Ilustrasi katalog produk (Sumber gambar : Unsplash/Micheile Dotcom)

Wajib Tahu, Ini 5 Aplikasi untuk Membuat Katalog Produk

01 August 2022   |   15:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Katalog produk merupakan item penting dalam bisnis. Sebagai media pemasaran, promosi yang efektif dan efisien, hingga menghemat biaya produksi, katalog produk harus memperlihatkan detail warna dan tampilan yang menarik untuk meningkatkan minat calon konsumen.  

Dalam membuat katalog produk, kamu perlu menentukan terlebih dahulu target audiens dari brand yang kamu miliki. Jangan lupa menggunakan visual yang menarik. Kamu juga perlu cermat memilih desain dan tentu menyertakan informasi brand, sebaiknya secara terperinci. 

Terdengarnya memang sulit dan mungkin butuh keahlian khusus. Namun, kamu bisa kok membuat katalog produk secara mandiri.
Baca jugaMau Bikin Foto Siluet? Coba Deh 3 Aplikasi Ini

Saat ini, banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat katalog secara online. Berikut ini rekomendasinya:


1. Canva

Canva menjadi aplikasi desain terbaik dan terpopuler, walaupun memiliki keterbatasan dalam fitur dasar edit foto. Aplikasi yang juga bisa digunakan melalui situs web ini menyediakan berbagai template untuk berbagai kebutuhan seperti blog, foto di media sosial, poster, CV, banner, proposal, hingga katalog produk yang bisa kamu gunakan. 

Kamu bisa mengatur ukuran kertas, menggunakan fitur layering, dan editor jenis huruf yang dapat memudahkan kamu membuat katalog promo yang menarik. Canva bisa digunakan secara gratis. Namun kamu bisa membeli fitur premium dan mendapatkan akses template yang tidak terbatas. 


2. BeFunky

Platform kreatif online all-in-one BeFunky membantu kamu mengedit foto dengan mudah, membuat desain grafis, dan membuat kolase foto. Fitur desain kolase, frame, stiker, jenis huruf, hingga tamplate dapat memudahkan kamu membuat desain katalog produk yang menarik. 

Menawarkan versi gratis, namun kamu bisa mengupgrade BeFungky untuk mendapatkan fitur seperti template katalog lebih banyak lagi.


3. Power Point

Selain untuk presentasi, kamu bisa menggunakan Power Point untuk membuat katalog produk. Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan, khususnya template katalog. 

Katalog yang kamu buat di dalam Power Point juga bisa disimpan dalam berbagai bentuk file dan bisa langsung menjadi materi pitch deck atau presentasi singkat yang memberikan gambaran terkait produk kamu.


4. PicsArt

Aplikasi membuat katalog ini awalnya hanya aplikasi editing foto saja. Namun saat ini PicsArt didukung beragam fitur yang lebih lengkap, salah satunya yang memudahkan pembuatan katalog produk.

Kamu bisa mengedit foto dan menggabungkannya dalam sebuah kolase. Kolase foto ini bisa ditambahkan teks dengan font yang menarik untuk katalog kamu. 


5. CoralDraw

Software ini sangat mudah digunakan jika dibandingkan dengan aplikasi editing lainya seperti Photoshop. Selain user firendly, CorelDraw memiliki resolusi yang tinggi, bisa mengkolaborasikan gambar dan teks, dan beragam tools seperti edit, selection, effects untuk membuat katalog produk.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Film Before, Now & Then (Nana) Tayang di Prime Video Mulai Hari Ini

BERIKUTNYA

Ramaikan HUT ke-77 RI, Pemerintah akan Gelar Pameran Arsip & Mobil Kepresidenan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: