Pentingnya Peran Logo Sebagai Identitas Visual Brand
01 August 2022 |
07:30 WIB
2
Likes
Like
Likes
Identitas brand dimaksudkan untuk meningkatkan persepsi sebuah merek secara keseluruhan di mata konsumen. Tujuan dasar dari identitas brand ini adalah untuk meninggalkan kesan pertama yang baik bagi konsumen, dan diharapkan untuk bertahan dari waktu ke waktu.
Membuat sebuah brand tampil sebaik mungkin dalam situasi apapun adalah tujuan dari identitas brand. Sebuah brand tidak mungkin bisa untuk mendapatkan posisi di hati konsumen jika tidak dapat mengungkapkan identitasnya. Logo merupakan salah satu dari berbagai bentuk identitas brand yang sering digunakan.
Nah, untuk mengetahui informasi seputar logo, mulai dari pengertian hingga peran pentingnya sebagai indentitas visual brand, simak informasinya di bawah ini.
Baca juga: Ini Alasan Desain Logo Label Halal Indonesia Adopsi Gunungan Wayang
Tentu saja pembuatan logo tersebut tidak dilakukan secara asal-asalan. Harus didasarkan pada filosofi merek juga perusahaan, serta visi dan tujuannya.
Saat ini, lebih banyak brand bermunculan. mengingat menjamurnya brand dan brand rintisan yang menawarkan berbagai macam barang dan jasa. Logo menjadi hal yang krusial, terutama bagi brand yang menjual barang.
Logo juga berfungsi sebagai tanda suatu produk bagi konsumen untuk mengingat suatu brand dari produk tersebut. Konsumen akan lebih mudah mengingat barang jika memiliki logo brand pada kemasannya atau pada produk itu sendiri. Oleh karena itu, sebuah logo brand berfungsi sebagai salah satu alat promosi yang digunakan untuk mempresentasikan barang kepada konsumen.
Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Penjualan dan Popularitas Brand di TikTok
Mengingat pentingnya logo bagi sebuah brand, maka penting bagi kalian yang ingin meluncurkan produk atau ingin menjual jasa sendiri seperti fotografer, desain grafis, dan copywriter untuk mempersiapkan logo karena sangat berfungsi sebagai identitas visual brand kalian.
Editor: Gita Carla
Membuat sebuah brand tampil sebaik mungkin dalam situasi apapun adalah tujuan dari identitas brand. Sebuah brand tidak mungkin bisa untuk mendapatkan posisi di hati konsumen jika tidak dapat mengungkapkan identitasnya. Logo merupakan salah satu dari berbagai bentuk identitas brand yang sering digunakan.
Nah, untuk mengetahui informasi seputar logo, mulai dari pengertian hingga peran pentingnya sebagai indentitas visual brand, simak informasinya di bawah ini.
Baca juga: Ini Alasan Desain Logo Label Halal Indonesia Adopsi Gunungan Wayang
Pengertian Logo
Logo adalah simbol yang menghubungkan ciri khas sebuah produk dengan citra brand tersebut. Karenanya logo sangat penting untuk identitas brand, dan konsumen dapat terpengaruh oleh logo dengan cepat. Misalnya, logo dapat langsung dikaitkan dengan suatu produk hanya dengan melihatnya sekilas.Tentu saja pembuatan logo tersebut tidak dilakukan secara asal-asalan. Harus didasarkan pada filosofi merek juga perusahaan, serta visi dan tujuannya.
Saat ini, lebih banyak brand bermunculan. mengingat menjamurnya brand dan brand rintisan yang menawarkan berbagai macam barang dan jasa. Logo menjadi hal yang krusial, terutama bagi brand yang menjual barang.
Fungsi Logo Sebuah Brand
Fungsi atau tujuan utama logo adalah untuk membedakan brand dari yang lain dan untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk atau layanannya. Kemampuan logo untuk mewakili sebuah brand sangatlah penting sehingga produk dari brand dapat tampil lebih menarik dan menyampaikan informasi tentang sifat brand yang dimiliki.Logo juga berfungsi sebagai tanda suatu produk bagi konsumen untuk mengingat suatu brand dari produk tersebut. Konsumen akan lebih mudah mengingat barang jika memiliki logo brand pada kemasannya atau pada produk itu sendiri. Oleh karena itu, sebuah logo brand berfungsi sebagai salah satu alat promosi yang digunakan untuk mempresentasikan barang kepada konsumen.
Pentingnya Sebuah Logo
Setiap brand mengembangkan logo sesuai dengan bisnis serta barang dan jasa yang disediakan. Lalu, seberapa pentingkah logo bagi sebuah brand? Berikut beberapa penjelasan mengapa sebuah brand membutuhkan logo:1. Logo Sebagai Media Branding dari Sebuah Brand
Logo yang bagus juga diperlukan untuk brand yang bagus. karena konsumen melihat logo yang baik juga untuk menarik konsumen membeli brand tersebut. Selain itu juga, logo juga akan menggambarkan suatu produk dari brand tersebut.2. Sebagai Alat untuk Bersaing dengan Kompetitor
Logo akan membantu membedakan brand yang satu dengan kompetitornya. Konsumen pasti akan lebih memilih logo yang lebih menarik dan elegan. Alasan di balik ini adalah bahwa konsumen akan melihat kinerja brand melalui logo.3. Sebagai Identitas Sebuah Brand
Identitas brand juga direpresentasikan melalui logo. Konsumen lebih cenderung mengingat logo yang menarik. Konsumen akan selalu mengingat brand karena logonya yang khas.4. Peningkatan Pemasaran
Logo juga dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan pemasaran. Sebuah brand pertama kali akan dikenali dengan sendirinya sebelum menjadi terkenal. Untuk pemasarannya itu sendiri dapat dilakukan melalui banyak cara. Salah satunya menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran adalah salah satu metode tercepat dan termudah.Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Penjualan dan Popularitas Brand di TikTok
Mengingat pentingnya logo bagi sebuah brand, maka penting bagi kalian yang ingin meluncurkan produk atau ingin menjual jasa sendiri seperti fotografer, desain grafis, dan copywriter untuk mempersiapkan logo karena sangat berfungsi sebagai identitas visual brand kalian.
Editor: Gita Carla
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.