Pameran Arsip dan Kirab Agung Alat Transportasi Bersejarah 2020 yang menampilkan arsip foto serta alat transportasi bekas Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Sri Sultan HB IX tersebut berlangsung hingga 29 November 2020. (Sumber gambar: Bisnis/Abdullah Azzam)

Ramaikan HUT ke-77 RI, Pemerintah akan Gelar Pameran Arsip & Mobil Kepresidenan

01 August 2022   |   15:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebentar lagi, Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-77 tahun. Segala rangkaian acara selama bulan Kemerdekaan pun telah disiapkan oleh pemerintah, salah satunya pameran arsip dan mobil kepresidenan. Pameran itu akan digelar mulai tanggal 13-22 Agustus 2022 di Gedung Sarinah, Jakarta.

Pameran arsip dan mobil kepresidenan merupakan kolaborasi pemerintah pusat dengan PT Sarinah. Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, menuturkan pameran ini mengusung tema Indonesia Menjawab, di mana nantinya masyarakat bisa melihat hal-hal dan pengetahuan baru tentang rekam jejak ketujuh presiden Indonesia mulai dari Sukarno hingga Joko Widodo.

Baca juga: Mau Pasang Bendera Merah Putih? Yuk Simak Aturannya

"Kami akan memamerkan arsip berupa dokumentasi foto, video, dan juga dokumen-dokumen yang barangkali masyarakat belum pernah melihat itu," kata Setya dalam konferensi pers, Senin (1/8/2022).

Setya juga menerangkan bahwa pameran ini akan lebih menekankan bagaimana para presiden yang pernah memimpin negeri ini menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing. 

Misalnya, dia mencontohkan, bagaimana Presiden Sukarno berupaya untuk menyatukan seluruh bangsa Indonesia pada masa itu, begitupun saat ini, Presiden Joko Widowo yang memiliki tantangan untuk menghadapi krisis global dan pandemi Covid-19.

Adapun, arsip-arsip yang akan dipamerkan adalah arsip koleksi Sekretariat Presiden ditambah koleksi arsip yang dimiliki oleh Arsip Nasional Republik Indonesia. "Masing-masing presiden punya tantangannya sendiri, punya krisis yang mesti dijawab. Itu ada semua dan nanti silakan dilihat," tambah Setya.

Selain pameran arsip, akan diadakan juga pameran mobil kepresidenan yang dilaksanakan pada 13-22 Agustus 2022 di area halaman dan parkir rooftop dari Gedung Sarinah, Jakarta. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Bey Machmudin, mengatakan dalam pameran itu nantinya akan ada tujuh mobil yang dipamerkan, dimana mobil-mobil itu pernah digunakan oleh tujuh presiden Republik Indonesia sebagai kendaraan dinas.

"Masyarakat bisa berfoto di depan mobil tersebut, dan tentunya yang paling penting adalah pameran ini gratis. Jadi masyarakat silakan berbondong-bondong ke Sarinah," katanya.
 

Acara Bulan Kemerdekaan Agustus 2022

Selain acara pameran arsip dan mobil kepresidenan, berikut adalah jadwal kegiatan yang akan digelar selama Bulan Kemerdekaan sepanjang Agustus 2022 yang telah dirangkum Hypeabis.id.

1 Agustus: Dzikir Kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta.

10 Agustus: Acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

11 Agustus: Acara peringatan Hari Pramuka ke-61 di Istana Merdeka, Jakarta.

12 Agustus: Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta.

13-22 Agustus: Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Gedung Sarinah, Jakarta.

16 Agustus: Penyampaian Pidato Kenegaraan dan Pidato Rancangan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) Tahun 2023 di Gedung MPR DPR dan DPD RI.

16 Agustus: Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata

17 Agustus: Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.

18 Agustus: Acara peringatan Hari Konstitusi di Geudng MPR/DPR DPD RI

Akhir Agustus: Festival Rapsody Archipelago sekaligus Soft Launching Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Wajib Tahu, Ini 5 Aplikasi untuk Membuat Katalog Produk

BERIKUTNYA

Simak Asal-Usul Bendera Negara Sang Merah Putih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: