Ilustrasi kulit wajah kering. (Sumber gambar: Unsplash/Fleur Kaan)

Begini 4 Tips Pembersihan & Perawatan Wajah untuk Kulit Kering

01 August 2022   |   12:31 WIB

Perawatan wajah tidak pernah lepas dari sejumlah produk kecantikan, mulai dari pembersih sampai skin care seperti pelembap dan serum. Salah satu jenis kulit yang membutuhkan perawatan dengan pendekatan khusus adalah kulit kering, di mana jenis kulit ini identik dengan rasa kaku dan kurangnya kekenyalan pada wajah.

Kulit kering bisa disebabkan karena beberapa kebiasaan, misalnya penggunaan produk pembersih dan perawatan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit, paparan zat kimia yang terlalu keras pada kulit wajah, hingga gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan terlalu lama terpapar sinar matahari.

Baca Juga : 7 Cara  Meratakan Tekstur Kulit Wajah Agar Tampak Mulus 

Untuk menambah kelembapan pada wajah serta mengurangi rasa kaku, yuk simak beberapa cara membersihkan dan perawatan kulit sebagaimana dikutip dari Healthline, Vogue, dan Skin Kraft.
 

1. Pilih Produk yang Sesuai

Produk pembersih dan perawatan untuk kulit kering memiliki formula berbeda dengan produk lain yang dipakai pada beberapa jenis kulit seperti normal, kombinasi, berminyak, dan sensitif. Biasanya, produk kecantikan ini menghindari beberapa bahan seperti salicylic acid, glycolic acid, anti-bakteri seperti triclosan dan alkohol.

Produk untuk kulit kering biasanya cenderung lebih lembut dan memiliki fungsi melembapkan, bahkan penggunaan produk yang berbasis minyak masih cukup direkomendasikan. Tak hanya itu, produk ini harus mengandung elemen hypoallergenic, tanpa pewangi, tidak memiliki efek berbusa, dan tidak memiliki fungsi eksfoliasi.
 

2. Cari Produk dengan Bahan yang Melembapkan

Karena kebutuhan akan kelembapan yang lebih tinggi, biasanya produk untuk jenis kulit kering harus memiliki beberapa bahan yang bersifat membersihkan tapi meninggalkan rasa lembap berlapis tipis pada kulit setelah proses pembersihan dan perawatan.

Beberapa bahan yang direkomendasikan harus ada dalam produk pembersih dan perawatan kulit kering adalah petrolatum, lanolin, minyak mineral, ceramide, hyaluronic acid, gliserin, antioksidan, lidah buaya, niacinamide atau vitamin B3, minyak jojoba, shea butter, oatmeal, minyak zaitun, minyak kelapa, dan vitamin E.

Baca Juga : 5 Perawatan di Klinik Kecantikan yang Bikin Kulit Awet Muda  
 

3. Perhatikan Proses Pembersihan Wajah

Pembersihan wajah untuk kulit kering berbeda dengan kulit normal, berminyak, maupun sensitif. Untuk airnya harus menggunakan air bersuhu ruangan, sebab air panas bisa meluruhkan minyak alami pada kulit wajah dan membuat wajah tampak semakin kering. 

Lalu, rutinitas pembersihan wajah harus dilakukan setiap hari demi mencegah penumpukan sel kulit mati dan kotoran penyebab masalah wajah seperti jerawat dan iritasi. Wajah yang masih basah harus dikeringkan dengan handuk dengan cara menepuknya pelan untuk mengurangi risiko iritasi akibat kontak langsung kulit.
 

4. Tetap Pakai Produk Skin Care Dasar

Layaknya perawatan kulit dasar, penggunaan produk seperti moisturizer dan tabir surya tetap diperlukan untuk menjaga kulit. Selain untuk menambah kelembapan, pemggunaan produk skin care dasar ini bisa membantu membangun lapisan alami pada kulit.

Penggunaan produk untuk kulit kering bisa dimulai dari produk yang lebih ringan ke produk yang lebih berat. Pertimbangan penggunaan produk dengan urutan tersebut bisa dilihat kembali dari efek yang tidak terlalu berminyak pada wajah dan daya resap yang lebih cepat. 

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bingung Ingin Mulai Hidup Sehat? Yuk Ikutan Program Healthy Living Ini

BERIKUTNYA

Mau Pasang Bendera Merah Putih? Yuk Simak Aturannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: