Presiden Jokowi mengenakan baju adat Lampung (Sumber gambar: Sekretariat Negara)

Intip 5 Baju Adat yang Pernah Dikenakan Presiden Jokowi pada Upacara HUT RI

08 August 2022   |   17:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Baju Adat Nusa Tenggara Timur (2020)

 

Sumber gambar: Sekretariat Negara

Sumber gambar: Sekretariat Negara

Penampilan Jokowi pada Upacara HUT RI ke-75 juga tak kalah menarik. Jokowi tampak mengenakan baju adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam baju adat itu, terdapat kain motif Kaif berantai nunkolo, yang sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah. Hal itu bermakna sumber air, dan bagian pinggir bergigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok. Sedangkan warna merah melambangkan keberanian laki-laki nunkolo.

Selain itu, Jokowi juga mengenakan dua aksesori lain yakni tas sirih pinang dan kapur yang melambangkan persatuan dan tanda hormat, serta dester (ikat kepala) atau Pilu yang berbentuk dua tanduk kecil yang berarti fungsi raja yang melindungi.
 

5. Baju Adat Lampung (2021)

 

Sumber gambar: Sekretariat Negara

Sumber gambar: Sekretariat Negara

Pada Upacara Kemerdekaan RI tahun 2021 lalu, Jokowi mengenakan pakaian adat pria Lampung berupa baju lengan panjang berwarna putih dengan kancing emas,  dan celana panjang dengan warna senada.

Pada bagian pinggang, dililitkan sarung tumpal dengan motif khas Lampung yang didominasi dengan warna merah dan emas dan penggunaannya di luar celana dengan panjang mencapai lutut.

Baca juga: Cerita Mobil Kepresidenan dari Masa ke Masa: 'Curian' dari Jepang, Teknologi Antipeluru, & Sempat Mogok

Selain itu, Jokowi juga mengenakan selendang bujur sangkar yang dinamakan Khikat Akhir, sarung tersebut dilingkarkan ke pundak hingga menutupi bahu sebelah kanan yang disematkan di belakang aksesori ikat pinggang. Sebagai pelengkap, disematkan juga topi khas dengan warna yang senada dengan aksesoris lainnya. 

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Merasakan Kembali Semangat Kemerdekaan di Tempat-Tempat Bersejarah

BERIKUTNYA

Kenalan dengan 4 Perlengkapan Seragam Wajib Anggota Pramuka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: