Sundance Film Festival: Asia 2022 akan diselenggarakan secara luring setelah festival perdananya diadakan secara daring. (Sumber gambar: Instagram/@sundanceffasia)

Jakarta Jadi Tuan Rumah untuk Sundance Film Festival: Asia 2022

27 July 2022   |   13:46 WIB

Festival film bergengsi skala global Sundance akan memperluas pagelaran acara tahunannya melalui Sundance Film Festival: Asia 2022 secara luring. Acara milik Sundance Institute itu resmi membuka pagelaran berskala Asia pertamanya secara luring (offline) di Jakarta, Indonesia pada akhir Agustus.

Berdasarkan pengumuman pada Rabu (27/7/2022), Sundance Film Festival: Asia 2022 akan diselenggarakan di Mall ASHTA District 8 pada 25-28 Agustus 2022. Acara ini menandakan penyelenggaraan luring perdana setelah sebelumnya festival film khusus Asia ini diselenggarakan secara daring pada 2021.

Baca juga: Riuh Melankolis Jakarta dalam Tur Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar

Nantinya, Sundance Film Festival: Asia 2022 akan menghadirkan tujuh film feature (film panjang) yang terdiri dari empat film fiksi dan tiga film nonfiksi. Semua film yang disajikan telah dikurasi oleh tim program Sundance dan memberikan representasi cerita independen dari Inggris, Amerika Serikat, dan Asia Tenggara.

Dalam pengumuman terpisah, Sundance Film Festival: Asia mengumumkan tujuh judul film yang hadir dalam penayangan terbatasnya: Fire of Love (Amerika Serikat/Kanada), Leonor Will Never Die (Filipina), Midwives (Myanmar), Brian and Charles (Inggris), Maika (Vietnam), Riotsville, USA (Amerika Serikat), dan Blood (Amerika Serikat). Jadwal penayangan ini dibuka dengan Fire of Love pada 25 Agustus dan ditutup dengan Blood pada 28 Agustus.
 

Selain penayangan film yang dilakukan di Flix Cinema, acara ini juga menghadirkan kompetisi film pendek pada 18 April-31 Mei 2022 serta program lokal dengan berbagai diskusi dan panel dari sineas film nasional dan internasional. Beberapa sesi yang hadir adalah Festival Chat pada 25-26 Agustus 2022 mulai jam 14.00 WIB, Meet & Greet pada 27 Agustus di Atrium Mall ASHTA District 8, kurasi karya sineas film nasional.

Hingga saat ini, pembelian tiket untuk Sundance Film Festival: Asia telah dibuka di situs resmi Flix Cinema serta dapat dipesan melalui Go-Tix dengan harga Rp75.000.
 

2021 menandakan pembukaan perdana Sundance Film Festival: Asia di Indonesia dengan penyelenggaraan daring (online) pada 23-26 September 2021. Beberapa film yang hadir pada tahun sebelumnya meliputi Passing, Try Harder!, The Dog Who Wouldn't Be Quiet, Amy Tan: Unintended Memoir, Users, John and the Hole, Luzzu, dan Writing with Fire.

Serupa dengan penyelenggaraan tahun ini, Sundance Film Festival: Asia 2021 membawakan acara diskusi panel, penayangan film, kompetisi film pendek, dan malam penghargaan. Diskusi panelnya sendiri menghadirkan sejumlah sineas film nasional dan internasional seperti Angga Dwimas Sasongko, Gina S, Noer, Mira Lesmana, Nia Dinata, Yosep Anggi Noen, dan lainnya.

Baca juga: Film The Outlaws 3 Mulai Syuting, Ada Ma Dong-seok & Lee Jun-hyuk

Penghargaan film ini membawa sejumlah pemenang, yaitu Makassar is a City for Football Fans sebagai Best Short Film Competition; beberapa pemenang Indonesia's Distinguished Actor Award seperti Iko Uwais, Joe Taslim, dan Nicholas Saputra; beberapa pemenang Indonesia's Distinguished Actress Award yaitu Christine Hakim dan Julie Estelle.

Ada juga beberapa pemenang Indonesia's Distinguished Director Award yaitu Edwin, Joko Anwar, Mouly Surya, Timo Tjahjanto, dan Kimo Stamboel; serta beberapa pemenang Indonesia's Distinguished Up and Coming Director yakni Aditya Ahmad dan Wregas Bhanuteja.

SEBELUMNYA

Desain Poster Lawas Top's Collection Kembali Naik Daun

BERIKUTNYA

Slebew hingga Haraduku, Ini 6 Istilah yang Populer Gara-gara Citayam Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: