Ilustrasi tulang belakang (Sumber gambar: Unsplash/Kenny Eliason)

Wisata Medis Orthopedi dan Tulang Belakang Hadir di Pekanbaru

07 August 2022   |   07:25 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Transformasi layanan kesehatan di Indonesia kian masif seiring rencana pemerintah untuk mengembangkan wisata medis. Sejumlah rumah sakit pun berlomba untuk menghadirkan layanan terbaiknya. Salah satunya datang dari Eka Hospital Pekanbaru yang meresmikan Pusat Ortopedi, Gatam Institute Orthopedic and Spine. 

Gatam Institute merupakan Pusat Ortopedi & Tulang Belakang terpadu yang digawangi Dokter Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi, Konsultan Tulang Punggung, Luthfi Gatam. Dibantu tim dokter spesialis ortopedi lainnya, Gatam Institute membawa tindakan operasi tulang belakang di Indonesia dengan keahlian dan teknologi yang canggih.

Luthfi menyebut salah satu kecanggihan teknologi yang dimiliki Gatam Institute Eka Hospital Pekanbaru dalam penanganan Hernia Nukleus Pulposus (HNP), adalah dengan menggunakan Endoscopy. Teknik operasi menggunakan alat ini di tulang belakang, bertujuan untuk membebaskan saraf terjepit. 

Baca jugaDikaitkan Dengan Saraf Terjepit, Ini Penyebab Nyeri Tulang Belakang Bawah

Seperti diketahui, HNP yang dikenal dengan istilah saraf terjepit adalah kondisi ketika bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang. 

“Prosedur ini merupakan operasi minimal invasive dimana pembedahan hanya melalui sayatan kecil. Alat tersebut kemudian dihubungkan dengan kamera, sehingga kondisi bantalan dan saraf dapat dilihat oleh dokter melalui monitor,” jelas Luthfi, Sabtu (6/8/2022).
 

Peresmian

Peresmian Gatam Institute Orthopedic and Spine, Pekanbaru. 

Dengan kolaborasi ini, Eka Hospital pun mengklaim sebagai pusat ortopedi tercanggih di Asia Tenggara yang mewakili Indonesia. Hal tersebut didukung oleh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi), Kemenkes, dan Kemenparekraf yang menetapkan Eka Hospital sebagai rumah sakit percontohan wisata medis untuk bidang orthopedi dan tulang belakang. 

Saat ini, Eka Hospital Pekanbaru juga menjadi official medical partner bagi klub Persatuan Sepak Bola Pekanbaru dan Sekitarnya (PSPS) Riau. 

Baca jugaPro Axis Table, Teknologi Operasi Tulang Belakang Terbaru Kini Hadir di Indonesia

Chief Operating Officer (COO) Eka Hospital Grup drg. Rina Setiawati berharap kehadiran Gatam Institute di Eka Hospital Grup diharapkan menjadi pusat penanganan kasus-kasus berat untuk bidang ortopedi. Dia juga berharap bahwa pusat layanan ini menjadi tempat pembelajaran bagi dokter-dokter ortopedi di seluruh Indonesia. 

“Layanan ortopedi Gatam Institute ini hadir di seluruh jaringan rumah sakit kami baik di BSD City, Bekasi, Cibubur dan Pekanbaru,” tambahnya. Adapun di Gatam Institute Pekanbaru, tim dokter Orthopedi terdiri dari Dr. Syafrudin, Dr. Jacky Ardianto Horas, dan Dr. Yanuar Kristianto. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Ternyata Subvarian Omicron Ini yang Bikin Kasus Covid-19 Naik Lagi

BERIKUTNYA

Terinspirasi dari Nama Pulau, Klamby Luncurkan Koleksi Selayar Series

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: