Ilustrasi gelisah (Sumber gambar: Unsplash/Christopher Ott)

9 Cara Mudah Mengelola Stres, Bikin Mood Naik Lagi

03 August 2022   |   14:40 WIB

Beban kerja yang terus bertambah, merasa jenuh, dan pressure di kantor seringkali memicu stres. Belum lagi, persoalan dari rumah yang terbawa di kantor, semakin menambah stres. Nah, bila tidak mendapat penanganan secara cepat, hal ini bisa berakibat fatal. 

Jika kalian membiarkan stres, maka bukan tak mungkin kinerja kalian di kantor akan terus turun. Bahkan, bisa saja kalian kehilangan motivasi kerja. Berbahaya pastinya. Kalian bisa saja kita kehilangan pekerjaan gara-gara stres. Kalau sudah begitu, seperti kata peribahasa, sudah jatuh tertimpa tangga. 

Baca juga: Begini Kiat Agar Tidak Mudah Stres Ketika Pekerjaan Menumpuk

Kabar baiknya, kita bisa kok meminimalisir, bahkan mengusir stres. Dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekend, Psikolog Anak dan Keluarga Samanta Ananta membagikan beragam tips untuk bagaimana mengelola stres. Cara-cara ini pun terbilang mudah dilakukan.  
 

1. Sinyal Stres

Langkah awal untuk mengelola stres adalah mengidentifikasi terlebih dahulu gejala ini. Sebab, kebanyakan orang tidak menyadari apa yang dirasakan adalah  stres.  Beberapa sinyal stres yang dapat dialami, yaitu nafsu makan justru bertambah, jantung berdebar lebih sering, perasaan was-was yang berlebihan yang mengakibatkan susah tidur. Di samping itu, kondisi lingkungan juga dapat membuat lebih was-was. 
 

2. Buat Jadwal 

Guna mengelola stres tersebut langkah lainnya adalah buatlah jadwal apa yang ingin dilakukan.  Artinya kalian dapat mengatur jadwal secara konsisten untuk mengatur kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Salah satu contoh, atur waktu dengan benar untuk bangun pagi secara teratur.
 

3. Tentukan prioritas 

Kalian dapat menentukan apa yang menjadi prioritas dalam hidup. Minimal mengetahui apa yang membuat anda menjadi bahagia. Dengan membuat skala prioritas, maka kalian akan melihat dengan jelas apa yang perlu dilakukan segera. 
 

4. Diskusikan

Ketika akan mengambil keputusan, sebaiknya didiskusikan dengan keluarga untuk mengetahui efek jangka pendek dan jangka panjang. Supaya nanti tidak ada masalah besar di kemudian hari.
 

5. Mesti ada tujuan

Tentukan visi masa depan dalam bentuk smart goal (specific, measurable, attainable, relevant,time bound). Jangan biarkan hidup kalian berjalan tanpa arah, sehingga pada akhirnya akan membuat kalian stres. 
 

6. Be your self

Jangan mengejar kesuperan, jadilah anda sendiri. Tidak ada super mom ataupun super dad. Intinya sih kamu harus bisa menjalankan peran kamu baik sebagai karyawan atau anggota keluarga dengan baik.
 

7. Bernafaslah dalam-dalam 

Karena pada saat stres, tubuh kamu cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya. Cara ini dapat membuat tubuh kamu rileks dan mengurangi tingkat stres kamu. Cobalah lakukanlah cara ini berulang kali.
 

8. Child pose atau posisi bayi tidur tengkurap

Cara ini dapat dilakukan selama 20 detik secara berulang-ulang. Hal tersebut dapat kamu melancarkan peredaran darah ke seluruh bagian tubuh, juga otak. Lakukan sedikit olehraga jika tubuh dan pikiran kamu lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Hal ini tidak hanya dapat membuat kamu lebih rileks.
 

9. Manjakan dirisendiri

Untuk mencegah stres berkelanjutan,  lakukan me time,yaitu semacam masa-masa santai sendiri, minimal sekali dalam seminggu. Ingat, jangan pernah lampiaskan stres pada konsumsi minuman beralkohol, obat-obatan, dan rokok karena justru akan memperburuk kondisi. 

Baca juga: Bukan Multitasking, Ini 5 Tip Agar Kerja Lebih Produktif dan Tidak Stres

Selain itu, jangan pernah menyimpan masalah kaliansendiri, cobalah untuk berbagi dengan orang-orang yang Anda percayai. Jika sudah tidak mampu mengelola stres sendiri atau bingung, pertimbangkanlah untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Jangan Kejebak Stigma, Yuk Ketahui Fakta Medis Seputar Epilepsi

BERIKUTNYA

Bunda, Yuk Ajarkan Anak Biar Melek Keuangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: