Mezzaluna (Sumber gambar: Sony Music Entertainment)

Mezzaluna Eksplorasi Musik R&B dalam Single You Should Know

05 August 2022   |   13:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kesibukan menempuh studi di negeri orang tak menghalangi penyanyi Mezzaluna untuk merilis karya. Setelah merilis single In Situ dan I Beg, dia kembali meluncurkan single terbaru berjudul You Should Know. Dalam lagunya kali ini, Mezzaluna mencoba mengeksplorasi aransemen musik yang lebih berbeda.

Seperti judulnya, melalui lagu ini, Mezzaluna mencoba menuangkan perasaan yang selama ini dia pendam yang terinspirasi dari pengalaman pribadi. Dia mengaku sering mengalami kesulitan untuk mengungkapkan perasaan sendiri, yang akhirnya justru dia tuangkan ke dalam karya musiknya.

"Dari judulnya, aku ingin menegaskan pada seseorang bahwa 'kamu harus tahu, inilah perasaan aku yang sebenarnya.' Kira-kira seperti itu. Aku juga ingin menyampaikan bahwa mengekspresikan diri bisa dari medium mana pun. Kalau aku, ya dari bikin lagu ini," katanya dalam keterangan resminya yang diterima Hypeabis.id, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Wih, Yura Yunita Rilis Klip 'Dunia Tipu-Tipu' dengan Konsep Unik

Dibandingkan dengan dua single terdahulu, penyanyi yang juga mengidolakan boyband K-Pop BTS ini memberi sentuhan yang berbeda pada single terbarunya. Single You Should Know cenderung mengusung tempo yang sedikit cepat dengan sentuhan R&B, berbeda dengan single In Situ dan I Beg yang bertempo lambat.

Sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu yang masih tergolong muda, Mezzaluna mengaku masih ingin mengeksplorasi berbagai jenis musik. Hal itu pun dia wujudkan dalam menciptakan karya dengan genre yang beragam, sesuai dengan apa yang ingin dia buat saat itu.

"Menurut aku, menulis lagu itu hal yang sifatnya sangat pribadi. Pastinya, aku tidak akan terus-terusan merasakan hal yang sama saat sedang menulis lagu. Kebetulan, R&B sesuai untuk You Should Know. Jadi, perubahan genre ini bisa dibilang tergantung dari apa yang aku rasakan di hati," ujar penyanyi berusia 20 tahun itu.
 

f

Mezzaluna (Sumber gambar: Sony Music Entertainment)

Mezzaluna juga mengatakan bahwa single You Should Know digarap sebelum dia melanjutkan pendidikannya di Inggris. Dalam menggarap lagu itu, dia kembali berkolaborasi dengan  Gio Wibowo sebagai produser. Tidak hanya itu, penyanyi kelahiran Februari 2001 ini juga dibantu tiga musisi lain yang dia sebut sebagai 'dream team' untuk memproduksi lagunya dari awal rekaman hingga selesai, yakni William Djie, Dimas Mufli, dan Billy Wardhana.

"Pihak label memutuskan You Should Know yang dimajukan untuk single ketiga. Musiknya tempo tengah sehingga memberi nuansa yang baru dan segar setelah lagu pertama dan kedua," imbuhnya.

Dengan mengusung genre dan musik yang cukup up beat, pengerjaan untuk video musik lagu ini pun berbeda dari dua single sebelumnya. Masih bekerja sama dengan Deby Sucha, Mezzaluna kali ini menghadirkan nuansa 1990-an sebagai tema untuk video klip You Should Know.

Kita bisa melihat barang-barang khas 90-an di video musiknya seperti discman, CD, dan ponsel flip yang penuh hiasan stiker pada bagian casing-nya. Meski bukan anak yang lahir pada periode tersebut, Mezzaluna mengaku tertarik untuk mengambil visualisasi tahun 1990-an karena masa itu menurutnya dekade yang ikonik mulai dari musik, lagu, penyanyi, dan trennya.

"Karena itu, aku mencoba menuangkannya ke dalam video musik single ketiga ini yang kembali bekerja sama dengan Deby. Aku mempercayakan semua pada Deby karena menurutku dia sudah sangat mengenal palet warna yang sesuai untukku dan hal-hal apa saja yang aku sukai," katanya.
 

Jaya Mezzaluna Bungari atau yang lebih dikenal Mezzaluna adalah penyanyi dan penulis lagu pendatang baru yang memulai debutnya pada 2021. Dia bergabung dengan label regional yang didirikan Sony Music Entertainment bernama OFFMUTE.

Vokal Mezzaluna yang dalam, serak, dan penuh penjiwaan serta gaya berceritanya yang meningkatkan kedewasaan dan kebijakan dalam musiknya, membuat dia menjadi pendatang baru bergenre pop alternatif yang potensial di belantika musik lokal.

Mezzaluna tumbuh di keluarga pencinta musik sebagai putri bintang rock Indonesia, Bimbim – drummer band rock Slank. Belajar piano dan gitar sejak kecil, menuntunnya menciptakan musik sendiri di usia 15 tahun. Di luar nama besar sang ayah, Mezzaluna selalu mengembangkan selera dan gaya bermusiknya hingga menjadi musisi seperti sekarang ini.

Mahasiswa jurusan Antropologi dan Ilmu Politik di salah satu universitas di Inggris ini juga memiliki minat pada masalah-masalah sosial dan lingkungan yang terjadi pada saat ini. Keberaniannya untuk bersuara bagi generasinya memberinya identitas tersendiri sebagai seorang seniman.

Hal itupun terpancar lewat karya-karya musiknya, yang tak jarang menghadirkan lagu-lagu yang inspiratif dan berlirik kuat untuk menjangkau para pendengarnya dari kalangan manapun.

Pada September 2021, Mezzaluna merilis lagu debutnya, In Situ, yang ditulis saat dia berusia 15 tahun. Dia berkolaborasi dengan produser Gio Wibowo dan penata kreatif serta pencerita visual, Deby Sucha, untuk mewujudkannya dalam bentuk video musik.

Di awal tahun ini, dia juga kembali merilis single kedua berjudul I Beg. Terinspirasi dari lagu tema James Bond, seperti Skyfall oleh Adele dan Writings on the Wall yang dibawakan Sam Smith, lagu ini mencoba menampilkan bakat Mezzaluna dalam menulis lagu dan kemampuan vokalnya yang berkarakter.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sudah Dapat Vaksin Cacar Bisa Kebal Monkeypox? Ini Kata Mantan Bos WHO

BERIKUTNYA

Rayakan 77 Tahun Indonesia, Tonton 11 Film Bertema Pahlawan & Perjuangan Kemerdekaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: