Para gamers sedang bermain gim di warung internet. (Sumber gambar : Freepik)

Gamers Merapat, Steam Hingga DOTA Sudah Bisa Diakses Lagi

02 August 2022   |   16:04 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang merupakan gamers dan steamers pengguna Steam, CS GO, dan DOTA, ada kabar baik nih dari pemerintah. Kementerian Komunikasi dan Informatika akhirnya membuka akses platform digital tersebut. Aplikasi yang tergabung dalam Value Corp ini telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini, Selasa, 2 Agustus 2022. 

Dalam keterangan resminya, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan bahwa dengan adanya normalisasi tersebut, masyarakat sudah dapat mengakses lagi layanan digital dari kategori permainan video gim itu. 
 

Sebelumnya dia menerangkan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) gim ini telah merespon surat elektronik (email) dari Kementerian Kominfo, meskipun belum mengisi formulir pendaftaran seperti yang diminta sebagai prasyarat normalisasi. 

“Untuk ketiga game ini, kami juga meminta bantuan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk mendorong supaya mereka segera merespon permintaan dari Kominfo. Pihak Kedutaan sedang membantu untuk melakukan komunikasi tersebut,” ujar Semuel. 

Baca Juga : Platform Digital & Aplikasi Apa Saja yang Sudah Daftar ke PSE Kemenkominfo? 

Dia menuturkan bahwa respons dan itikad baik dari para pengelola ketiga gim ini sangat penting, agar para pengguna bisa  kembali menikmati layanannya di Indonesia. Hal ini juga tentunya menjadi kabar baik bagi konsumen di dalam negeri, yang sebelumnya tidak bisa mengakses sementara layanan terkait. 
 

Akses PayPal 

Selain gim di bawah naungan Value Corp, Kemenkominfo juga sudah membuka akses layanan finansial Paypal sejak Minggu (31/7/2022) pukul 08.00 WIB. Akan tetapi pembukaan akses hanya bersifat sementara, dan berlaku sampai Jumat (5/8/2022) pukul 23.59 WIB, apabila tidak ada  

“Kami sekali lagi meminta kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan 5 hari kerja yang diberikan Kominfo untuk masyarakat bisa memindahkan aset-asetnya di Paypal ke platform lain,” tuturnya.

Pada saat yang sama, Semuel mengatakan bahwa Kemenkominfo terus berusaha berkomunikasi dengan pengelola Paypal. Kementerian menyebut telah menghubungi kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk membantu komunikasi dengan Paypal agar dapat merespon pesan dari Kominfo.

Selain itu, Kemenkominfo juga telah melakukan normalisasi terhadap Yahoo sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Kemarin Semuel menyebut, Kementerian Kominfo telah melakukan berbagai macam upaya untuk menjangkau PSE asal Amerika Serikat tersebut.

Pihaknya juga meminta bantuan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk memfasilitasi komunikasi dengan Yahoo yang bermarkas di Sunnyvale. Begitu pula dengan Epicgame di North Carolina, dan Origins di Redwood City. 

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rayakan Ulang Tahun Ke-27, Simak Prestasi Pebulu Tangkis Kevin Sanjaya

BERIKUTNYA

Mengonsumsi Susu Sapi Bikin Gemuk? Simak Fakta-faktanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: