Ilustrasi lomba Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus. (Sumber gambar: Unsplash)

6 Ide Lomba Kekinian untuk Memeriahkan 17 Agustusan

03 August 2022   |   10:32 WIB

Like
Lomba untuk perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia selalu identik dengan berbagai permainan tradisional yang mengusung kerja sama tim atau individu seperti balap karung, panjat pinang, tarik tambang, lomba makan kerupuk, dan lainnya. Biasanya, beberapa lomba ini memiliki beberapa makna seperti ketangguhan dan kerja sama.

Di sisi lain, beberapa lomba untuk Hari Kemerdekaan juga memiliki beberapa variasi yang lebih mudah dilakukan dan lebih efektif seiring dengan relevansinya bagi masyarakat dan juga tren yang berkembang bagi penikmat konten hiburan. 

Mulai dari lomba yang serupa dengan balap karung sampai lomba dengan memanfaatkan pengetahuan umum, yuk simak enam lomba yang bisa diadakan saat 17 Agustus yang lebih unik dan kekinian.

Baca jugaSimak Histori di Balik Lomba Makan Kerupuk Tiap Agustusan
 

1. Balap Karpet

 


Biasanya, balapan pada 17 Agustus identik dengan balap karung yang mengharuskan peserta berlomba menjadi yang tercepat dengan melompat saat berada di dalam karung goni. Namun, ada alternatif yang enggak kalah menarik, yaitu balap karpet yang hanya menggunakan karpet dan bisa diselenggarakan di dalam ruangan.

Mekanisme permainan balap karpet ini serupa dengan balap karung, di mana peserta akan duduk di atas karpet dan berlomba untuk menjadi yang tercepat sampai ke garis batas selesainya permainan dengan menggunakan karpet.
 

2. Spidol Tenggelam

Permainan ini bisa jadi alternatif dari lomba meletakkan pulpen dalam botol. Namun, permainan ini bisa menjadi lebih sulit karena lomba yang bermodalkan botol, air, dan spidol ini mengharuskan pemainnya bisa menenggelamkan sebuah spidol di dalam botol yang berisi air secara penuh.

Cara kerja permainan ini bisa dilakukan dengan menyediakan 8-10 botol yang diisi air hingga bagian ujung, lalu letakkan spidol di dalamnya dalam keadaan mengapung. Dari sini, pemain harus berlomba-lomba untuk menenggelamkan spidol sampai masuk ke dalam botol tersebut.
 

3. Kuis Peribahasa


Kuis yang satu ini terinspirasi dari permainan peribahasa yang dilakukan dalam acara Game Caterers 2 bersama agensi HYBE. Dalam episode kedua bagian tiga, girl group fromis_9 yang semua anggotanya merupakan warga negara Korea Selatan diharuskan menyambung sebuah peribahasa.

Aturan main dari permainan ini adalah penanya akan memberikan sebagian kata dari peribahasa dan orang yang menjawab harus menyambungkannya dengan peribahasa terkait. Jawaban ini masih dianggap benar jika maknanya masih mirip atau bahkan sama, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa peribahasa dari satu atau dua kata.
 

4. Lampu Merah Lampu Hijau


Masih terinspirasi dari acara Game Caterers 2 bersama agensi HYBE serta permainan dalam serial Squid Game, permainan yang satu ini bisa menjadi alternatif dari panjat pinang dengan cara yang lebih aman dan menarik. Jika panjat pinang mengharuskan sekelompok pemain memanjat sebuah tiang dengan beberapa hadiah, maka Lampu Merah Lampu Hijau mengharuskan peserta mengambil hadiah tanpa ketahuan penjaga.

Sistem permainannya dimulai dari peserta yang berdiri dalam zona tertentu yang sudah ditentukan dengan beberapa hadiah yang tersebar di sekitar arena permainan yang dimasukkan ke dalam beberapa kotak atau kardus secara acak. Dari hadiah ini, pemain harus memilih dan mengambil hadiah sambil berjalan ke garis batas selesai permainan.
 

5. Kuis Tokoh


Terinspirasi dari acara New Journey to the West, kuis tokoh ini memiliki keunikan pada penggunaan foto berukuran A4 dan durasi menebak yang sangat singkat dengan estimasi kurang lebih tiga detik. Biasanya, permainan ini akan menguji nama-nama tokoh yang bersejarah atau sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Cara permainan hanya dilakukan dengan penanya yang langsung menunjukkan foto dan peserta akan menjawab saat itu juga dalam kurun waktu tiga detik. Jika tidak ada jawaban yang disampaikan atau jawabannya tidak sesuai dengan gambar, maka peserta harus mengulangnya sampai benar. Biasanya, permainan ini identik sebagai permainan tim dengan risiko adanya hadiah atau poin yang berkurang.
 

6. Whisper Challenge


Selain kuis tokoh, permainan yang ikonik dari acara New Journey to the West dan beberapa acara variety Korea Selatan adalah Whisper Challenge, di mana sepasang pemain harus menebak sebuah kata hanya dari membaca gerak mulut saja. Permainan ini umumnya membutuhkan alat untuk meredam suara seperti headphone atau earphone dengan suara kencang.

Baca jugaSimak Tema & Filosofi Logo HUT Kemerdekaan ke-77 RI

Umumnya, permainan ini juga memiliki aturan yang tidak membolehkan peserta untuk membuat gestur tubuh dan tangan serta hanya diperbolehkan memberikan petunjuk yang mengarah pada jawaban yang diberikan melalui kertas yang ditunjukkan di belakang peserta yang menjawab.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Simak Histori di Balik Lomba Makan Kerupuk Tiap Agustusan

BERIKUTNYA

Cek 8 Boyband & Girlband K-Pop yang Comeback Agustus 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: