Ilustrasi seseorang yang merasa cringe (Sumber gambar: Freepik)

Arti Kata Cringe, Istilah Gaul yang Belakangan Populer

06 August 2022   |   11:49 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Masifnya orang-orang menggunakan media sosial membuka pintu bagi mereka untuk belajar banyak hal, salah satunya adalah istilah gaul. Ada banyak sumber istilah gaul yang digunakan di media sosial mulai dari singkatan, akronim, kata yang diplesetkan, hingga menggunakan bahasa Inggris.

Dalam bahasa Indonesia, istilah-istilah gaul itu disebut slang, yang merupakan ragam bahasa musiman yang dituturkan oleh kelompok sosial tertentu dalam situasi informal. Beberapa istilah yang populer seperti gaje (gak jelas), bucin (budak cinta), gercep (gerakan cepat), dan mager (males gerak).

Satu istilah gaul yang juga tengah populer adalah cringe, yang berasal dari bahasa Inggris. Istilah ini biasanya digunakan oleh seseorang untuk bereaksi atas sesuatu atau kondisi yang dianggapnya aneh dan tidak sesuai pada tempatnya. 
 

Menurut Urban Dictionary, kata cringe berarti jijik, dimana ketika seseorang bertindak sangat memalukan atau membuat canggung, sehingga membuat kalian juga merasa malu.

Cringe diartikan sebagai perasaan tidak nyaman yang terjadi pada seseorang, yang biasanya disebabkan oleh rasa malu yang tidak wajar, menyaksikan ketidaknyamanan pada seseorang atau sesuatu yang lain, pendapat dan tindakan yang tidak kalian setujui pada tingkat tertentu.

Baca juga: Slebew hingga Haraduku, Ini 6 Istilah yang Populer Gara-gara Citayam Fashion Week

Sedangkan menurut Cambridge Dictionary, cringe adalah sikap tiba-tiba menjauh dari seseorang atau sesuatu karena kalian takut atau merasa sangat malu. Adapun, menurut The Britannica Dictionary, cringe diartikan sebagai sikap merasa jijik atau malu dan sering menunjukkan perasaan ini dengan gerakan wajah atau tubuh.


Bentuk Ungkapan Lain dari Cringe

Istilah cringe adalah suatu ungkapan rasa geli atau takut. Namun, selain kata cringe, ada beberapa ungkapan lain yang menggunakan kata cringe, seperti cringy atau cringeworthy yang juga kerap digunakan dengan arti yang serupa.

Menurut Urban Dictionary, kata cringy memiliki arti seseorang atau sesuatu yang membuat kalian malu atau canggung. Sedangkan cringeworthy artinya adalah seseorang atau sesuatu yang membuat kalian sangat 'cringe' atau 'cringe' maksimal.

Penggunaan cringe saat ini tidak hanya untuk menunjukkan sesuatu perasaan namun juga diucapkan dalam percakapan sehari-hari. Meskipun begitu, tidak semua perasaan yang ditunjukkan dengan menggunakan kata cringe bersifat negatif. Semua tergantung situasi yang sedang kalian hadapi, sehingga arti cringe memiliki makna yang berbeda dalam beberapa situasi.
 


Penggunaan Istilah Cringe di Indonesia

Di Indonesia, kata cringe bukan hanya digunakan untuk mengungkapkan rasa malu atau jijik terhadap sesuatu, tetapi juga saat seseorang menganggap suatu hal yang norak, berlebihan serta ketinggalan zaman.

Misalnya tayangan televisi yang menggunakan efek berlebihan atau properti yang tidak relevan dengan zaman, biasanya orang-orang akan merasa 'cringe' saat menontonnya. Satu contoh lagi misalnya anak remaja yang menjalin hubungan pacaran lalu menggunakan panggilan 'ayah-bunda' layaknya orang dewasa. Hal itu juga biasanya akan disebut cringe oleh orang lain.

Istilah cringe juga tidak melulu bisa diungkapkan dengan kata itu sendiri, melainkan juga dengan ekspresi wajah. Biasanya, saat seseorang merasa canggung dan sangat malu akan sesuatu, dia akan mengekspresikannya dengan mengerutkan dahi atau berekspresi jijik.

Lain hal lagi di media sosial, dimana kata cringe disimbolkan lewat banyak emoji atau meme. Simbol atau gambar yang tak jarang lucu itu biasanya akan digunakan untuk bahan bercandaan di media sosial. 

Pada emoji atau meme tersebut, tidak semua gambar akan menggunakan kata-kata cringe. Namun sebagai ganti kata cringe, hampir semuanya disimbolkan seperti mengerutkan dahi ataupun suatu ekspresi wajah yang jijik.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ibu Menyusui Berisiko Tularkan Monkeypox pada Bayi

BERIKUTNYA

Grup Duo Derai Rilis Single Baru berjudul Relate To You

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: