Derai (Sumber gambar: Warner Music Indonesia)

Grup Duo Derai Rilis Single Baru berjudul Relate To You

06 August 2022   |   13:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hadirnya musisi-musisi dari daerah saat ini telah menjadikan industri musik di Indonesia kian beragam. Tidak sedikit pula karya musisi Indonesia yang eksis meski memulai karier dari daerah, salah satunya Derai, duo alternatif pop asal Sukabumi.

Duo yang terdiri dari Ica Deriza (Ica) dan Ramli Nurhappi (Rai) ini kembali merilis single baru berjudul Relate To You. Lagu berbahasa inggris ini menjadi single kedua mereka di bawah naungan label Warner Music Indonesia.

Ica Deriza salah satu personel Derai menjelaskan makna lagu Relate To You yang menjadi representasi dari love language atau words of affirmations versi Derai. Secara penulisan lirik, kata Ica, lagu ini ingin menyampaikan rasa sayang yang ternyata sudah ada dari lama.

Baca juga: NIKI Merilis Single High School in Jakarta, Cerita Drama Khas Anak SMA

“Sudah ada, tetapi baru disadari. Kadang kita baru menyadari seseorang yang kita harapkan, sudah ada dengan kita,”ujarnya dalam siaran pers tertulisnya yang diterima Hypeabis.id, Jumat (5/8/2022).
 

C

Derai (Sumber gambar: Warner Music Indonesia)

Lagu bergenre pop dengan nuansa elektro berdurasi 2 menit 54 detik ini terdengar easy listening. Perpaduan vokal kedua personel personel ditambah dengan liriknya yang romantis, menjadikan Relate To You sebagai lagu ballad yang sesuai untuk dinikmati oleh mereka yang sedang perjalanan di kendaraan karena perpaduan beat yang ringan dan chill.

Ramli Nurhappi atau Rai, personel Derai lainnya, menjelaskan penggarapan Relate To You yang terbilang cukup singkat. Dia mengatakan penulisan hingga proses rekaman lagu itu memakan waktu kurang lebih selama dua pekan.

Lagu Relate To You sendiri diciptakan oleh Ramli dan Deriza dan diproduseri oleh Ankadiov Subran, serta Kamga yang bertindak sebagai Vocal Director dalam proses penulisan hingga rekaman. Adapun, untuk proses mixing dan mastering, mereka melibatkan Ivan Gojaya dan Dimas Pradipta.

“Inspirasinya datang dari keresahan yang secara pribadi saya tulis untuk Deriza ke dalam sepenggal lirik 'I'm oh here i'm love you love you know' hingga menjadi susunan lagu yang sempurna," kata Rai.

Selain merilis single, Derai juga meluncurkan video klip lagu Relate To You yang dirilis di kanal YouTube mereka. Nuansa video klip itu didominasi warna biru dengan menampilkan kedua personelnya.

Secara konsep, Rai menjelaskan video klip itu menggambarkan dua pasangan yang sedang berkomunikasi melalui telepon, yang menjadi salah satu representasi dari love language atau words of affirmations.

Dia pun berharap single terbaru mereka dapat diterima dengan hangat oleh para penikmat musik Indonesia. “Semoga lagu ini memiliki arti 'relate' yang lebih luas lagi serta sampai kepada pendengar dengan caranya masing-masing. Dan harapannya dari lagu ini, Derai dapat dikenal lebih luas lagi," kata Rai.

Sementara itu, Derai adalah alternative pop duo asal Sukabumi yang terbentuk pada 24 November 2020. Derai mengusung genre pop urban/alt-pop yang memiliki kesan modern dengan perpaduan vocal effortless.

Sound elektronik dan ambient menjadi unsur dominan pada komposisi musik Derai dengan sentuhan R&B dalam setiap penulisan lagunya. Kemasan tersebut membuat duo ini memiliki karya yang cenderung terdengar easy listening.

Sebelumnya, Derai juga telah merilis lagu Conversations yang menjadi pembuka album pertama mereka berjudul Final Chapter pada 2021, serta lagu In My Blood pada Juni 2022.

Karya-karya musik Derai kerap menyiratkan pesan bahwa bahagia tidak selalu harus dikemas dengan notasi ceria begitupun lagu sedih yang tidak selalu harus dikemas dengan notasi yang kelam. Berangkat dari konsep tersebut, Derai mencoba ingin dikenal menjadi sosok musisi yang menyediakan wadah untuk mengekspresikan perasaan setiap pendengarnya.
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Arti Kata Cringe, Istilah Gaul yang Belakangan Populer

BERIKUTNYA

7 Destinasi Wisata Anak Seru & Edukatif di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: