Tomohon International Flower Festival merupakan ajang tahunan dalam kalender Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (sumber gambar ilustrasi: pexels/pixabay)

Festival Bunga Tomohon Digelar Lagi, Yuk Cek Jadwal Penerbangannya!

03 August 2022   |   16:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang ingin mengunjungi Tomohon International Flower Festival 2022 di Sulawesi Utara pada 8-14 Agustus 2022, Garuda Indonesia mengoperasikan 12 penerbangan tambahan selama 3-15 Agustus 2022 dari Jakarta menuju Manado.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra berharap penerbangan tambahan rute Jakarta–Manado secara pulang dan pergi dapat menjawab kebutuhan wisatawan yang ingin menyaksikan festival bunga Tomohon dan meningkatkan daya tarik wisata dari Tomohon.

“Dan dapat berkontribusi positif terhadap geliat pariwisata kita, serta menjadi akselerator bagi pulihnya ekonomi daerah dan nasional,” katanya.

Baca juga: Jakarta Jadi Tuan Rumah untuk Sundance Film Festival: Asia 2022

Dia menuturkan bahwa perlu sinergi dengan berbagai pihak untuk mendukung akselerasi pemulihan ekosistem pariwisata. Dengan keterlibatan aktif dan sinergi berbagai pihak, potensi wisata Tomohon dan berbagai daerah lainnya di Indonesia akan mampu menghasilkan lebih banyak nilai tambah.

Nilai tambah tersebut, lanjutnya, untuk perkembangan serta kemajuan pariwsata dan ekonomi nasoinal. Kondisi ini, paparnya selaras dengan kepulihan kepercayaan diri masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan.

Sebanyak 12 penerbangan yang akan dioperasikan pada 3-15 Agustus 2022 memiliki perincian, yakni pada Rabu 3 dan 10 Agustus; Sabtu 6 dan 13 Agustus; dan Senin 8 dan 15 Agustus. Garuda Indonesia akan menggunakan armada Boeing 737-800 NG dengan kapasitas 162 penumpang.

Seluruh penerbangan tambahan tersebut akan melengkapi penerbangan reguler Jakarta – Manado (GA600) dan Manado -Jakarta (GA601) yang melayani para pelancong sebanyak satu kali setiap harinya.

Khusus Rabu, penerbangan Jakarta - Manado GA6064 akan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, pada pukul 09.00 WIB dan tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado pada pukul 13.25 WITA.

Selanjutnya, pesawat akan terbang kembali dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado (GA6074) pada pukul 14.10 WITA dan mendarat di Jakarta pada pukul 16.20 WIB.

Sementara itu, penerbangan tambahan pada Senin dan Sabtu akan berangkat dengan GA6064 pada sekitar pukul 09.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado pada pukul 13.25 WIB.

Kemudian, pada pukul 14.10 WITA, penerbangan Manado - Jakarta akan berangkat dengan pesawat GA607 dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 16.20 WIB

ASAL-USUL FESTIVAL BUNGA TOMOHON
Dilansir dari laman Tomohon International Flower Festival, festival bunga ini telah digelar sejak 2008, dan terus berlangsun setiap 2 tahun sekali sampai dengan 2014. Namun, sejak 2015, ajang ini menjadi ajang tahunan dalam kalender acara Kementerian Pariwisata.

Ajang ini berawal dari hajatan HUT Kota Tomohon pada Januari 2006. Pada saat itu, Pemerintah Kota Tomohon menggelar pawai bunga dalam wujud parade kendaraan berhiaskan bunga yang melewati jalur protokol Kota Tomohon.

Pada Agustus tahun yang sama, pemerintah kembali menggelar kegiatan pawai bunga tersebut, dan mendapatkan peserta sedikitnya sekitar 600 kendaraan bermotor ditambah iring-iringan Bendi dan Pedati Sapi yang telah dimodifikasi dan dihias dengan bunga.

Baca juga: FLAVS Festival 2022 Dibuka dengan Pesta Kejutan di 5 Lokasi Rahasia

Bunga, masih dalam laman yang sama, merupakan aset turun temurun yang dimiliki oleh masyarakat Kota Tomohon. Bunga menjadi salah satu identitas untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kota Tomohon karena telah menjadi gaya hidup yang membudaya dalam kehidupan masyarakat pada umumnya.

Melihat animo masyarakat yang sangat besar terhadap kegiatan ini, engacu pada cetak biru percepatan pembangunan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, dan mengikuti strategi besar Kota Tomohon, Pemerintah Kota Tomohon pun menggelar Tournament of Flowers Tahun 2008.

Buka juga artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

10 Destinasi Wisata di Makassar Ini Wajib Masuk Bucketlist Liburan Kalian

BERIKUTNYA

Michael Learns to Rock (MLTR) Kembali Gelar Tur Dunia, Hadir di Jakarta & Surabaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: