Cuplikan film Soekarno (Sumber gambar: Netflix)

Rayakan 77 Tahun Indonesia, Tonton 11 Film Bertema Pahlawan & Perjuangan Kemerdekaan

05 August 2022   |   13:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like

7. Wage (2017)


Seperti judulnya, film Wage berkisah tentang kehidupan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Soepratman dari kecil hingga dewasa. Banyak konflik menarik yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia dalam film ini, sekaligus menggambarkan bagaimana latar belakang lagu kebangsaan Indonesia dibuat.
 

8. Kartini (2017)


Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini mengangkat biografi dari salah satu tokoh pahlawan perempuan Nasional yakni Raden Ajeng Kartini. Jika biasanya film perjuangan identik dengan perlawanan fisik dan diplomasi, maka Kartini justru berjuang melalui dunia pendidikan yang kala itu masih sangat terbatas untuk diakses, terutama bagi perempuan.

Film Kartini memiliki alur cerita yang maju-mundur dan mengisahkan tentang sosok Kartini kecil yang sudah dikenal sebagai pemberontak.  Akibat dari sikap kritisnya, nama Kartini selalu dikenang karena menjadi inspirasi dalam dunia pendidikan dan tak henti berjuang atas hak-haknya.
 

9. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta (2018)


Film bergenre kolosal ini menampilkan biografi tokoh Sultan Agung yang terkenal ambisius dan pemberani karena keputusannya untuk menyerang VOC Belanda. Film ini tak hanya menampilkan cerita tentang perlawanan terhadap VOC, melainkan juga terdapat bumbu cinta antara Sultan Agung dengan Lembayung yang terpaksa kandas.
 

10. Perburuan (2019)


Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya penulis terkenal Pramoedya Ananta Toer ini, megambil latar perjuangan kemerdekaan Indonesia di era penjajahan Jepang.

Film Perburuan banyak menceritakan tentang pemberontakan pasukan PETA (Pembela Tanah Air) melawan Jepang. Kisahnya mengikuti tokoh Hardo (Adipati Dolken) yang kembali ke kampung halamannya di Blora. 

Namun, kehadirannya tercium oleh tentara Jepang dan ia pun kemudian dilacak dan dikejar. Dalam sebuah pengejaran selama satu hari dan malam menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sebuah drama perjuangan pun terungkap.
 

11. Bumi Manusia (2019)


Bumi Manusia adalah sebuah film drama biografi sejarah yang disutradarai Hanung Bramantyo dan ditulis Salman Aristo. Film ini dialihwahanakan dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.

DIbintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti, film ini menceritakan kegamangan Minke antara kemajuan Eropa dan perjuangan membela Tanah Airnya serta hubungannya dengan Annelies, seorang gadis keturunan Belanda pujaan hatinya.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Mezzaluna Eksplorasi Musik R&B dalam Single You Should Know

BERIKUTNYA

Tembus 700.000 Penonton Hari Pertama Rilis, Pengabdi Setan 2: Communion Masuk 10 Besar Film Terlaris 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: