:30 WIB

Popularitas hiburan dan budaya Korea Selatan di dunia tengah mencapai puncaknya. Korean Wave atau Hallyu merupakan istilah terkait popularitas hiburan dan budaya Korsel di negara-negara lain. Hallyu mencakup berbagai aspek yakni musik, drama televisi, film, makanan, literatur, kosmetik, dan bahasa.

Bukan hanya K-pop dan drama Korea yang sangat disukai masyarakat dunia, sejumlah film bioskop asal negara itu juga mampu berjaya di banyak negara. Salah satu yang fenomenal adalah film Parasite yang berhasil mendapat banyak penghargaan sinematografi bergengsi.

Untuk itu, tak ada salahnya bila kita menengok film-film Korea yang sukses dan laris di negaranya selama 2022 ini.

Berikut daftar lima Film Korea yang laris manis di negaranya berdasarkan data koreanfilm.or.kr Kobiz hingga 11 Agustus 2022:


The Roundup

The Outlaws 2 atau dikenal dengan The Roundup merupakan film bergenre komedi aksi dari rumah produksi dari Hong Film, B. A. Entertainment, dan Big Punch Pictures.

Film yang beredar perdana di Korea pada 18 Mei 2022 itu menjadi film Korea terlaris saat ini dan mampu mengumpulkan pendapatan dari penjualan tiket sebesar US$100,87 juta dan ditonoton sebanyak 12,69 juta orang dan tayang di 2.521 layar bioskop.

Baca juga: Inilah 5 Film Terlaris Dunia Sepanjang 2022

Film ini disutradarai oleh Sang-yong Lee dengan naskah skenario yang ditulis Ma Dong-seok, Min-Seong Kim, dan Sang-Yong Lee. Selain Mang Dong-seok, film ini juga dibintangi oleh Son Seok-koo, Choi Gwi-hwa, Park Ji-hwan, Heo Dong-won, Ha Jun, Jung Jae-kwang, Nam Mun-cheol, Park Ji-young, Lee Joo-won, dan Eum Moon-suk.

Film ini mengisahkan polisi tangguh Ma Seok Do (Ma Dong Seok) setelah berhasil memusnahkan Jang Chen dan kelompoknya di film The Outlaws pertama, kini dia bersama timnya menerima misi untuk membawa tersangka yang melarikan diri ke Vietnam untuk kembali ke Korea Selatan.

Sesampainya di Vietnam, detektif Ma menemukan kasus pembunuhan dan berhadapan dengan  pembunuh kejam yang melakukan tindak kriminal kepada turis selama beberapa tahun untuk mendapatkan uang.


Hansan: Rising Dragon

Film Hansan: Rising Dragon dari Big Stone Pictures yang tayang di Korsel 27 Juli 2022 berada di posisi kedua dengan pendapatan  US$40,26 juta dan ditonton oleh 5,14 juta penonton dan tayang di 2.223 layar bioskop.

Film yang dibintangi Park Hae-il, Taecyeon 2PM, Byun Yo-han, dan sejumlah artis beken lain tersebut merupakan film kedua dalam trilogi sutradara The Admiral: Roaring Currents, Kim Han-min.

Hansan adalah film sejarah lokal yang mengisahkan pertempuran Pulau Hansan di lepas pantai selatan Korea pada Juli 1592yang dipimpin oleh jenderal legendaris Yi Sun-sin.


The Witch: Part 2. The Other One

The Witch: Part 2 menjadi film sukses berikutnya yang mulai beredar di bioskop Korea pada 15 Juni dan menghasilkan pendapatan dari penjualan tiket sebesar US$22,22 juta dengan 2,80 juta penonton di 1.796 layar bioskop.

Film karya Park Hoon-jung ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris kenamaan Korea Selatan seperti Shin Si-ah, Jo Min-su, Park Eun-bin, dan Lee Jong-suk. Film ini sudah ditonton lebih dari satu juta orang pada hari keempat, dan lebih dari dua juta penonton pada hari kesebelas penayangan.

Baca juga: Inilah 5 Film Komedi Terlaris Sepanjang Masa

Film sekuel dari The Witch ini Lee Jong-suk kembali dipercaya oleh Park Hoon-jung untuk memerankan salah satu tokoh utama bernama Jang, kepala lembaga penelitian.

Film dari Peppermint&company, Inc. dan Goldmoon ini mengisahkan seorang gadis berkekuatan supranatural yang biasa dipanggil Girl (Shin Si Ah), karena suatu alasan, ingin melarikan diri dari laboratorium Ark. Banyak orang mengincar kemampuan supernaturalnya yang menakjubkan.

Dalam pelariannya, Girl bertemu dengan Kyung-hee (Park Eun-bin) dan adiknya Dae-gil (Sung Yoo-bin). ‘Girl’ yang dibesarkan di dalam laboratorium Ark, mulai belajar tentang menjadi “manusia” dari mereka. Sementara, para pihak yang mengincarnya adalah Jang (Lee Jong Suk), kepala sebuah badan penelitian rahasia, dan Jo-hyeon (Seo Eun-soo), pimpinan agen rahasia yang menganggapnya sebagai ancaman.


Decision To Leave

Decision To Leave dari studio Moho Film juga menjadi film terlaris dengan pendapatan US414,31 juta dengan jumlah penonton 1,79 juta penonton di 1.374 layar bioskop.

Film yang mulai tayang pada 29 Juni 2022 di Korea Selatan itu disutradarai Park Chan-wook yang juga menyutradai sejumlah film bagus seperti Oldboy (2003), Thirst (2009), hingga The Handmaiden (2016).

Film ini dibintangi Park hae-il dan Tang Wei sebegai pemeran utama dan didukung Go Kyung-pyo, Teo Yoo, Lee Jung-hyun, Park Yong-woo, serta Jung Yi-seo.

Decision to Leave yang bergenre misteri dengan romansa ini mengisahkan Hae-joon (Park Hae-il), detektif yang ramah tetapi serius dalam menginvestigasi sebuah kasus, melakukan penyelidikan atas meninggalnya seseorang setelah jatuh dari puncak gunung.

Kematian pria itu menyimpan kejanggalan sehingga Hae-joon ditugaskan untuk melakukan penyelidikan. Hae-joon bertemu istri korban Seo-rae (Tang Wei) dan mereka bersama melakukan penyelidikan.
 
 


Emergency Declaration

Emergency Declaration dari Showbox merupakan dilm yang baru tayang pada 3 Agustus 2022 dan sudah mendapat sambutan meriah dari penonton dengan telah menghasilkan US$12,91 juta dengan 1,68 juta penonton hingga saat ini.

Film yang bakal tayang di Indonesia pada 16 Agustus ini dibintangi oleh Song Kang Ho, Lee Byung Hun, Kim Nam Gil, dan Im Si Wan dan ditulis dan disutradarai oleh Han Jae Rim.

Emergency Declaration merupakan film bergenre aksi thriller tentang ancaman terorisme di dalam pesawat yang tengah mengudara, sehingga dinyatakan status Emergency Declaration, sebuah istilah ketika pesawat menghadapi kondisi darurat dan harus segera mendarat.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Siap Tambah 40 Gerai Hingga Akhir Tahun, Simak Cara Jalin Kemitraan ala Pizza Hut

BERIKUTNYA

Intip Rahasia Jadikan Kulit Wajah dan Tubuh Lebih Cerah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: