Anak muda yang tertatik pada seni rupa berupa lukisan. (Sumber gambar : Pexels/Una Laurencic)

Pasar Seni Rupa Sambut Kolektor Muda

09 May 2022   |   22:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, pasar seni rupa di Tanah Air saat ini diwarnai dengan munculnya kolektor muda dan pendatang baru sebagai wujud regenerasi. Kolektor muda kini dalam proses belajar. Namun, dalam jangka panjang, kelompok ini diyakini bakal mengembangkan koleksi mereka sehingga turut membangkitkan sektor kreatif seni rupa.

Menurut Ketua Asosiasi Galeri Senirupa Indonesia (AGSI) Maya Sujatmiko, proses regenerasi tersebut penting. "Kalau mengharapkan kolektor yang itu-itu lagi, lalu sampai kapan mereka akan bisa beli," ujarnya saat diwawancarai Hypeabis.id, beberapa waktu lalu.

Maya menilai bahwa saat ini kebanyakan kolektor muda tidak akan beli karya seni rupa dengan harga tinggi. Semua dilakukan secara bertahap seiring dengan pengamatan dan pembelajaran mereka mengenal seni rupa lebih dalam. Mayoritas pun mencari atau tertarik dengan tema dan konsep yang kekinian, yang berhubungan dengan teknologi atau hal-hal  berkaitan dengan generasi milenial dan generasi Z.

Kemunculan NFT atau non fungible token pun memperluas pasar seni ini di kalangan anak muda dan memancing kolektor-kolektor baru. Maya menilai NFT pada akhirnya turut mempromosikan karya seni secara fisik, bukan sebagai ancaman. "Yang tadinya tidak mengenal seni sekarang jadi kenal, yang koleksi seni rupa fisik tambah banyak, yang NFT tambah besar. Akan tetapi belum tentu orang yang beli seni secara fisik tertarik dengan NFT," imbuhnya.  

Untuk itu, dia optimis pasar seni rupa mengalami pertumbuh pada tahun ini. Tentu dengan beragam upaya promosi, termasuk memperbanyak kegiatan pameran. workshop atau seminar yang bisa menarik perhatian publik lebih luas lagi. "Kalau seni rupa tidak ada kegiatan pameran, pasif, publik tidak aware. Jangankan untuk beli, untuk pengetahuan seni rupa saja, publik belum terlalu aware," sebut Maya.

AGSI pun mulai bergerak untuk secara aktif menggelar pameran, bukan hanya di ibu kota namun di kota-kota besar lainnya. AGSI ingin menjaring lebih banyak anak muda yang terjun atau berminat pada seni rupa agar sektor ini tetap hidup, tumbuh, dan berkembang.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Begini Pencegahan Nyeri Punggung & Sendi saat Arus Balik Lebaran

BERIKUTNYA

Libur Lebaran Usai, Simak 6 Kiat Kembalikan Produktivitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: