Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya diisi dengan agenda perlombaan. (Sumber gambar: Kahoot!)

5 Ide Lomba Anti-Mainstream untuk Rayakan Kemerdekaan

18 August 2024   |   08:21 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya diisi dengan agenda perlombaan. Tak mesti diadakan tepat pada 17 Agustus, perlombaan bisa digelar kapan dan di mana pun sepanjang Agustus yang disebut sebagai bulan kemerdekaan, baik di lingkungan rumah, kantor, sekolah, ataupun kampus.
 
Tak melulu harus mengadakan lomba-lomba tradisional seperti lomba makan kerupuk, balap karung, dan sebagainya, tetapi ada juga sejumlah lomba anti-mainstream yang bisa menjadi pilihan. Selain untuk merayakan Hari Kemerdekaan, agenda perlombaan juga bisa menjadi ajang silaturahmi dan bonding sekaligus menumbuhkan rasa sportivitas antarsesama.

Baca juga: Rangkuman Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia, dari Upacara Hybrid hingga Ragam Pakaian Adat
 
Jika Genhype sedang mencari ide perlombaan untuk merayakan Hari Kemerdekaan, berikut adalah 5 lomba anti-mainstream yang menarik dicoba bersama teman, keluarga ataupun tetangga.


1. Lomba Pakai Celana Tanpa Tangan

Seperti namanya, lomba satu ini mengajak peserta untuk memakai celana tanpa tangan. Lomba ini bisa dilakukan secara perorangan atau berpasangan. Caranya, siapkan celana panjang yang agak longgar dan ajak peserta memakainya.
 
Namun, ada satu syarat, peserta di lomba ini tidak boleh memakai celana menggunakan tangan. Tangan peserta harus diikat di belakang agar permainan semakin menantang. Lomba ini akan memancing tawa dan kehebohan karena peserta harus menggunakan berbagai cara kreatif. Siapa yang paling cepat memakai celana tanpa tangan, dialah pemenangnya.


2. Kursi Musik dengan Topi Ulang Tahun

Lomba rebutan kursi diiringi musik mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika ditambah dengan tantangan yang lebih seru? Caranya dengan meminta peserta untuk memakai topi ulang tahun menutupi muka, namun potong ujung topi untuk membuat lubang kecil.
 
Dengan penglihatan terbatas, peserta harus mencari kursi kosong saat musik berhenti. Namun, demi keamanan bersama, sebaiknya lakukan perlombaan di area yang luas dan aman. Lomba ini akan memicu tawa dan kejadian lucu yang tak terduga, menambah keseruan dan keceriaan perayaan Hari Kemerdekaan.


3. Lomba Kahoot Bertema Indonesia

Dalam era digital, tidak ada salahnya mengadopsi teknologi untuk lomba 17-an. Salah satu ide lomba modern yang menarik adalah cerdas cermat bertemakan Indonesia menggunakan platform Kahoot!. 
 
Dengan Kahoot!, Genhype bisa membuat kuis-kuis yang dapat disesuaikan dengan minat dan pengetahuan keluarga atau teman-teman. Terlebih, ada berbagai macam kuis gratis tentang Indonesia yang dapat diakses oleh semua pengguna di platform tersebut.
 
Selain itu, ada juga koleksi permainan yang siap dimainkan bersama keluarga dan teman tentang berbagai topik terkait Indonesia seperti makanan, geografi, olahraga, musik, dan masih banyak lagi. Nantinya, yang paling banyak menjawab pertanyaan dengan benar, dialah pemenangnya.


4. Estafet Air dengan Spons

Di tengah cuaca yang panas, lomba estafet air bisa menjadi permainan yang seru dan menyegarkan. Siapkan ember berisi air dan spons besar untuk setiap tim. Peserta dibagi menjadi beberapa tim, dan tugas mereka adalah memindahkan air dari satu ember ke ember lainnya dengan menggunakan spons.
 
Setiap peserta dalam tim harus duduk berjajar, dan mereka harus mengoper spons yang sudah basah ke orang di belakang mereka, melewati kepala mereka, dengan mata tertutup. Tim yang berhasil memindahkan air paling banyak dalam waktu yang ditentukan akan menjadi pemenangnya.


5. Kuis Sambung Lirik

Kuis sambung lirik cocok jika Genhype dan keluarga gemar musik. Pilih beberapa lagu populer yang digemari teman dan keluarga, lalu mainkan hanya sepenggal liriknya. Tantangan bagi peserta adalah melanjutkan lirik tersebut dengan benar. 

Baca juga: 6 Festival Kuliner Spesial HUT Kemerdekaan di Jabodetabek yang Menarik Dikunjungi
 
Kuis sambung lirik ini tidak hanya akan menambah keseruan, tetapi juga bisa memancing sesi karaoke dadakan yang mencairkan suasana, menjadikan perayaan Hari Kemerdekaan lebih hangat dan penuh kebersamaan.
 
Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

6 Festival Kuliner Spesial HUT Kemerdekaan di Jabodetabek yang Menarik Dikunjungi

BERIKUTNYA

The Guardian of Nusantara Karya Terbaru Komposer Alffy Rev Rilis pada Momen HUT Kemerdekaan Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: