Ilustrasi yoga. (Dok. Carl Barcelo dari Unsplash)

Ini Lho 10 Manfaat Yoga untuk Genhype yang Sedang Tinggal di Rumah

21 June 2021   |   22:00 WIB

6. Tingkatkan kapasitas pernafasan dan paru-paru
Dalam yoga, ada istilah yang disebut sebagai pranayama atau pernafasan yoga yang dilakukan dengan teknik khusus dan spesifik dengan tujuan meningkatkan pernafasan, fungsi paru-paru, dan kapasitas paru-paru.

Dengan meningkatnya pernafasan, maka ketahanan, produktivitas optimal, dan kesehatan paru-paru dan jantung bisa terjaga dengan baik.

7. Dorong kebiasaan makan yang sehat dan penuh perhatian
Kebiasaan penuh perhatian (mindfulness) berlaku secara umum dalam kebiasaan gaya hidup yang sehat, termasuk ketika sedang makan. Yoga dinilai bisa memicu perhatian lebih dalam kebiasaan makan seiring dengan kepekaan diri sendiri terhadap tubuh dan apapun yang masuk ke dalamnya.

8. Lindungi tulang belakang
Beberapa pose dalam yoga biasanya memanfaatkan kelenturan pada bagian punggung sehingga bisa menjaga kesehatan tulang belakang terutama pada cakram tulang belakang yang membutuhkan gerakan untuk mendapatkan nutrisi.

9. Sempurnakan postur tubuh
 

M

Ilustrasi yoga. (Dok. Kaylee Garrett dari Unsplash)


Yoga banyak melatih berbagai bagian tubuh, termasuk leher, punggung, otot, dan persendian sehingga olahraga ini bisa memperbaiki bagian tersebut sehingga berdampak pada pembentukan postur tubuh yang lebih sempurna.

10. Tingkatkan fokus
Fokus adalah hal yang harus ada dalam setiap sesi yoga, di mana yoga bisa meningkatkan kemampuan koordinasi, durasi reaksi, memori, bahkan memengaruhi skor IQ. Kombinasi yoga dan meditasi bisa menjadi cara untuk melatih kemampuan fokus dari berbagai pikiran dan gangguan.

Editor: Roni Yunianto
1
2
3


SEBELUMNYA

Coba 4 Tips Ini untuk Menarik Perhatian Gebetan di Instagram

BERIKUTNYA

Ini Beberapa Gejala Pembekuan Darah yang Perlu Diwaspadai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: