Pramuka merupakan salah satu gerakan pendidikan kepanduan yang sudah hadir sejak zaman pendudukan Belanda. (Sumber gambar: Pexels/Akhmad Rama Saputra)

Sejarah hingga Atribut, Ini 4 Serba Serbi Pramuka yang Harus Kalian Ketahui

07 August 2022   |   17:00 WIB

Like

Lambang Pramuka

Motto yang biasa hadir dalam Pramuka adalah "Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Baktikan", sedangkan lambang yang identik adalah tunas kelapa. Lambang ini diciptakan oleh Sunardjo Atmodipuro. Lambang kelapa ini sejalan dengan makna kontribusi Pramuka yang bermanfaat dalam berbagai situasi.
  1. Lambang kelapa mengartikan bahwa setiap Pramuka adalah inti dari kelangsungan hidup bangsa Indonesia karena analogi keadaan tumbuh tunas kelapa sebagai cikal bakal dari sebuah generasi baru.
  2. Kelapa yang bisa bertahan lama dalam berbagai keadaan melambangkan Pramuka yang sehat, kuat, dan ulet secara jasmani dan rohani serta punya tekad kuat dalam menghadapi ragam rintangan.
  3. Kelapa bisa tumbuh di mana saja dengan makna bahwa Pramuka bisa menyesuaikan diri di dalam masyarakat dalam berbagai keadaan.
  4. Kelapa yang tumbuh lurus ke atas menandakan bahwa setiap Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus serta tidak mudah terombang-ambing.
  5. Akar pohon kelapa yang kuat dan erat di tanah menandakan bahwa Pramuka memiliki pegangan kuat terhadap berbagai dasar dan landasan yang baik, benar, kuat, dan nyata untuk mencapai cita-cita.
  6. Kelapa juga identik sebagai tumbuhan yang memiliki berbagai fungsi dalam segala bagiannya, sehingga menunjukkan bahwa setiap Pramuka adalah manusia yang berguna bagi Tanah Air, bangsa, dan negara.
 

Atribut Pramuka

Pramuka memiliki sejumlah atribut dalam pakaian atau seragam yang ditujukan dalam berbagai kesempatan. Umumnya, seragam yang menonjol bagi Pramuka adalah warna coklat muda dan coklat tua yang sudah mendarah daging sejak penggunaannya pada masa Perang Kemerdekaan Indonesia pada 1945-1949.

Ada beberapa jenis seragam yang ada dalam Pramuka: Seragam Harian untuk kegiatan kepramukaan harian dan upacara, Seragam Kegiatan untuk kegiatan lapangan, Seragam Upacara untuk acara khusus seperti Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, Hari Pramuka, Pelantikan Pengurus Kwartir/ Mabi, hingga kegiatan resmi kepramukaan di luar negeri, dan Seragam Khusus untuk acara tertentu seperti Seragam Tambahan dan Seragam Muslim.

Seragam ini biasanya terdiri dari beberapa atribut, yaitu tutup kepala, baju pramuka, rok/celana, setangan leher, ikat pinggang, kaos kaki, sepatu, dan tanda pengenal.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Resep Chicken Strips, Olahan Ayam yang Nikmat untuk Jadi Camilan & Lauk

BERIKUTNYA

Ikutan Kemitraan Kopi Soe Yuk, Segini Investasi Awal & Keuntungan Usahanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: