Hari Pramuka diperingati setiap 14 Agustus. (Sumber gambar: Freepik)

20 Referensi Ucapan & Link Twibbon Hari Pramuka 2024

14 August 2024   |   10:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Praja Muda Karana atau Pramuka memiliki peran penting dalam sejarah pergerakan nasional di Indonesia. Di balik citra sederhana dan kepanduan yang dimilikinya, pramuka sangat berperan dalam membentuk karakter pemuda bangsa, mulai dari kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreativitas, hingga kecakapan berpikir.

Gerakan Pramuka sendiri merupakan organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti orang muda yang suka berkarya.

Mengutip dari situs resmi Pramuka, gerakan Pramuka dibuat bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Termasuk, memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

Baca juga: 5 Puisi Hari Pramuka yang Dapat Membangkitkan Semangat Kepanduan
 
Sangking pentingnya Pramuka, dibentuk lah Hari Pramuka yang diperingati setiap 14 Agustus. Tahun ini, menjadi peringatan Hari Pramuka yang ke-63 sejak diperkenalkan secara resmi pada 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang kala itu menjadi ketua pertama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Hari Pramuka 2024 mengusung tema Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI. Tema ini diusung dengan harapan gerakan Pramuka yang telah memasuki usia ke-63 tahun bisa membangun citra positif gerakan Pramuka, serta setiap insan Pramuka selalu berjiwa Pancasila dan turut serta dalam menjaga keutuhan NKRI. 
 

Logo dan tema Hari Pramuka 2024. (Sumber gambar: situs resmi Pramuka)

Logo dan tema Hari Pramuka 2024. (Sumber gambar: situs resmi Pramuka)

Selain tema, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga meluncurkan logo Hari Pramuka 2024 yang terdiri dari angka 6 dan 3, yang melambangkan angka ulang tahun Gerakan Pramuka yang ke-63. Angka 6 merupakan hasil stilasi dari Kelopak Tunas, sementara angka 3 yang menopang Logogram Tunas menjadi satu kesatuan yang kokoh.

Selain angka 6 dan 3, logo Hari Pramuka 2024 juga menghadirkan logotype Pramuka yang menampilkan tunas kelapa sebagai lambang dari Gerakan Pramuka.

Kelapa atau nyiur pada logo Pramuka mewakili beberapa filosofi, di antaranya Pramuka menjadi inti bagi kelangsungan bangsa Indonesia; setiap Pramuka adalah seorang yang sehat, kuat, dan besar tekadnya; Pramuka dapat menyesuaikan diri di mana pun berada; hingga menjadi manusia yang berguna dan membaktikan diri pada bangsa.

Ucapan Hari Pramuka 2024
Hari Pramuka bisa diperingati dengan banyak cara, salah satunya membagikan ucapan kepada sesama anggota Pramuka ataupun di media sosial. Ucapan-ucapan Hari Pramuka bisa berisi ungkapan semangat optimisme, makna dari organisasi kepanduan, hingga harapan untuk Pramuka.

Berikut adalah 20 ucapan Hari Pramuka 2024 yang bisa menjadi referensi seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.
  1. Banggalah menjadi anggota Pramuka. Banggalah jadi Tunas Muda Generasi Emas Indonesia. Selamat Hari Pramuka 2024, Praja Muda Karana!
  2. Selamat Hari Pramuka 2024! Semoga dari Gerakan Pramuka lahir pemimpin-pemimpin muda Indonesia masa depan.
  3. Menjadi seorang pramuka bukanlah perkara mudah. Seorang pramuka yang baik dituntut untuk berdedikasi kepada bangsa dan negara. Selamat Hari Pramuka!
  4. Selamat Hari Pramuka ke-63! Kalian adalah jiwa-jiwa yang tangguh, pantang menyerah, serta selalu peduli dengan lingkungan.
  5. Pramuka mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang kuat, tangguh, dan siap menghadapi tantangan. Selamat Hari Pramuka 2024!
  6. Selamat Hari Pramuka 2024! Semoga semangat kepanduan semakin mengakar dalam diri setiap anggota, untuk membangun Indonesia yang lebih baik.
  7. Pramuka adalah tempat kita belajar menjadi pemimpin yang bijak dan bertanggung jawab. Selamat Hari Pramuka 2024!
  8. Di Hari Pramuka 2024 ini, mari kita kobarkan semangat pengabdian dan kepedulian sosial di dalam diri kita.
  9. Selamat Hari Pramuka 2024! Teruslah menjadi teladan dalam kejujuran, kerja keras, dan gotong royong.
  10. Selamat Hari Pramuka 2024! Mari kita junjung tinggi nilai-nilai Pramuka dalam kehidupan sehari-hari, untuk masa depan Indonesia yang gemilang.
  11. Selamat Hari Pramuka ke-63. Praja Muda Karana berani untuk melawan kebodohan. Pramuka disiplin melawan kemalasan! Jayalah Indonesiaku, Satyaku kurdamakan, Darmaku kubaktikan. Salam Pramuka!
  12. Selamat Hari Pramuka 14 Agustus 2023. Pramuka itu bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Semangat Pramuka tetap bergelora ciptakan suasana persaudaraan dan saling menghargai.
  13. Selamat merayakan Hari Pramuka 2024. Kedisiplinan dan kepedulian dalam menghadapi beragam rintangan adalah jiwa seorang Pramuka yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
  14. Selamat memperingati Hari Pramuka ke-63. Untuk seluruh Pramuka di Indonesia, ayo baktikan diri pada lingkunganmu. Tetaplah teguh mengabdi dan tetaplah semangat melayani. Salam Pramuka!
  15. Tumbuhlah menjadi pribadi yang kuat dan berguna bagi Indonesia. Selamat Hari Pramuka, 14 Agustus 2024.
  16. Tunaikanlah Trisatya. Amalkan Dasa Darma. Demi nusa dan bangsa. Selamat Hari Pramuka 14 Agustus 2024. Salam Pramuka.
  17. Perjuangan tak pernah berakhir, walau hari-hari dirasakan dengan kemerdekaan hati. Karena Pramuka adalah bakti pada negeri.
  18. Pramuka itu berbudi. Pramuka itu mencintai Indonesia sampai mati. Selamat Hari Pramuka 2024.
  19. Pramuka membentuk kepribadian, mental, fisik, daya juang, kepemimpinan, keberanian, dan hal baik lainnya. Selamat Hari Pramuka 14 Agustus 2024.
  20. Gerakan pramuka harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme kita. Salam Pramuka.
Baca juga: Hari Pramuka 2024: Simak Tema, Logo, & Susunan Upacara Peringatannya


Twibbon Hari Pramuka 2024

Memperingati Hari Pramuka juga bisa dengan cara mengunggah foto-foto kegiatan Pramuka dan lainnya di media sosial, menggunakan Twibbon khusus Hari Pramuka 2024. Berikut adalah 20 link Twibbon Hari Pramuka 2024.
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Miley Cyrus Cetak Sejarah sebagai Legenda Disney Termuda di Upacara D23

BERIKUTNYA

Indonesia Perlu Lebih Aktif Menggencarkan Repatriasi Benda Bersejarah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: