Art Jakarta 2019 (Sumber gambar: artjakarta.com)

Digelar Agustus, Art Jakarta 2022 Akan Hadirkan 9 Segmen Pameran

30 July 2022   |   19:26 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran seni di Jakarta semakin ramai saja pada tahun ini, setelah penyelenggara Art Jakarta memastikan mereka akan menghelat Art Jakarta 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, pada 26-28 Agustus 2022. Pada pagelaran kali ini mereka pun sudah menyiapkan beberapa segmen pameran yang menarik untuk dikunjungi. 

Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta, mengatakan bahwa Art Jakarta terus terlibat dalam upaya mendukung seni rupa Indonesia selama beberapa tahun terakhir, terlepas dari tantangan-tantangan yang ada saat pandemi Covid-19.

Pada akhir 2020, menurutnya, Art Jakarta memperkenalkan Art Jakarta Virtual, yakni pekan seni yang menjadi pengalaman baru bagi audiens untuk menikmati seni dari rumah. Acara yang berlangsung selama 4 bulan itu menjadi pengingat bahwa ranah seni terus berkembang, bahkan dalam situasi sulit.

Baca juga: ROH, CAN'S & Gudang Gambar Hadirkan Karya Para Seniman Unggulannya di Art Jakarta Gardens

Art Jakarta kemudian memperkenalkan Art Jakarta Gardens, di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, pada April 2022. Acara ini, sambungnya, menitikberatkan terhadap karya patung dan instalasi di lingkungan taman serta di dalam 20 booth galeri seni terkemuka Indonesia yang memamerkan karya terbaru seniman.

Kedua ajang seni tersebut, lanjutnya, mendapatkan perhatian dan sambutan sangat positif dari para pemangku kepentingan seni rupa maupun masyarakat umum. “Kedua edisi ini ditujukan sebagai katalis bagi pemulihan dunia seni rupa Indonesia lebih jauh,” katanya.

Adapun pada Art Jakarta 2022, penyelenggara menyiapkan beberapa segmen pameran yang dapat diikuti pengunjung, di antaranya: 
 

1. Art Jakarta Galleries 

Segmen utama pekan seni ini terdiri dari total 62 galeri dengan perincian 39 galeri seni dari Indonesia dan 23 galeri seni dari mancanegara seperti Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang. Tidak hanya itu, di pameran ini juga akan ada galeri baru yang masih muda dan belum pernah berpartisipasi di Art Jakarta.
 

2. Art Jakarta Spot

Pameran ini merupakan platform khusus berupa karya instalasi. Karya yang akan dipresentasikan dalam pameran ini disesuaikan untuk pekan seni ini. Akan ada 15 karya terkurasi di Art Jakarta Spot di pekan seni rupa ini.
 

3. AJX

AJX adalah prakarsa kolaborasi antara Art Jakarta dan lembaga atau perusahaan swasta untuk menampilkan koleksi mereka di Art Jakarta bagi audiens yang lebih luas. AJX merupakan peluang bagi publik untuk pertama kali melihat beberapa karya seni koleksi tersebut.
 

4. AJ1

Segmen yang satu ini adalah segmen baru untuk galeri internasional dalam menyajikan pameran solo yang terkurasi. AJ1 akan menyoroti presentasi yang memadukan beragam suara dari kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya.
 

5. Bali Art Scene

Segmen baru lain dalam pekan seni rupa Art Jakarta 2022 adalah Bali Art Scene. Segmen ini untuk galeri dari Bali yang menampilkan para seniman kontemporer Bali. Segmen ini akan memperlihatkan pandangan tentang apa yang terjadi di ranah seni Pulau Dewata itu.
 

6. Art Jakarta NFT

Segmen ini untuk karya seni NFT. Art Jakarta NFT pertama kali digagas di Art Jakarta Gardens, dan akan diperluas oleh Art Jakarta lebih jauh dalam skala lebih besar. Tujuannya adalah agar para kolektor baik seni konvensional maupun NFT dapat berinteraksi dan bergabung.
 

7. Scene

Segmen ini adalah segmen bagi kolektif seniman atau nirlaba untuk menggalang dana. Segmen ini menyajikan merchandise dan publikasi.
 

8. Art Jakarta Play

Area ini dirancang khusus untuk memberi ruang bermain bagi anak-anak, mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi lewat berbagai aktivitas.

Baca juga: Pasar Seni Rupa Sambut Kolektor Muda
 

9. Art Jakarta Talks

Sebuah platform dialog bagi pakar, pengamat, seniman, kolektor, kurator, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan pengunjung.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Promosikan Lifestyle Vegan, MARHEN J Produksi Tas dari Kulit Apel

BERIKUTNYA

Ilmu Merawat Hubungan yang Romantis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: