Produk terbaru Samsung yang dikenalkan pada ajang Galaxy Unpacked August 2022 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful M)

Pengalaman Hands On Produk Samsung Galaxy Unpacked Agustus 2022

11 August 2022   |   15:49 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Perusahaan perangkat elektronik, Samsung, baru saja menggelar acara pengenalan jajaran produk terbarunya, yang dibalut dalam ajang Samsung Galaxy Unpacked August 2022. Pada kesempatan itu, vendor asal Korea Selatan tersebut mengungkap rangkaian perangkat yang mencakup smartphone hingga wearable generasi mutakhir.

Rinciannya, Samsung memperkenalkan foldable smartphone Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4, smartwatch Galaxy Watch 5 Series – Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro, serta true wireless stereo (TWS) Galaxy Buds 2 Pro. Kali ini, Hypeabis.id berkesempatan menjajal (hands on) rangkaian produk terbaru itu bersama dengan Samsung Indonesia di Jakarta.

Baca Juga : Samsung Siapkan Teknologi Jaringan 6G Hyperconnected 
 

Foldable Smartphone

Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Elvira Dwi Anggraeni, mengatakan bahwa jajaran foldable smartphone generasi keempat perusahaan hadir dengan sejumlah peningkatan signifikan, dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, untuk lini Galaxy Z atau ponsel lipatnya, perusahaan memiliki dua produk yakni Z Flip (dilipat vertikal) dan Z Fold (dilipat horizontal). Elvira memaparkan beberapa alasan kenapa konsumen memiliki minat terhadap kedua perangkat itu. 

Untuk Z Flip, banyak pengguna yang mengaku senang dengan desain ponsel yang stylish, memiliki cover screen serbaguna, dan flex mode camera berkat perangkat yang bisa dilipat. Sementara untuk Z Fold, konsumen mengaku terbantu dengan layar yang lebih besar, penyertaan S Pen untuk produktivitas, dan fitur tahan air.

Hypeabis.id, mendapat kesempatan untuk memegang dan menjajal langsung kedua ponsel anyar tersebut. Sejujurnya, secara tampilan luar kedua ponsel itu sangat mirip dengan generasi sebelumnya. Akan tetapi ada sejumlah perbedaan saat mencobanya langsung.
 

Galaxy Z Flip 4 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful M)

Galaxy Z Flip 4 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful M)


Galaxy Z Flip 4 punya cover screen yang lebih multifungsi ketimbang pendahulunya. Fitur itu memberikan keleluasaan lebih bagi pengguna untuk memanfaatkan perangkat dalam keadaan terlipat, termasuk menerima notifikasi hingga membalas pesan.

Ukurannya juga sedikit lebih kecil yang membuatnya lebih nyaman lagi dipegang baik dalam bentuk lipat maupun terbuka. Samsung secara umum menghadirkan empat varian warna tunggal (essential graphite, genderless pink gold, bora purple, dan contemporary blue). Selain itu perusahaan juga membawa edisi spesial bernama Bespoke Edition dengan pilihan 5 warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Pengalaman membuka-menutup Galaxy Z Flip 4 punya kesan yang mirip dengan Galaxy Z Flip 3, tetapi mode fleksibel yang ditawarkan punya level yang berbeda. Dalam kesempatan itu, Elvira memperagakan beberapa mode tersebut, termasuk apa yang disebut hands free untuk membuat konten di media sosial dengan lebih mudah. 
 

Galaxy Z Fold 4 (Sumber gambar: Syaiful M)

Galaxy Z Fold 4 (Sumber gambar: Syaiful M)


Sementara itu untuk Galaxy Z Fold 4, disebutkan bahwa layarnya sedikit lebih besar tetapi punya bobot yang lebih ringan. Dalam pengalaman kami, memang ponsel dengan layar 7,6 inci (layar terbuka) ini masih tergolong tidak terlalu berat untuk dibawa-bawa. Terlebih dengan ragam fitur yang ditawarkan, yang bisa menunjang produktivitas.

Perusahaan Korsel itu membawa empat warna untuk produk Fold terbarunya yakni graygreen, phantom black, beige (warna putih yang sangat memikat, dalam perspektif kami), dan warna burgundy yang khusus dijual di platform daring resmi Samsung. Mereka juga telah meningkatkan kualitas tampilannya dengan kamera depan di balik layar dan bekas lipatan yang lebih samar.

Pengalaman Hypeabis.id coba-coba peranti Fold generasi mutakhir ini sangat menarik. Baik digunakan dalam kondisi terlipat maupun terbuka, layar Samsung memang tidak bisa dimungkiri punya kualitas tingkat tinggi. Samsung juga menyebutkan bahwa mereka telah melakukan pengujian hinge smartphone, dan dapat bertahan hingga 200.000 kali.
 

Galaxy Watch 5 Series

 

Galaxy Watch 5 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful M)

Galaxy Watch 5 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful M)


Untuk kategori jam tangan pintar alias smartwatch, resmi dikenalkan penerus dari Galaxy Watch 4 Series yang tidak lain adalah Galaxy Watch 5 Series. Seri anyar itu punya dua varian yakni Watch 5 (regular) dan Watch 5 Pro. Product Marketing Manager Samsung mobile, Samsung Electronics Indonesia, Annisa Nurul Maulina mengatakan bahwa varian regular ditujukan bagi para pengguna umum, sementara varian Pro diperuntukkan bagi para sports enthusiast.

Secara umum, seri ini punya beberapa peningkatan. Misalnya akurasi monitoring kesehatan yang lebih baik, termasuk untuk aktivitas olahraga hingga tidur. Galaxy Watch 5 Series juga punya durabilitas lebih tinggi karena menggunakan komponen kristal safir, serta ukuran baterai lebih besar dan pengisian daya lebih cepat.

Untuk Galaxy Watch 5 Pro, ada beberapa fitur khusus yang cuma tersedia di perangkat tersebut yakni penggunaan material titanium pada bodi, baterai yang lebih besar lagi yaitu 590 mAh, dan special watch strap. Ada juga fitur perangkat lunak yang hanya ada di varian ini, antara lain Route Workout, Turn by Turn Navigation, dan Track Back.
 

Galaxy Buds 2 Pro

 

Galaxy Buds 2 Pro (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful M)

Galaxy Buds 2 Pro (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful M)


Rangkaian produk terakhir yang diumumkan pada Galaxy Unpacked August 2022 adalah true wireless stereo (TWS) Galaxy Buds 2 Pro. Secara tampilan, peranti wearable ini punya ukuran yang lebih mungil ketimbang pendahulunya. Dalam paparan disebutkan bahwa ukurannya 15 persen lebih kecil. Akan tetapi, kualitas rakitan (build quality­) yang dihadirkan tetap kokoh dan solid.

Samsung membawa tiga warna untuk perangkat ini yakni bora purple, graphite, dan white. Fitur utama yang disuguhkan penerus Galaxy Buds Pro ini adalah Ultimate 24bit Hi-Fi Sound Experience dan kehadiran 360 Audio termasuk melakukan perekaman, sehingga ambient suara sekitar dapat terdengar. 

Perusahaan juga memamerkan kemampuannya untuk integrasi ke perangkat Samsung lainnya, tidak hanya smartphone atau tablet saja, tetapi juga teve pintar alias smart tv. Saat menjajal singkat perangkat ini, suara yang dihasilkan perangkat memang jempolan, dan fitur active noise cancellation yang cukup mampu meredam bising sekitar.
 

Harga

Samsung telah resmi membuka masa pra-pesan (pre order) untuk seluruh perangkat terbarunya itu, bagi pengguna di Indonesia. Periode waktu pemesanan dan kedatangan akan berbeda-beda sesuai dengan varian yang dipilih, silahkan mengecek notifikasi pemesanan masing-masing. Adapun, untuk harga yang ditawarkan, berikut ini daftar lengkapnya :
 

Galaxy Z Fold 4

Varian 12GB+256GB : Rp24,99 juta
Varian 12GB+512TB : Rp26,99 juta
Varian 12GB+1TB : Rp30,99 juta
 

Galaxy Z Flip 4

Reguler :
Varian 8GB+128GB : Rp13,99 juta
Varian 8GB+256GB : Rp14,99 juta
Varian 8GB+512Gb : Rp16,99 juta

Bespoke Edition :
8GB+256GB : 15,49 juta
 

Galaxy Watch 5 Series

Varian Watch 5 (regular) : Rp3,99 juta
Varian Watch 5 Pro : Rp5,99 juta
 

Galaxy Buds 2 Pro

Varian tunggal : Rp2,79 juta


Editor: Indyah Sutriningrum 

SEBELUMNYA

Ingin Sukses Bisnis Online? Ikut Program Pelatihan Google dan Kemenkop Yuk

BERIKUTNYA

Festival 'Aku dan Kain', Wujud Cinta Oscar Lawalata pada Wastra Nusantara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: