Ilustrasi kegiatan Pramuka. (Sumber gambar: Freepik/Macrovector)

4 Ide Permainan Unik untuk Kegiatan Pramuka, Bisa Dimainkan Semua Usia

08 August 2022   |   06:00 WIB

Kegiatan Pramuka identik dengan prinsip menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis, dan bisa dilakukan di alam terbuka. Pertimbangan ini ada pada budaya dalam kegiatan kepramukaan yang mengedepankan penyesuaian diri dalam berbagai hal, sehingga biasanya permainan yang diusung juga merupakan kegiatan yang minim alat dan melibatkan banyak orang.

Meski permainan Pramuka umumnya dicirikan sebagai permainan yang menggunakan kemampuan kecepatan, kecekatan, konsentrasi, kekompakan, kerja sama tim, keberanian, dan kemampuan fisik, beberapa di antaranya bisa menjadi permainan unik yang mengombinasikan capaian kegiatan Pramuka pada umumnya.

Mulai dari pengembangan permainan dari serial televisi sampai permainan yang mengasah pengetahuan, yuk simak beberapa permainan unik untuk kegiatan pramuka bagi segala usia.

Baca Juga Sejarah hingga Atribut, Ini 4 Serba Serbi Pramuka yang Harus Kalian Ketahui
 

1. Lampu Merah Lampu Hijau

Permainan yang satu ini bisa dilakukan saat akan mengumpulkan bahan dan peralatan tertentu yang penting saat kegiatan, misalnya atribut pramuka (topi atau tutup kepala, setangan leher, ikat pinggang, dan tanda pengenal, tali pramuka, dan perlengkapan kegiatan lain). Permainan melibatkan beberapa peserta yang berada di arena dan satu penjaga yang berdiri di dekat batas akhir permainan.

Untuk kegiatan ini, Genhype bisa melakukannya dengan meletakkan beberapa atribut dalam kotak tempat tertutup yang disebar secara acak dalam satu daerah, lalu pemain diharuskan untuk bisa melengkapi atribut yang ada dalam waktu cepat tanpa ketahuan penjaga. Jika ketahuan, peserta dinyatakan gagal dan harus mengulang permainan dari garis awal.

Baca Juga Sejarah Tarik Tambang, Salah Satu Lomba Wajib 17 Agustusan
 

2. Jelajah Alam

Permainan ini bisa digunakan untuk mengetahui kemampuan eksplorasi dalam mendapatkan barang dan mengenali barang tersebut, di mana kegiatan ini dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Cara kerja permainannya, dilakukan dengan partisipan yang menerima sebuah daftar berisikan beberapa barang yang harus dikumpulkan dari area luar ruangan.

Sebelum permainan dimulai, pemberi daftar juga harus menunjukkan contoh barang yang harus dicari dengan mudah seperti dedaunan, ranting pohon, buah-buahan tertentu, hingga bunga-bunga. Dalam waktu terbatas, para pemain harus mencari barang yang diminta dan pemenangnya ditentukan dari kecepatan dan ketepatan seorang pemain dalam mengumpulkan semua barang yang ada dalam daftar.
 

3. Acak Kata

Untuk permainan ini, moderator bisa menyiapkan sebuah kalimat yang terdiri dari beberapa kata seperti slogan, motto, hingga hal lain yang berkaitan dengan Pramuka. Lalu, tulis kalimat tersebut dalam secarik kertas dan potong per kata dan masukkan ke dalam sebuah tas dan minta para peserta untuk mengambil satu kata dari tas tersebut secara acak.

Ketika mendapatkan kertas tersebut para pemain harus mengurutkan diri berdasarkan urutan kata dalam kalimat dari kiri ke kanan dengan urutan yang benar. Pemenangnya ditentukan dari tim yang bisa menyusun kalimat tercepat dan sesuai dengan urutan yang diberikan.


Baca Juga6 Ide Lomba Kekinian untuk Memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia
 

4. Tic Tac Toe Pengetahuan

Dengan konsep tic tac toe, permainan mengombinasikan strategi dan pengetahuan umum, di mana sistemnya dimulai dari moderator membuat beberapa pertanyaan tentang pengetahuan umum dan pertanyaan seputar Pramuka, baik dari sejarah sampai hal-hal lain yang berkaitan dengan atribut maupun materi pembelajaran. 

Permainan ini bisa dilakukan oleh dua regu dengan setiap anggotanya yang saling bekerja sama untuk menyelesaikan pertanyaan dan memilih perwakilan untuk mengumumkan jawaban regu. Setiap jawaban yang salah akan berpindah ke regu lain, sedangkan jawaban benar berarti regu yang bersangkutan bisa membuat tanda silang atau lingkaran pada papan tic tac toe. Tim yang bisa melengkapi papan menjadi pemenang dalam permainan ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sejarah Tarik Tambang, Salah Satu Lomba Wajib 17 Agustusan

BERIKUTNYA

Sport Tourism Makin Banyak Diadakan & Diminati Masyarakat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: